Senin, 02 Januari 2012

Kontroversi: Teacup Puppies Keindahan dan Kekejaman

Apakah anda sangat menyukai anjing? Apakah anda sangat mencintai anjing anda?

Doglover itulah sebutan yang selama ini melekat pada diri masing-masing hobiis dan pecinta anjing di seluruh dunia. Dimulai dengan rasa cinta yang sangat besar terhadap hewan peliharaan (anjing) sebagai teman sehari-hari, begitu pula rasa kagum terhadap mereka. Namun sangat disayangkan pada perkembangan zaman seperti sekarang ini minimnya pengetahuan yang dimiliki oleh para pecinta anjing terutama bagi mereka yang pemula dalam dunia doggies ini menyebabkan timbulnya banyak kerugian pada anjing dari berbagai macam ras. Dimana seringkali dapat anda temui berbagai macam malpraktik dan bentuk kekejaman-kekejaman lainnya baik yang dilakukan secara tidak sengaja maupun disengaja.

Teacup Puppies. Sebagian dari anda pecinta anjing (doglovers) pasti pernah mendengar istilah ini. Pada umumnya, sebutan Teacup Puppies, mini size puppies, toy puppies, dsb mengacu pada struktur fisik dari anjing berupa ukuran tinggi badan mereka yang sangat kecil bahkan cukup untuk dimasukkan ke dalam kantong. Bagi kebanyakan pecinta anjing ukuran anjing yang mini seperti ini menjadi keunikan tersendiri dan menjadikan teacup puppies ini begitu diminati dan diburu oleh para doglovers. Hal ini lah yang menyebabkan sering kali anda temukan harga dari seekor teacup puppies akan sangat berbeda daripada harga puppies biasa pada ras yang sama, dengan sedikit dibubuhi kata ‘langka’ pada marketing mereka maka jangan anda merasa kaget saat melihat perbedaan harga mereka yang cukup signifikan.

Kekejaman seperti apakah yang dimaksud?

Pada dasarnya bahwa anjing dengan ukuran mini seperti para teacup puppies ini yang hanya memiliki berat sekitar 2-5 pounds ternyata sama sekali tidak ada. Berbagai macam bentuk ukuran mini yang sering anda jumpai tersebut merupakan suatu bentuk malpraktik terhadap anatomi tubuh mereka, salah satunya adalah dengan cara menekan asupan gizi anjing-anjing tersebut dari kecil, dengan kata lain anjing-anjing tersebut secara fisik adalah anjing yang mengalami kecacatan fisik. Minimnya asupan gizi yang anjing-anjing tersebut terima diakibatkan karena pembatasan makanan oleh para breeder yang tidak bertanggung jawab. Apabila ada seorang breeder yang mengatakan bahwa ini adalah termasuk di dalam salah satu ras suatu anjing (pada umumnya cihuahua, Yorkshire terrier) maka dapat dipastikan bahwa itu hanyalah sebuah tipuan belaka.

Teacup puppies memiliki tulang yang sangat rapuh, hanya dengan jatuh dari sofa, dari tempat tidur, bahkan sedikit terinjak saja sudah dapat mematahkan tulang mereka. Pada umumnya, seekor anjing betina baru dapat melahirkan pada bulan ke-9 kehamilan, namun beberapa breeder membuat para anjing tersebut melahirkan lebih cepat sehingga muncullah bayi prematur yang sepenuhnya organ dalam belum terbentuk yang sekarang anda kenal dengan ukuran mini mereka, yaitu Teacup Puppies. Tidak hanya rapuhnya tubuh dan anatomi mereka, namun banyak sekali kasus yang menemukan bahwa organ dalam pernapasan para teacup puppies ini juga belum terbentuk dengan sempurna. Umur dari anjing teacup puppies ini hanyalah beberapa tahun, tidak selama anjing pada umumnya.

Dari segi harga dan kualitas yang diberikan pun teacup puppies ini adalah suatu bentuk penipuan dan eksploitasi baik terhadap anjing maupun doglovers, dengan harga mereka yang selangit sedangkan kualitas anjing yang tidak sepadan serta penipuan dengan mengatakan bahwa jenis tersebut memang adalah salah satu kriteria dari ras anjing. Menghentikan berbagai macam bentuk permintaan (demand) terhadap tipe anjing seperti ini akan memberikan dampak yang besar dengan berkurangnya jumlah anjing yang diperlakukan dengan tidak benar seperti para teacup puppies ini. Jadilah konsumen pintar, dan jangan pernah berhenti belajar.

Oleh : Kevin Wahyono


Related Posts :