Senin, 02 Januari 2012

SWOT : Pengertian dan Penggunaannya (Part.1)

Di dalam dunia ekonomi dan bisnis, seringkali anda menjumpai berbagai macam istilah-istilah dan konsep menarik untuk perkembangan bisnis anda, serta teknik analisa dan pengelolaan yang cukup rumit. Terkadang beberapa dari konsep tersebut sebenarnya cukup dasar namun beberapa dari pebisnis, dan entrepreneur muda masih belum mengetahui konsep tersebut sehingga kendala dalam peningkatan bisnis akan sangat sulit mereka hadapi.

SWOT. Sebagian dari anda pasti pernah mendengar istilah atau konsep ini, namun juga tidak sedikit dari para entrepreneur muda yang melupakan konsep ini sebagai salah satu dari konsep dasar manajerial sebuah unit usaha. SWOT sebagai suatu konsep akan sangatlah membantu anda dalam memberikan sudut pandang-sudut pandang dari segi dan aspek yang berbeda yang dapat anda temui di dalam unit usaha baik itu sebagai peluang maupun ancaman kinerja. Dan dari konsep inilah nanti anda dapat menentukan setiap langkah yang akan anda ambil dalam rangka meningkatkan produktivitas, kinerja, dan profit unit usaha anda. SWOT sendiri pada saat ini tidak hanya digunakan dalam pengembangan unit usaha namun beberapa adaptasi juga telah dilakukan sehingga konsep ini dapat digunakan pula untuk pengembangan kepribadian.

Pengertian SWOT

S.W.O.T menurut sejarah-nya pertama kali diperkenalkan secara luas pada abad 19, lebih tepatnya sekitar tahun 1960, oleh Alberty Humphrey dari Stanford University. Namun, penemu dari konsep fenomenal ini masih belum diketahui secara pasti. S.W.O.T merupakan sebuah metode perencanaan strategis sebuah unit usaha dengan cara mengalisa beberapa faktor guna menciptakan suatu spekulasi bisnis,
Berikut adalah faktor-faktor yang dianalisa adalah:
  • Strengths (S); Kekuatan, merupakan kekuatan dari bisnis yang anda miliki saat ini yang dapat pula menjadi suatu kelebihan dari unit usaha anda dibandingkan unit usaha yang lainnya.
  • Weaknesses (W); Kelemahan, merupakan kelemahan yang dimiliki bisnis anda yang dapat menjadi halangan bagi anda untuk meningkatkan unit usaha anda.
  • Opportunities (O); Peluang, merupakan berbagai bentuk peluang yang anda miliki saat ini dalam meningkatkan unit usaha anda.
  • Threats (T); Ancaman, merupakan segala bentuk ancaman atau rintangan potensial yang dapat anda temui dalam usaha meningkatkan unit usaha anda.


Dimana Strengths dan Weaknesses merupakan faktor internal dari perusahaan, sedangkan Opportunities dan Threats merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi perkembangan perusahaan.

Berikut adalah contoh tabel SWOT Analysis / Tabel Analisa SWOT:



Seperti yang dapat anda lihat dari tabel di atas, Strengths berfungsi sebagai sarana yang dapat anda gunakan untuk mengambil keuntungan dari setiap peluang / Opportunities yang perusahaan anda miliki, guna menghindari segala macam bentuk ancaman / Threats yang ditimbulkan oleh kelemahan / Weaknesses yang dimiliki oleh perusahaan anda.

Bersambung ke SWOT : Pengertian dan Penggunaannya (Part.2)

Oleh : Kevin Wahyono


Related Posts :