Rabu, 22 Desember 2010

Seputar Persalinan II

4. wasir atau hemoroid

Wasir atau hemoroid adalah pembesaran vena dibagian bawah rektum dan anus. Sering timbul saat kehamilan dan biasanya menghilang tanpa pengobatan setelah persalinan. Pada proses melahirkan secara normal ketika anda mengejan, biasanya wasir ini akan membengkak dan nyeri. Mintalah obat topikal untuk wasir kepada dokter anda, bila anda merasa tidak nyaman. Cegahlah terjadinya konstipasi (susah buang air besar) dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat dan minum yang cukup.

5. payudara yang kencang dan membesar

Dalam dua hari pertama setelah persalinan, payudara kana menghasilkan kolostrum, cairan berwarna kekuningan, yang kaya akan nutrisi untuk bayi anda. Payudara akan terasa kencang dan membesar. Gunakan bra yang dapat menyokong payudara anda yang membesar karena proses menyusui ini.

6. rambut rontok

saat kehamilan, karena pengaruh hormon, rambut tumbuh lebih banyak dan lebih kuat/tidak mudah rontok. Setelah persalinan sampai enam bulan, tubuh akan membuang kelebihan rambut tersebut dan kembali ke keadaan rambut normal Anda.

7. berat badan

setelah proses persalinan, berat badan anda berkurang 5-7 kg dan dalam minggu pertama, berat badan akan berkurang kembali 1-3 kg dari timbunan cairan yang terjadi selama kehamilan. Jumlah penurunan berat badan tergantung dari berapa banyak pertambahan berat badan anda selama kehamilan.

8. Menstruasi

untuk ibu yang memberikan susu formula kepada bayinya, menstruasi akan kembali pada 6-8 minggu setelah proses persalinan. Bagi yang memberikan asi secara eksklusif (hanya asi saja) kepada bayi, tidak akan terjadi menstruasi sampai beberapa bulan. Walaupun menstruasi tidak terjadi, selalu ada kemungkinan untuk terjadi kehamilan, karena produksi sel telur tidak pernah dapat ditentukan.

9. stres inkontinensia urin = tidak dapat menahan kencing

Kondisi ini merupakan salah satu efek samping yang dapat timbul selama kehamilan dan persalinan. Jika saat hamil anda mengalami kesulitan mengontrol kencing, biasanya juga akan mengalami problem yang sama setelah persalinan. Namun, jangan kuatir, ini masalah yang sering dan biasanya bersifat sementara yang akan hilang setelah beberapa waktu, tapi pada beberapa wanita menjadi menetap.
Faktor yang meningkatkan terjadinya inkontinensia adalah riwayat persalinan normal dengan jumlah anak banyak, persalinan yang lama, bayi yang dilahirkan besar, serta persalinan dengan bantuan alat. Biasanya lebih sering terjadi pada persalinan normal dibandingkan operasi caesar.

10. Hubungan seks

kapan hubungan seksual dapat dilakukan setelah persalinan? Anda sebaiknya menunggu sampai pendarahan berhenti dan luka jahitan sembuh atau biasanya hubungan seksual dapat dimulai kembali 4-6 minggu setelah persalinan. Kebanyakan wanita setelah persalinan akan merasa tidak nyaman ketika melakukan hubungan seksual, tetapi hal ini akan berangsung membaik bersamaan dengan berjalannya waktu. Bicarakan masalah ini secara terbuka dengan suami, bila anda masih merasa tidak dapat melakukan hubungan seks, dan beritahukan alasan ketidaknyamanan yang anda rasakan sehingga pasangan anda tidak merasa ditolak. Komunikasi secara terbuka akan menjadi dasar hubungan yang baik dalam rumah tangga.

Kehamilan dapat terjadi juga dalam periode pasca-persalinan ini. Jadi, sebaiknya konsultsikan dengan dokter anda untuk membicarakan cara pencegahan kehamilan atau KB yang ingin anda lakukan.

Oleh : Desiani


Related Posts :