Rabu, 11 Mei 2011

Awet Muda dalam 16 Langkah

Wajah adalah cerminan jiwa. Rasanya pendapat yang satu ini tidaklah terlalu berlebihan karena wajah yang cemerlang menunjukkan jiwa yang cemerlang pula.

Namun, ketika usia tidak lagi muda, barangkali pesona kecantikan wajah akan sedikit memudar. Hal ini disebabkan kelembaban kulit menjadi berkurang dan ditandai dengan timbulnya kerutan. Berikut enam faktor yang patut diwaspadai jika ingin awet muda dan sepuluh kiat aplikasi riasan agar terlihat lebih muda.

1. Stres

Tertekan dan dikelilingi banyak masalah memang memusingkan. Stres terbukti menurunkan perlindungan tubuh dan membuat sel-sel kulit menua lebih cepat. Perlindungan tubuh yang melemah membuat organ-organ dalam rentan diserang penyakit dan infeksi.

Stres seringkali menimbulkan sakit kepala, tekanan darah tinggi, keriput, berat badan turun, lingkaran hitam dikantung mata, serta jerawat yang menjamur diwajah. Stres juga membuat banyak orang tak sadar melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk seperti mengigit kuku dan mengretakkan gigi.

Bandingkan antara orang-orang yang selalu tersenyum, rileks, dan nampak bahagia dengan orang-orang yang selalu cemberut dan mengernyitkan dahi. Siapa yang lebih banyak keriputnya?

Langkah awal menghalau stres yaitu dengan ambil nafas dalam-dalam dan memejamkan mata selama beberapa saat. Selain itu, jangan biarkan stres menyerang berlarut-larut.

2. Alkohol

Banyak mengonsumsi alkohol menjadi salah satu penyebab utama penuaan dini. Penelitian membuktikan, alkohol dapat memperbesar pembuluh darah yang menyebabkan jaringan kulit merosot, sehingga menimbulkan keriput.

Dalam jangka pendek, alkohol dapat menyebabkan jerawat, ruam-ruam pada kulit, timbul bintik-bintik merah pada kulit, serta gatal-gatal. Untuk jangka panjang, alkohol menyebabkan dehidrasi dan berkurangnya persediaan vitamin A dalam tubuh.

3. Kurang Olahraga

Tak usah membayangkan fitnes di tempat latihan kebugaran selama berjam-jam. Berjalan kaki minimal 30 menit setiap hari saja sudah cukup membuat tubuh segar bugar.

Kurangnya gerak membuat tekanan darah meningkat, lemak menumpuk, serta mengurangi kekuatan otot, dan kelenturan tubuh. Termasuk dalam hal ini secara tak langsung akan mengurangi elastisitas kulit.

4. Merokok

Rokok tak hanya membahayakan kesehatan juga dapat membuat kulit wajah jadi terlihat lebih mudah keriput. Konsumsi rokok juga mempercepat munculnya garis-garis halus pada wajah. Pun memudarkan warna gigi sehingga nampak menguning.

5. Terik Matahari

Terlalu banyak disengat matahari membuat kulit kering, selain memperbesar resiko kanker kulit. Untuk itu, selalu gunakan sunblock atau tabir surya yang mengandung SPF setiap kali hendak beraktifitas disiang hari terutama ketika diluar ruangan.

6. Polusi Udara

Tak hanya mempengaruhi kesehatan organ tubuh bagian dalam, polusi juga mempengaruhi kesehatan kulit dan kecantikan. Udara yang kotor memancing oksidasi jaringan sebum, menyebabkan pembentukan jerawat, alergi, dan ruam merah di kulit.

Polusi dari asap kendaraan bermotor mengandung radikal bebas, yaitu fragmen-fragmen yang berasal dari berbagai molekul dan dapat bereaksi secara aktif dengan molekul-molekul lain. Hal ini berakibat pada berubahnya susunan molekul-molekul terakhir sehingga tidak dapat berfungsi normal lagi.

Percobaan-percobaan dengan binatang-binatang menunjukkan bahwa penyinaran seluruh tubuh ( whole body irradition ) dengan intensitas tertentu dapat mengurangi umur binatang-binatang tersebut.

10 Aplikasi Riasan Agar Terlihat Lebih Muda

  1. Langkah pertama yang untuk agar wajah terlihat lebih muda yaitu dengan pemakaian toner dan pelembab. Jangan lupa sebelum memulai rangkaian make-up, bersihkan terlebih dahulu area wajah dan leher dengan pembersih.Setelah bersih bisa dilanjutkan dengan pemakaian toner serta pelembab.
  2. Setelah wajah terlapisi toner dan pelembab, aplikasi yang tidak kalah penting adalah penggunaan alas bedak. Pilih warna alas bedak sati tingkat lebih tinggi dari warna kulit.
  3. Untuk memberikan kesan wajah lebih cerah, gunakan bedak. Gunakan brush terlebih dahulu kemudian baru menggunakan spon. Hal ini dilakukan agar bedak tidak tersapu.
  4. Untuk menyamarkan flek pada wajah bekas jerawat ataupun kantung mata yang terlihat menghitam, gunakan concealer.
  5. Untuk memberikan kesan muda sebaiknya tidak menggunakan eyeliner atau jika ingin juga menggunakannya, jangan menggunakan terlalu tebal.
  6. Pemakaian eyeshadow bisa dilakukan dengan memilih warna emas, hijau, peach, ataupun ungu.
  7. Untuk aplikasi blush on bisa menggunakan warna-warna natural, seperti pink ataupun peach. Pemakaian blush on jangan sampai menumpuk, sehingga kesan alaminya tidak berkurang.
  8. Krim perona pipi dan mata. Saat menua artinya kulit mengering. Untik itu pilih perona pipi dan mata yang berbentuk krim. Pulaskan halus di pipi dan mata.
  9. Pertegas riasan pada mata. Melentikkan bulu mata penting agar mata terlihat besar. Caranya, setelah memakai maskara, diamkan hingga kering, lalu lentikkan dengan menggunakan alat pelentik. Bagi yang senang memakai pensil alis, gunakan pensil alis dengan warna coklat gelap.
  10. Terakhir untuk pemulas bibir ( lipstik ) bisa pilih lipstik dengan warna satu tingkat di atas warna bibir. Jauhkan dari warna gelap seperti coklat tua, ungu tua karena hanya akan membuat wajah tampak tua. Ganti lipstik matte dengan yang creamy atau gloss. Untuk memberi kesan segar, anda bisa menambahkan aplikasi lipgloss setelah pemakaian lipstik.


Oleh : Tina Gusty
Sumber : Majalah C&R edisi 661 thn XIII Rabu, 27 April-03 Mei 2011


Related Posts :