Jumat, 25 November 2011

7 PENCAKAR LANGIT TERTINGGI DI DUNIA II

4. Shanghai World Financial Center, Shanghai

Shanghai World Financial Center terletak di Distrik Pudong, Shanghai. Gedung setinggi 492 meter ini berfungsi sebagai perkantoran, hotel, ruang konferensi, ruang pengamatan, serta sebuah pusat perbelanjaan di lantai dasar. Gedung yang selesai dibangun pada tahun 2008 ini berdiri tepat di sebelah Menara Jin Mao yang termasuk dalam jajaran gedung-gedung tertinggi di Shanghai.
Didesain oleh Kohn Pedersen Fox dari Amerika Serikat, pembangunan gedung yang telah dimulai sejak tahun 1997 ini sempat tertunda akibat krisis keuangan yang melanda Asia. Desain gedung ini awalnya adalah atap yang berbentuk lingkaran, terinspirasi dari mitologi Cina yang menyebut langit berbentuk lingkaran. Namun desain itu diprotes oleh sejumlah orang yang menanggapnya terlalu mirip dengan lambang matahari Jepang. Maka desain atapnya akhirnya diubah menjadi lurus seperti saat ini, mirip dengan pembuka tutup botol. Sejumlah souvenir pembuka tutup botol pun dibuat menyerupai bentuk gedung ini.



5. International Commerce Center, Hong Kong

International Commerce Center (ICC) berdiri di Kawasan Kowloon Barat, Hong Kong. Gedung ini memiliki tinggi 484 meter dan selesai dibangun pada tahun 2010. Gedung yang didesain oleh Kohn Pedersen Fox ini berfungsi sebagai hotel, perkantoran, serta pusat perbelanjaan. ICC saat ini merupakan gedung tertinggi di Hong Kong.
Gedung ini memiliki kolam renang dan bar tertinggi di dunia yang terletak di atapnya. Selain hotel mewah yang dilengkapi gym dan spa, seperti biasa gedung ini juga memiliki ruang pandang yang dilengkapi teleskop bagi para pengunjung yang ingin menikmati panorama Hong Kong. Gedung yang berada di area Union Square ini juga terintegrasi dengan Stasiun Kowloon sehingga dapat diakses dengan mudah.



6. Petronas Twin Towers, Kuala Lumpur

Menara Kembar Petronas adalah gedung tertinggi di Asia Tenggara. Gedung setinggi 451 meter yang selesai pembangunannya pada 1998 ini sebelumnya juga merupakan gedung tertinggi di dunia sebelum dikalahkan oleh Taipei 101 pada tahun 2004. Namun Menara Petronas tetap bertahan sebagai gedung kembar tertinggi di dunia dan menjadi landmark Kota Kuala Lumpur yang dikunjungi banyak wisatawan.
Menara Petronas dibuat dengan desain dan motif-motif Islami seperti bintang segi delapan untuk merefleksikan identitas muslim Melayu di Malaysia. Desain rumit gedung ini dikerjakan oleh Cesar Pelli dan Deejay Perico bersama dengan desainer Dominic Saibo. Gedung kembar ini berfungsi sebagai ruang perkantoran, dengan lantai bawahnya untuk Mall Suria KLCC dan Orkestra Malaysia. Di antara kedua gedung terdapat sebuah jembatan angkasa yang menghubungkan kedua gedung tersebut. Ketika terjadi serangan 11 September 2001 ke Menara Kembar WTC di New York, sempat terjadi kepanikan di dalam gedung dan ribuan orang dievakuasi karena khawatir Menara Kembar Petronas menjadi target serangan berikutnya.



7. Nanjing Greenland Financial Center, Nanjing

Nanjing Greenland Financial Center berdiri setinggi 450 meter menghadap Danau Xuanwu di Nanjing. Gedung yang dirancang oleh Adrian Smith dari Skidmore, Owings, and Merill ini selesai dibangun pada tahun 2010. Gedung ini berfungsi sebagai perkantoran dan juga pusat perbelanjaan. Dari bagian atasnya, pengunjung dapat mengamati panorama Kota Nanjing dengan Sungai Yangtze dan Gunung Ningzheng.



Oleh : Lari Pagi


Related Posts :