Kamis, 24 November 2011

7 LANDMARK TERKENAL DI DUNIA I

1. Patung Liberty, New York

Patung Liberty merupakan sebuah patung raksasa setinggi 46 meter yang didirikan di Pulau Liberty, persis di depan Pelabuhan New York. Didesain oleh seorang seniman Perancis bernama Frederic Bartholdi, patung ini selesai dibangun dan diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886. Patung yang terinspirasi dari Libertas, dewi kemerdekaan Romawi ini merupakan hadiah dari rakyat Perancis kepada rakyat Amerika Serikat untuk memperingati seratus tahun kemerdekaannya.
Pada awalnya, Patung Liberty yang telah selesai dibuat potongan-potongannya hampir gagal didirikan karena kurangnya dana. Hal ini mendorong Joseph Pulitzer, seorang pemilik media di New York untuk memulai kampanye penggalangan dana bagi penyelesaian pembangunan patung ini. Lebih dari 120.000 orang dari seluruh Amerika Serikat kemudian tergerak untuk ikut menyumbang hingga akhirnya Patung Liberty berhasil didirikan. Warna semula dari patung ini adalah warna tembaga, namun perlahan warnanya berubah menjadi kehijauan akibat oksidasi. Warna tersebut tetap dipertahankan karena dianggap indah.
Patung Liberty menjadi sangat terkenal khususnya di kalangan para imigran yang baru saja tiba di Pelabuhan New York pada awal abad ke-20. Patung yang menjulang di depan pelabuhan ini seolah menyambut dan memberikan harapan pada mereka untuk sebuah kehidupan baru yang lebih baik di Amerika Serikat. Hingga kini, Patung Liberty menjadi simbol bagi nilai-nilai ideal Amerika Serikat seperti kebebasan, demokrasi, dan kesetaraan.



2. Menara Eiffel, Paris

Menara Eiffel didirikan pada tahun 1889 di Champ De Mars di pusat kota Paris. Namanya diambil dari nama perancangnya, Gustave Eiffel. Menara ini semula hanya lah bangunan seni tanpa fungsi jelas yang digunakan sebagai pintu gerbang untuk memasuki World Fair yang digelar di kota itu. Selain itu terdapat sebuah restoran di bagian atas di mana pengunjung bisa bersantap sambil menikmati pemandangan Kota Paris. Pada saat didirikan, menara setinggi 324 meter ini memecahkan rekor sebagai menara tertinggi di dunia.
Sebanyak 18.038 potongan besi seberat 7.300 ton digunakan untuk membangun Menara Eiffel. Pada awal pendiriannya, menara ini dikecam oleh banyak komunitas seni di Paris karena dianggap memiliki nilai seni yang rendah dan merusak pemandangan kota. Beberapa orang bahkan menuntut agar menara ini dibongkar kembali. Menara Eiffel memang hanya memiliki izin berdiri selama 20 tahun. Pada tahun 1909 ketika perizinannya habis, Pemerintah Kota Paris nyaris membongkarnya. Namun hal itu dibatalkan karena ternyata Menara Eiffel berguna sebagai menara komunikasi seiring berkembangnya teknologi radio.



Saat ini, Menara Eiffel terkenal di seluruh dunia sebagai ikon Kota Paris dan Negara Perancis. Setiap film yang mengambil setting Kota Paris seperti sudah wajib untuk memasukkan gambar menara ini dalam adegannya. Dan sudah pasti tidak ada lagi yang berniat membongkarnya.

Bersambung ke 7 LANDMARK TERKENAL DI DUNIA II

Oleh : Lari Pagi


Related Posts :