Selasa, 21 September 2010

RESEP KUE NASTAR

Kue nastar sering disebut juga kue lebaran. Nastar biasanya akan bermunculan menjelang lebaran. Jika anda menginginkan kue nastar untuk hidangan pelengkap saat lebaran, anda tidak akan mengalami kesulitan untuk mendapatkannya. Anda dapat menjumpai kue ini di mall – mall, di toko kue, di mini market atau swalayan kecil. Bahkan di pinggiran jalanpun banyak sekali pedagang musiman yang menjual kue ini. Dari internetpun anda juga bisa mendapatkannya, cukup dengan melakukan pemesanan secara online.

Dari segi pembuatan yang mudah dan rasanya yang enak inilah alasan orang – orang memburu kue nastar saat lebaran. Bahkan banyak para wanita yang memanfaatkan saat – saat menjelang lebaran untuk mencari uang tambahan dengan menjual kue nastar. Banyak ibu – ibu kantoran yang menawarkan kue nastar pada teman – temannya dikantor, menawarkan saat acara arisan, acara keluarga, atau pertemuan – pertemuan lainnya.

Bagi para ibu yang tidak memiliki waktu untuk membuat sendiri memang keberadaan pedagan – pedagang musiman itu sangat membantu. Akan tetapi bagi ibu rumah tangga yang menggutamakan rasa dan kebersihan makanan pasti akan lebih suka kalau kue yang dikonsumsi itu bikinan sendiri. Karena segi kebersihan dan rasanya sudah pasti terjamin. Dibawah ini ada resep kue nastar yang sudah dicoba, dan rasannya pas sekali. Barangkali resep ini bermanfaat untuk para pembaca semunya.

Bahan:

  1. 500 gr Blue Band
  2. 500 gr Mentega bagus
  3. 375 gr Gula halus
  4. 10 butir merah telur
  5. 1500 gr terigu
  6. 100 gr susu bubuk
  7. 2 sdm maizena


Selai Nanas:

  1. 1 kg nanas parut
  2. 200 gr gula pasir
  3. 2 butir cengkih
  4. 10 gram kayu manis bubuk
  5. 2 lembar daun jeruk purut


Bahan untuk poles:

  1. 3 butir kuning telur


Cara membuat:

  1. Kocok mentega bersama kuning telur dan gula jadi satu, kocok sampai putih
  2. Masukkan semua bahan kecuali terigu, aduk sampai rata.
  3. Kemudian masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu sampai adonan bisa dibentuk. ( Adonan yang sudah dikocok tanpa terigu, sedikit-demi sedikit/ diambil sedikit, lalu terigu dituang sedikit-sedikit sampai bisa dibentuk).
  4. Ambil sedikit adonan tadi kemudian bentuk bulat-bulat seperti bakso pipihkan, isi dengan selai nanas, bulatkan kembali.
  5. Setelah itu taruh diatas loyang masukkan kedalam oven sampai agak kuning, keluarkan.
  6. Lalu oleskan merah telur diatas kue, masukkan kembali ke dalam oven, panggang sampai matang atau agak kecoklatan sedikit.
  7. Keluarkan, diamkan sampai agak dingin. Masukkan ke dalam toples.


Catatan :

  1. Sewaktu menuangkan terigu jangan terlalu banyak karena lama-lama adonan yang sudah dituangi / dicampur terigu bisa mengeras.
  2. Untuk selai nanas, noleh dicoba resep anda sendiri.
  3. 1 resep ini untuk 7 toples.
  4. 1 toples kurang lebih 50 buah.




Oleh : Tina Gusty


Related Posts :