Senin, 30 Januari 2012

Langkah-langkah Menentukan Harga yang Kompetitif: Part 1

Pernahkah anda mendapati sebuah kendala dalam bisnis yang berkaitan dengan harga?

Dimana karena harga yang anda terapkan terlalu tinggi sehingga banyak dari customer anda berpaling, atau bahkan anda masih ragu-ragu dalam menetapkan harga dari produk yang akan anda tawarkan, maka sangatlah penting bagi anda untuk membekali diri anda dengan ilmu dasar tentang Strategi Penentuan Harga (Pricing Strategies).

Harga (Price) merupakan elemen yang paling penting dalam konsep marketing mix sebuah bisnis (Product, Place, Price, Promotion) dimana ke-3 elemen yang lain merupakan element Cost (mengeluarkan biaya) sementara Harga (Price) sebagai elemen penyeimbang pengeluaran dari ke-3 elemen lainnya (Product, Place, Promotion). Pengertian mudahnya adalah bahwa Harga (Pricing) menentukan pemasukan dari bisnis anda, sementara Lokasi (Place), Produk (Product), dan Promosi (Promotion) membentuk pengeluaran bagi bisnis anda, sehingga untuk melengkapi pengeluaran anda dari ke-3 elemen tersebut maka sangat dibutuhkan pemasukan dari Harga (Price) sebagai penyeimbang neraca perusahaan anda.

Penentuan harga (Pricing) yang salah akan berdampak pada tingkat minat dan kepuasan daripada konsumen anda sendiri, sebaliknya apabila harga yang anda terapkan tepat sesuai dengan pangsa pasar yang anda tuju maka akan memberikan dampak yang sangat tinggi terhadap pertumbuhan angka penjualan anda, sehingga ke-3 elemen marketing mix anda lainnya pun juga dapat bertumbuh. Untuk artikel kali ini kita akan mengupas tentang langkah-langkah umum yang dapat anda lakukan dalam proses penentuan harga.

Berikut adalah langkah-langkah yang sering digunakan oleh pebisnis pada umumnya dalam menentukan harga dari produk mereka:
  • Kembangkan Strategi Pemasaran (Marketing Strategy) Anda. Lihat dan analisa kembali Strategi Pemasaran yang telah dan akan anda lakukan untuk meningkatkan penjualan produk anda. Begitu pula dengan STP (Segmenting, Targeting, Positioning) yang anda tetapkan, tinjau kembali target pasar anda, serta product positioning (Def; bagaimana anda membuat produk atau brand anda mempunyai posisi tersendiri dalam benak konsumen). Dengan mengetahui tujuan pemasaran anda maka akan sangat berpengaruh terhadap metode penentuan harga yang akan anda terapkan, mengingat pangsa pasar yang berbeda memiliki karakteristik yang berbeda.
  • Tentukan Marketing Mix bisnis anda. Sangat penting bagi anda untuk terlebih dahulu karakteristik dari produk anda (nilai fungsi, dan aspek-aspek lainnya yang sekiranya dapat menjadi pertimbangan dari pada harga jual dari produk itu sendiri), serta mengetahui konsep promosi dan distribusi, serta lokasi dari bisnis dan produk anda akan dipusatkan. Jangan sampai anda menjual sebuah produk dengan nilai fungsi rendah dengan harga tinggi, mengetahui panjang dan konsep distribusi yang anda terapkan pun akan sangat berpengaruh terhadap strategi penentuan harga anda.
  • Lakukan estimasi terhadap kurva permintaan produk anda. Dengan mengetahui estimasi daripada tingkat kurva permintaan pada level harga yang anda terapkan dapat dengan cara meraba pasar dengan beberapa metode seperti menerapkan harga pada produk di atas atau di bawah harga pasar produk saat ini untuk menentukan kurva elastisitas-nya.


Bersambung ke Langkah-langkah Menentukan Harga yang Kompetitif: Part 2
Oleh : Kevin Wahyono


Related Posts :