Kamis, 09 Desember 2010

PERJALANANKU Bagian.III.

Bekerja di perusahaan retail…

(PT. Indomarco Prismatama, cabang Tangerang, Toko Indomaret Wisma Lantana, Toko Indomaret Pondok Arum, Toko Indomaret Mutiara Garuda)

Satu bulan setelah saya mengundurkan diri dari pekerjaan yang terakhir, saya mendapat tawaran dari teman untuk bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang retail. Saya pun langsung pergi melamar ke perusahaan tersebut. Setelah mengikuti tes tertulis dan wawancara, akhirnya saya diterima bekerja di perusahaan itu. Tiga bulan masa percobaan, saya ditempatkan di toko di Jakarta. Setelah melewati masa percobaan tiga bulan, akhirnya saya mendapatkan penempatan di toko di Tangerang. Bekerja di perusahaan retail ini adalah pengalaman baru lagi buat saya. Pada awal masuk kerja saya mendapatkan posisi sebagai merchandiser. Saya bertanggungjawab terhadap kepala toko dan sekaligus membawahi beberapa orang pramuniaga dan kasir. Untuk posisi ini saya jalani selama satu tahun. Karena prestasi kerja yang baik, maka saya mendapat promosi sebagai Asisten Kepala toko. Tugas dan tanggung jawab saya hampir sama, tetapi beban moral makin terasa. Posisi sebagai seorang asisten kepala toko juga saya jalani dengan lancar. Dan dalam waktu satu tahun saya mendapatkan promosi lagi sebagai Kepala toko. Alhamdulillah…dalam waktu dua tahun saya sudah menjadi seorang Kepala toko. Prestasi ini cukup membanggakan, karena tidak semua karyawan mendapatkan kesempatan seperti saya. Sebagai seorang Kepala toko, saya bertanggung jawab terhadap Area Supervisor dan membawahi 11 orang karyawan. Beban pekerjaan dan moral makin tinggi. Satu setengah tahun saya jalani posisi ini dengan lancar, sampai pada satu kesempatan, saya dihadapi cobaan yang saya rasa cukup berat. Dimulai dari adanya pergantian Area Manager. Area Manager yang baru menuntut semua toko-toko yang berada di bawah kepemimpinannya harus selalu dalam performa yang baik. Apabila ada satu toko yang kurang performanya, maka beliau sangat marah sekali. Suatu waktu, toko yang saya pimpin berada dalam performa yang kurang baik. Karena hal tersebut, saya dihadapkan pada pilihan untuk mempertanggungjawabkannya. Pilihan yang harus saya ambil adalah bersedia mengundurkan diri atau akan diturunkan jabatannya. Dihadapkan pada pilihan tersebut, dengan berat hati, maka saya mengambil keputusan untuk mengundurkan diri dari perusahaan tersebut.

Bekerja di perusahaan retail lagi…

(PT. Mitra Infotek, franchisee Multiplus, Kelapa Gading)

Alhamdulillah..satu bulan setelah saya mengundurkan diri dari perusahaan tempat saya bekerja terakhir, saya mendapat pekerjaan di sebuah perusahaan yang juga bergerak di bidang retail. Tetapi kali ini saya bukan di posisi frontliner, tetapi saya mendapatkan posisi di back office. Saya bertugas mengawasi atau mengontrol arus keluar masuk keuangan perusahaan. Setelah beberapa bulan saya bekerja, saya juga diminta untuk membawahi bagian personalia. Saya cukup enjoy dengan pekerjaan ini. Pada tahun kedua saya bekerja, perusahaan mengalami penurunan. Dengan alasan untuk efisiensi, atasan saya mengambil keputusan untuk mengurangi beberapa karyawan. Karena board management perusahaan ini dipegang oleh keluarga dari atasan saya, maka posisi sayapun akhirnya dipegang langsung oleh keluarga atasan saya dan sayapun akhirnya dirumahkan juga. Untuk yang kesekian kali saya berhenti dari pekerjaan saya. Saya pun kembali menganggur.

Oleh : Desiani


Related Posts :