Selasa, 27 Desember 2011

Kekuatan Kata-kata Dalam Kehidupan

Pernahkah dalam anda mendengar istilah “Words Can Change Your World”?

-Words Can Change Your World-

Memiliki makna dalam bahasa Indonesia “Kata-kata Dapat Merubah Kehidupan Anda”, yang menggambarkan bahwa kekuatan dari sebuah kata-kata (Words) memiliki dampak yang begitu besar dalam merubah kehidupan anda ke arah yang baik atau ke arah yang buruk. Words atau kata-kata dibagi menjadi 2 jenis, positif dan negative. Yang dimana setiap jenis mempunyai konten dan maksud yang berbeda dalam pengucapannya.

Sebuah kata-kata positif mengandung beribu makna positif seperti sebuah ungkapan syukur, penghargaan, motivasi, baik itu adalah kata-kata yang bersifat lisan maupun tertulis. Sedangkan kata-kata negative mengandung beribu makna negative seperti sebuah ungkapan caci-maki, penyesalan, baik bersifat lisan maupun tertulis. Pemilihan kata juga terkadang memberikan efek yang berbeda dalam kehidupan anda.

Sebagai sebuah contoh: Setiap bangun pagi, anda selalu melihat ke hadapan cermin dan mengatakan “Muka saya kok semakin tua ya”, maka akan menjadi semakin tua lah anda, namun akan berbeda di saat anda mengucapkan “Pagi yang cerah muka saya semakin bertambah muda saja”, lihatlah perbedaan dengan apabila anda mengucapkan kata-kata negatif. Hal ini disebabkan oleh karena kata-kata negatif membentuk mindset negatif dalam pola pikir kita sehingga kecenderungan bagi tubuh anda untuk mengikuti mind set yang ada.

Berikut adalah contoh percobaan lain yang pernah dilakukan oleh masyarakat tentang adanya kekuatan tersendiri dalam “kata-kata”:
  1. Silahkan anda persiapkan 2 gelas mineral, disetiap gelas letakkan 2 sendok nasi. Diamkan semalaman.
  2. Berikan label masing-masing pada tiap gelas, gelas A berikan Label “kata positif”, sedangkan pada gelas B berikan label “kata negatif”.
  3. Pada gelas A setiap hari ucapkan kata-kata positif padanya seperti “kamu hebat, kamu cantik, kamu tampan, kamu menarik, dll”, sedangkan pada gelas B ucapkan kata-kata negatif setiap harinya seperti “kurang ajar kamu, kamu bodoh, kamu tidak berguna, kamu busuk, dll”.
  4. Lihat perubahan pada setiap masing-masing gelas setiap hari. Maka anda dapat mengetahui kekuatan dari kata-kata itu sendiri.
Kata-kata memiliki kekuatan tersendiri dalam mempengaruhi kehidupan anda. Kata-kata sebagai doa, itu yang sering diajarkan dalam agama secara umum. Masih banyak lagi percobaan menarik lainnya yang dapat anda temukan untuk membuktikan kekuatan dan pengaruh yang diberikan dari sebuah kata-kata.

Pemilihan kata yang tepat juga sangatlah berpengaruh bukan hanya dalam kehidupan pribadi anda namun juga kehidupan professional anda. Seringkali anda dapat temukan teori pemilihan kata yang tepat dalam profesi kerja dalam ilmu bidang ekonomi seperti manajemen dan marketing, dan hal ini sangat mutlak perlu anda pelajari.

Sebagai contoh: pemilihan kata antara “bayar” dan “investasi”, anda membuka sebuah seminar dan anda mencantumkan kata-kata berikut “Cukup hanya dengan bayar Rp 100.000,- anda dapat menerima ilmu yang sangat bermanfaat dalam hidup anda” sekilas memang tidak tampak ada kesalahan dalam kalimat tersebut, namun coba bandingkan dengan “Investasikan Rp 100.000,- dari kekayaan anda untuk ilmu yang dapat anda terapkan kembali dalam hidup dan pekerjaan anda, investasi yang menguntungkan”, akan terkesan lebih baik bukan, “bayar” dengan “invest” memiliki makna yang cukup berbeda namun dapat anda gunakan dalam fungsi yang sama.

Jagalah setiap perkataan anda sekarang dalam hidup, karena perkataan anda mencerminkan hidup anda tidak hanya sekarang namun juga ke depannya. Terus ucapkan kata-kata positif tidak hanya bagi diri anda sendiri namun juga pada orang lain di sekitar anda. Mulutmu adalah harimaumu. Power of Words Change The World.

Oleh : Kevin Wahyono


Related Posts :