Rabu, 14 Desember 2011

Langkah-langkah Menghadapi Keburukan Ekonomi Dalam Bisnis II

  • Hubungi kompetitor anda. Dimana dalam bisnis lebih baik untuk merubah kompetitor menjadi mitra bisnis anda, bujuklah mereka untuk memberi info-info yang terkait dengan pengembangan perusahaan anda, seperti adanya pameran exhibition yang relevan dengan produk/jasa anda, seminar, atau mungkin info-info penting lainnya yang bisa anda manfaatkan. Dan tentunya dengan berikan timbal balik yang setimpal dengan memberikan info-info yang juga dirasa bermanfaat bagi kompetitor anda.

    Jangan khawatir bahwa itu akan menjadi bumerang bagi kelangsungan bisnis anda, karena seperti pisau, setiap orang menggenggam dengan cara yang berbeda dan menggunakan untuk hal yang berbeda pula, begitu pula dengan info yang anda berikan, penggunaan dan implementasinya juga akan berbeda antara anda dengan kompetitor anda.
  • Kombinasikan antara penjualan produk dan jasa yang berkaitan pada customer anda yang telah ada sekarang. Hal yang termudah dalam bisnis adalah menjual produk/jasa pada customer yang telah ada. Bukalah mata dan telinga anda akan setiap kesempatan bisnis yang ada.
  • Jangan menutup diri terhadap perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi seperti social media (facebook, twitter, dll) dapat juga anda gunakan untuk meningkatkan penjualan dan promosi dari bisnis anda tersebut. Teruslah pelajari teknologi-teknologi yang sekiranya bisa anda implementasikan dalam peningkatan bisnis anda.
  • Bergabunglah dalam komunitas-komunitas sosial (Perluas Koneksi anda). Dengan bergabungnya anda pada komunitas-komunitas sosial maka alur jalannya informasi bisa akan terus anda ikuti, dan dapat juga anda gunakan sebagai media promosi bisnis dengan jalinan relasi yang baik dengan anggota-anggota komunitas tersebut.
  • Permudah jalur komunikasi antara customer dan calon customer dengan anda. Dengan fasilitas seperti Blackberry Messenger yang saat ini sedang booming bisa anda manfaatkan pula untuk mempermudah customer mencapai anda.
  • Bentuk tim dengan produsen/vendor yang lainnya untuk melakukan joint sales. Dengan sari memberikan rekomendasi antar vendor/produsen juga dapat meningkatkan penjualan daripada perusahaan anda. Carilah vendor/produsen lain yang berada di pasar yang sama namun tidak secara langsung bersaing dengan bisnis anda.

    Sebagai contoh: apabila anda mempunya industri konveksi, maka akan lebih baik anda membentuk tim dengan vendor pembuat label/tag harga, vendor sablon yang pada basis market yang sama namun tidak langsung berkompetisi dengan produk/jasa dari perusahaan anda, dengan saling memberikan rekomendasi pada customer masing-masing akan eksistensi dari produsen/vendor lainnya makan akan menciptakan simbiosis mutualisme antar vendor.
  • Kembangkan berbagai arus pendapatan bagi anda (pribadi). Memiliki 2 bisnis (1 bisnis utama, 1 bisnis penunjang) lebih baik daripada hanya memiliki 1 bisnis utama. Apabila anda seorang penulis maka selain menulis untuk sebuah buku, namun bisa juga anda kembangkan menjadi secara offline maupun online, menulis tidak hanya buku namun juga artikel, puisi, cerpen, novel dan lain-lain. Dengan kunci bisnis tersebut relevan dengan tingkat keahlian yang anda miliki.


Masih banyak lagi metode yang bisa anda kembangkan. Never stop to learn something.

Oleh : Kevin Wahyono


Related Posts :