Selasa, 20 April 2010

PETA BISNIS SAAT INI

Dunia bisnis kini benar-benar berbeda bahkan dari keadaan yang hanya beberapa tahun lalu saja. Dunia kini mengalami kemajuan luar biasa, yang utamanya dipicu oleh kemajuan dalam teknologi informasi dan internet. Revolusi digital ini nyaris merubah seluruh aspek kehidupan di masa ini. Gary Hamel menyebutnya sebagai the age of revolution, era dimana perubahan adalah radikal dan terjadi secara mengejutkan. Ia bisa muncul dari mana saja dan kapan saja. Kesempatan datang dan pergi dalam kecepatan cahaya, yang membuat sang pengekor tak akan pernah dapat mengejar sang innovator. Sekarang ini adalah era dimana dunia selalu dirusak oleh ide-ide kreatif dan segar sebelum ide-ide lama established. Ini adalah a world of punctuated equilibrium, dunia yang selalu diinterupsi dan tak pernah mencapai keseimbangan!

Kita-pun bisa melacak pula perubahan-perubahan besar dalam bidang lainnya. Di bidang sosial, muncul gerakan kembali ke alam dan gaya hidup yang lebih sehat. Perlindungan terhadap lingkungan-pun menjadi sangat menonjol kini. Di bidang ekonomi-politik, trend globalisasi perdagangan dan integrasi ekonomi terlihat semakin tak terbendung. Belum lagi bila kita mendata perubahan yang terjadi di tingkat nasional dan lokal, tentu akan lebih banyak lagi.

Dan semua perubahan-perubahan besar ini telah merubah peta bisnis di banyak industri, bahkan dengan cara amat radikal. Runtuhnya Britannica pada akhir 1990an -ensiklopedi tertua dan terlengkap, pemegang otoritas dalam bidangnya selama ratusan tahun dan secara luas digunakan di seluruh dunia- oleh Encarta -eksiklopedi berbentuk CD-ROM yang praktis dan dijual sangat murah- adalah contoh ekstrim bahwa bisnis ratusan tahun sekalipun yang sangat stabil dan begitu fokus dapat bangkrut seketika oleh perubahan yang sangat cepat dan mengejutkan.

Singkatnya, bahwa kini situasi persaingan sudah menjadi sangat kerasnya, tidak dapat diduga, liar, dan mengejutkan. Tak ada satupun perusahaan, sebesar apapun, yang berani mengklaim bahwa esok mereka masih menjadi yang nomor satu, bahkan hanya untuk sekedar bertahan hidup sekalipun.

Mungkin anda akan segera menyela pembicaraan saya ini dengan "ah, itu sih terlalu jauh buat kita-kita di sini", "ah, saya mah cuma pengusaha kecil" dan puluhan bahkan ratusan "ah-ah" lainnya. Mungkin anda benar. Tapi justru karena itulah kita harus bersiap. Kalau yang besar saja bisa tergilas dengan mudahnya, apalagi yang kecil. Saya ingin mengingatkan, bahwa kini dan di masa depan, persaingan tidak akan pernah menjadi lembut. Persaingan yang keras bahkan liar, akan menjadi kata yang benar-benar tidak terelakkan. Mau tak mau, suka tak suka, kita akan berhadapan dengan realitas itu. Dan persaingan yang sudah begitu keras seperti ini masih harus ditambah lagi oleh kompetisi global yang sebentar lagi benar-benar akan datang dengan dibukanya perdagangan bebas pada saat AFTA dan APEC berlaku efektif.

Kata kunci disini adalah, jangan pernah puas dengan perkembangan bisnis anda saat ini. Anda tidak akan pernah bisa menjamin bisnis anda akan langgeng selama anda tidak pernah berfikir untuk selalu menjadi yang terdepan. Teruslah berusaha memberikan yang terbaik dan lebih baik lagi untuk customer anda dengan melakukan perbaikan dan inovasi tiada henti. Jangan pernah puas untuk selalu memberi value yang lebih bagi customer. Kenapa? Sebab jika tidak demikian, maka akan ada pemain lain yang melakukannya. Apakah jika Thomas Alfa Edison tidak menemukan lampu listrik maka dunia akan terus gelap hingga kini? Tidak ! Jika Thomas Edison tidak menemukan inovasi lampu listrik, maka akan ada orang lain yang melakukan hal itu ! Jadi, yakinlah bahwa customers akan selalu dilayani dengan lebih baik dan mereka tahu akan hal itu. Tinggal kini soalnya adalah, siapa yang akan melakukan hal itu? Anda atau orang lain? Konsumen akan melihat dan menilai siapa yang terbaik dan yang terbaik itulah yang akan mereka pilih.

(bersambung)


Oleh: Yusuf Wibisono


Related Posts :