Selasa, 31 Januari 2012

Langkah-langkah Menentukan Harga yang Kompetitif: Part 2

  • Hitung Biaya yang Dikeluarkan (Cost). Sangat penting bagi anda untuk mengetahui total pengeluaran dari bisnis anda dalam menghasilkan sebuah produk dari awal hingga sampai ke tangan konsumen anda. Ketahuilah juga Fixed Cost dan Variable Cost yang anda dapatkan. Dengan mengetahui Total Cost yang anda dapatkan maka dapat anda gunakan sebagai tolak ukur penentuan strategi penentuan harga anda.
  • Menentukan Tujuan Penetapan Harga. Sangat lah penting bagi anda setelah itu untuk menetapkan tujuan penetapan harga anda tersebut. Berikut adalah beberapa tujuan penetapan harga yang dapat anda pertimbangkan:
    • Maksimalisasi Profit yang telah ada. Harga yang anda tetapkan bertujuan untuk meningkatkan profit dari bisnis anda secara maksimal, dengan kata lain mark-up yang cukup tinggi kemungkinan besar akan anda lakukan untuk mencapai tujuan (objectives) ini. Penetapan tujua perusahaan seperti ini akan sangat buruk untuk jangka waktu panjang kelangsungan perusahaan.
    • Maksimalisasi Pendapatan yang telah ada. Harga yang anda tetapkan bertujuan untuk meningkatkan jumlah pendapatan anda secara maksimal. Pada umumnya, pebisnis dengan tujuan penetapan harga ini akan men-setting tingkat keuntungan perusahaan pada titik yang wajar namun menekan Total Cost produk sehingga harga yang diluncurkan ke pasar cenderung stabil. Dengan level harga yang anda tetapkan berada di antara garis normal ke bawah (rendah) maka tingkat permintaan (demand) anda cenderung akan stabil atau bahkan naik sehingga dengan semakin banyaknya barang yang diproduksi maka Total Cost yang anda keluarkan juga akan semakin rendah.
    • Kualitas. Harga yang anda tetapkan bertujuan untuk membentuk image dari produk anda yang berkualitas, kasus seperti ini dapat anda temui dengan mudah pada produk-produk otomotif seperti Mercedes-Benz, BMW, Harley Davidson, dan sebagainya. Dimana perusahaan-perusahaan tersebut menetapkan harga yang relatif tinggi bagi masyarakat dengan tujuan untuk memberikan image bahwa produk tersebut dibuat dengan tingkat cost yang tinggi dan dengan kualitas yang no.1 . Hal ini sangat cocok bagi anda yang memiliki orientasi produk kepada Niche Market , yang dimana memiliki konsumen yang cenderung tidak global namun rela untuk mengeluarkan biaya dalam jumlah besar untuk sebuah produk dengan brand image yang berkualitas dan terkenal.
    • Bagian Pembangunan Struktur Keuangan. Hal ini sangat awam bagi beberapa pebisnis, karena hal ini biasanya hanya dapat ditemui dari sebuah perusahaan yang memiliki sumber pendapatan dari berbagai macam bisnis. Hal ini menyebabkan harga yang ditetapkan tidak terlalu berorientasi pada profit yang tinggi karena bisnis tersebut hanya dipergunakan sebagai faktor penunjang pendapatan, dan cashflow dari sebuah perusahaan saja.
    • Bertahan. Penetapan harga yang anda terapkan hanya bertujuan untuk tetap bertahan di dalam pasar (market) saja. Sehingga harga yang anda tetapkan hanya sebatas pada harga pada level normal yang ada di pasar.
    • Memaksimalkan Kuantitas. Dengan bertujuan untuk memaksimalkan kuantitas produk yang dijual maka anda sebaiknya menetapkan harga anda pada level yang cukup rendah daripada harga pasar dengan tujuan agar kuantitas yang diambil oleh konsumen pun semakin banyak. Kasus seperti ini akan sangat mudah untuk anda temui pada pebisnis yang bergerak dalam bidang Distribusi baik produk makanan ataupun minuman-minuman ringan yang menerapkan sistem Quantity Reseller.


Masih akan ada begitu banyak lagi langkah-langkah dan tips-tips yang dapat anda gunakan dan pelajari sebagai referensi dalam hal penetapan harga. Sangat penting bagi anda sebelum melakukan penetapan harga untuk mengetahui terlebih dahulu keadaan pasar (market) anda dan kedudukan/posisi anda di dalam pasar, begitu pula dengan mengetahui tujuan dari penetapan harga serta elemen-elemen pembentukan harga lainnya seperti Pengeluaran (Cost) dan sebagainya akan sangat membantu anda menentukan strategi perusahaan dalam penetapan harga produk. Harga sebagai element penting penentu penjualan anda dan image perusahaan anda merupakan faktor vital bagi anda untuk dipelajari. Salam sukses entrepreneur Indonesia.

Oleh : Kevin Wahyono


Related Posts :