Jumat, 03 Desember 2010

Resep Kue Tape Kukus

Kue tape kukus ini bentuknya menyerupai bolu kukus pada umumnya, tapi kue tape kukus memiliki rasa yang berbeda. Kalau bolu kukus cenderung lembut di lidah, sedangkan kue tape kukus ini sedikit kenyal dan legit. Rasa gula merah dan tapenya begitu terasa di lidah. Cocok sekali untuk anda – anda penggemar rasa manis.

Kue tape kukus ini bisa menjadi alternatif penganjal perut saat anda lapar. Untuk oleh – oleh ketika anda berkunjung kerumah saudara atau kerabat. Untuk bekal perjalanan, teman saat anda minum kopi atau teh, suguhan ketika ada tamu, bisa juga jadi cemilan sehat untuk anak – anak di rumah.

Cara bikinnya tidak terlalu sulit kok, malah bisa dibilang sangat mudah. Karena tidak membutuhkan alat – alat yang tidak semua orang miliki, seperti mixer atau oven. Anda hanya membutuhkan cetakan bolu kukus, dandang untuk mengukus, panci untuk melarutkan air dan gula, mangkok ukuran besar untuk tempat adonan. Untuk bahannya juga tidak terlalu sulit anda dapatkan.

Bagi penikmat kuliner tidak ada salahnya mencoba resep kue tape kukus ini. Memang sih untuk mendapatkan kue tape kukus ini bukanlah hal yang sulit. Soalnya di toko – toko kue banyak sekali kue ini, di tempat jajanan pasar anda juga bisa membeli kue ini, di penjual kue keliling atau bahkan di pedagang – pedagang kue pinggir jalan juga ada kue tape kukus ini. Tetapi alangkah baiknya kalau anda membikin sendiri kue tape kukus ini, selain kebersihan terjamin, juga lebih irit. Dan pastinya anda bisa makan sepuasnya. Anda juga bisa menambah koleksi resep kue yang anda miliki.

Di bawah ini saya ada resep kue tape kukus yang sudah teruji. Saya dan keluarga sudah mempraktekkannya. Bahannya mudah didapat dan cara pembuatannya juga sangat mudah sekali. Tidak membutuhkan waktu dan tenaga ekstra. Yang pasti nggak ribet bikinnya.

Bahan-bahan :
  1. Gula Pasir 125 gr
  2. Gula merah (sisir) 125 gr
  3. Air 150 ml
  4. Tepung terigu 200 gr
  5. Telur 1 butir
  6. Minyak goreng 100 ml
  7. Tape 100 gr (haluskan)
  8. Baking powder 1 sdt
  9. Soda kue 1 sdt

Cara Membuat :
  1. Siapkan cetakan bolu kukus. Alasi dengan kertas cup, sisihkan. Siapkan dandang untuk mengukus.
  2. Masak gula pasir bersama gula merah dan air. Setelah mendidih dan gula larut, angkat dan dinginkan.
  3. Tepung terigu campur dengan larutan gula dan aduk hingga rata, tambahkan telur, aduk rata.
  4. Masukkan minyak goreng, aduk rata, tambahkan baking powder dan soda kue, aduk rata, diamkan selama 15 menit.
  5. Tuangkan kedalam cetakan dan kukus selama 20 menit, angkat.
  6. Sajikan dengan kelapa parut.




Oleh : Tina Gusty


Related Posts :