Jumat, 25 November 2011

7 PENCAKAR LANGIT TERTINGGI DI DUNIA I

1. Burj Khalifa, Dubai

Burj Khalifa (Menara Khalifa) yang menjulang setinggi 829 meter di Downtown Dubai hingga saat ini tercatat sebagai gedung tertinggi di dunia. Gedung ini mulai dibangun pada 21 September 2004 dan selesai pada 1 Oktober 2009. Desain dan rancangan gedung ini dikerjakan oleh Skidmore, Owings and Merill dari Amerika Serikat, dengan kontraktor utama Samsung C&T dari Korea Selatan.
Biaya yang dihabiskan untuk pembangunan Burj Khalifa mencapai 1,5 milyar US dollar. Ruang kantor di gedung ini dijual dengan harga sekitar 43.000 US dollar per meter perseginya, sementara apartemen di gedung ini dijual seharga 37.500 US dollar per meter perseginya. Gedung yang sebelumnya bernama Burj Dubai ini mengalami masalah pembiayaan ketika terjadi gejolak krisis global pada tahun 2007 – 2010. Gedung ini berhasil selamat dari kebangkrutan berkat kucuran dana dari pemerintah Uni Emirat Arab. Maka nama gedung ini pun diganti menjadi Burj Khalifa untuk menghormati presiden UEA Khalifa Bin Zayed Al-Nahyan atas jasa dan bantuannya. Gedung ini menjadi atraksi utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Dubai.



2. Abraj Al-Bait, Mekkah

Abraj Al-Bait atau disebut juga Menara Jam Kerajaan adalah sebuah kompleks perhotelan yang berdiri persis di seberang Masjidil Haram, Mekkah. Dengan tinggi mencapai 601 meter, menara yang selesai didirikan pada akhir 2011 ini memecahkan rekor sebagai hotel tertinggi di dunia sekaligus gedung tertinggi kedua di dunia. Jam besar di puncaknya juga memecahkan rekor sebagai jam terbesar di dunia. Proyek pembangunan gedung ini dikerjakan oleh Bin Ladin Group, perusahaan konstruksi terbesar di Arab Saudi.
Selain fasilitas hotel super mewah, Abraj Al-Bait juga dilengkapi oleh mall empat lantai dan area parkir yang luas. Di samping itu juga terdapat Museum Islam dan Pusat Pengamatan Bulan untuk melihat hilal pada penentuan tanggal-tanggal penting dalam ibadah Islam. Menara ini memiliki pengeras suara yang dapat mengumandangkan azan hingga jarak 7 kilometer dan memancarkan cahaya hingga jarak 30 kilometer. Namun Abraj Al-Bait mendapat sejumlah kritik karena dianggap menodai kesucian kota dengan keglamoran duniawi. Menara ini juga dibangun dengan menghancurkan situs kuno Benteng Ajyad dari zaman Turki Utsmani.



3. Taipei 101, Taipei

Taipei 101 berdiri di distrik Xinyi di Kota Taipei. Bangunan setinggi 509 meter yang selesai didirikan pada tahun 2004 ini sebelumnya memecahkan rekor sebagai bangunan tertinggi di dunia sampai akhirnya dikalahkan oleh Burj Khalifa pada tahun 2009. Taipei 101 didesain oleh C.Y. Lee & partners dengan kontraktor utama KTRT Joint Venture. Bangunan tertinggi di Taiwan ini dinamakan Taipei 101 karena jumlah lantainya sebanyak 101 lantai.
Bangunan yang dimiliki oleh Taipei Financial Center Corporation ini didesain untuk tahan terhadap angin topan dan gempa yang biasa melanda kawasan Asia Pasifik. Ketahanannya terbukti saat Taipei diguncang gempa sebesar 6, 8 skala richter pada tahun 2002, yang tidak merusak struktur gedung yang saat itu masih dalam pembangunan. Fleksibilitas desain merupakan poin penting yang membuat Taipei 101 menjadi salah satu gedung paling stabil di dunia. Arsitekturnya menggambarkan filosofi Cina dengan bentuk menyerupai pagoda dan ruas-ruas bambu berwarna hijau. Pada tahun 2011, Taipei 101 juga menerima penghargaan lingkungan dan efisiensi energi yang menempatkannya sebagai gedung ramah lingkungan tertinggi di dunia.



Bersambung ke 7 PENCAKAR LANGIT TERTINGGI DI DUNIA II

Oleh : Lari Pagi


Related Posts :