Senin, 02 Januari 2012

Karyawan VS Pengusaha: Part 2

4. Kebebasan berkreasi
  • Karyawan : Minimnya kesempatan anda untuk berkreasi dalam lingkungan kerja, disebabkan oleh karena terikatnya anda dengan job description yang diberikan oleh perusahaan tempat anda bekerja, walaupun dapat anda temui banyak sekali perusahaan yang mengatakan memberikan kebebasan bagi karyawannya untuk berkreasi namun pada faktanya penerapan batasan berupa job-description kepada karyawan membatasi lingkup kreativitas dari pekerja.
  • Entrepreneur : dikarenakan unit usaha adalah milik anda pribadi maka tidak adanya batasan bagi anda untuk berkreasi.

5. Modal
  • Karyawan : Menjadi karyawan/pegawai modal yang anda perlukan tidak terlalu tinggi, bahkan tidak ada sama sekali.
  • Entrepreneur : Menjadi seorang entrepreneur membutuhkan modal yang cukup besar tergantung dari bisnis yang akan anda jalani, mengingat begitu banyak aspek yang diperlukan dalam pengembangan bisnis maka modal yang diperlukan untuk memperkuat bisnis anda juga tidak akan sedikit.

6. Tingkat resiko
  • Karyawan : Tingkat resiko menjadi seorang karyawan relatif kecil, resiko yang dimaksud disini adalah resiko untuk kehilangan pendapatan, disebabkan karena adanya resiko perputaran pegawai dan PHK dari perusahaan akan menyebabkan anda sebagai karyawan dapat menurunkan tingkat pendapatan anda bahkan pemecatan dapat mengembalikan tingkat pendapatan anda ke titik-0
  • Entrepreneur : Tingkat resiko relatif lebih tinggi daripada karyawan, disebabkan karena ketergantungan terhadap lini bisnis yang diambil dan kemampuan dari individu untuk mempertahankan bisnis tersebut, kesalahan fatal dapat mengakibatkan tidak hanya kehilangan pendapatan namun juga modal yang ditanamkan (kebangkrutan).


Masih begitu banyak lagi aspek lainnya yang dapat anda temukan dalam praktik lapangan menjadi seorang entrepreneur dan menjadi seorang karyawan, pada dasarnya setiap dari pilihan tersebut memiliki tingkat resiko dan kesulitan yang sama. Namun, kebebasan bagi anda untuk berkreasi dan faktor kebanggan / Pride yang ditawarkan oleh entrepreneurship-lah yang seringkali menjadi faktor nilai plus bagi mereka yang memilih jalan menjadi entrepreneur. Tentu saja pilihan pun akan tergantung dari pola pikir/mindset dari masing-masing individu.

Mulailah dengan melihat ke dalam diri anda sendiri, bagi anda yang sangat menyukai tantangan maka Entrepreneurship adalah langkah yang sangat cocok bagi anda, sementara bagi anda yang sangat suka dengan batas aman maka menjadi seorang karyawan/pegawai adalah langkah yang pas untuk anda. Setiap langkah mempunyai kelebihan masing-masing, tidak sedikit orang sukses menjadi karyawan dan diorbitkan menjadi seorang CEO dari sebuah perusahaan dan tidak sedikit pula yang tetap menjadi pegawai ‘rendahan’, begitu pula dengan entrepreneur tidak sedikit pula dari mereka yang mengalami kebangkrutan.

Selami pilihan anda lebih dalam dan temukan instrument-instrument penunjang pilihan anda. Jangan berhenti belajar. Dan Tetap berkembang.

Oleh : Kevin Wahyono


Related Posts :