Rabu, 25 Januari 2012

Tips dan Ide Meningkatkan Marketing Anda: Part 1

Pernahkah anda merasakan bahwa produk anda kurang diminati masyarakat?

Apakah anda salah satu dari sekian banyak orang yang merasa anda tidak memiliki kemampuan dalam memasarkan produk anda?

Marketing adalah sebuah kegiatan memperkenalkan suatu produk baik itu adalah barang atau jasa kepada khalayak umum sebagai calon pembeli (Buyer) anda dengan tujuan agar tumbuh rasa ketertarikan dari masing-masing individu untuk mengkonsumsi produk yang anda miliki. Bagi sebagian orang marketing adalah hal yang sangat mudah untuk dipelajari namun pada beberapa orang merupakan hal yang sangatlah sulit. Mempelajari marketing secara garis besar adalah mempelajari pasar (Market), dengan mengetahui situasi dan kondisi pasar maka langkah yang akan diambil pun juga akan lebih terarah. Langkah yang terarah serta strategi yang jitu akan sangat menentukan anda dalam memasuki pasar anda sendiri.

Berikut adalah beberapa ide dan tips-tips sederhana untuk meningkatkan marketing produk anda:
  • Keunggulan garansi produk. Produk anda adalah produk yang memiliki garansi? Maka sudah saatnya bagi anda untuk melihat kompetitor utama anda, cari kelemahan dari produk dan sistem garansi yang mereka berikan, lalu buatlah agar sistem pelayanan dan garansi anda menjadi sebuah alasan yang kuat bagi konsumen untuk membeli produk anda, hal ini sering kita sebut sebagai after-sales service. Dengan sistem garansi dan pelayanan after-sales yang baik maka akan sangat mudah bagi anda untuk menunjukkan kepada konsumen keuntungan jangka panjang (long term) bertransaksi dengan anda.
  • Penawaran yang Fleksibel. Harga yang telah ditentukan oleh perusahaan anda hendaknya bersifat fleksibel, berikan bentuk penawaran kepada konsumen anda agar mereka dapat tetap membeli produk anda walaupun pada kenyataannya mereka tidak memiliki dana yang memadai, dengan kata lain , buatlah opsi pembelian yang ramah konsumen.
  • Pengetahuan. Jangan pernah ragu-ragu untuk memberikan sedikit pengetahuan anda tentang produk anda, berikan fasilitas konsultasi dan bagi sedikit pengetahuan kepada konsumen anda dengan tujuan supaya konsumen anda tersebut terdidik untuk membeli barang-barang yang berkualitas seperti produk yang anda tawarkan.
  • Bentuklah tim dengan kompetitor anda. Dengan membentuk suatu wadah asosiasi antara pengusaha dalam lini bisnis yang sama akan menciptakan keuntungan tersendiri bagi masing-masing dari pebisnis, selain itu juga mengurangi animo panas dari kompetisi dan menciptakan track lurus di antara pebisnis untuk tidak saling menjatuhkan.
  • Buatlah spanduk iklan anda menjadi bentuk pertanyaan-pertanyaan. Salah satu ide unik yang dapat anda terapkan dalam marketing produk/usaha anda, dengan mengubah iklan anda menjadi pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan bisnis anda serta memberikan hadiah bagi mereka yang dapat menjawab pertanyaan tersebut diharapkan dapat meningkatkan awareness dari masyarakat akan produk/usaha anda.
  • Gratis. Berikan pada suatu periode sekali produk dan jasa yang anda tawarkan dengan gratis kepada konsumen anda dengan imbalan evaluasi serta testimonial dari para konsumen akan produk dan jasa yang anda tawarkan.


Bersambung ke Tips dan Ide Meningkatkan Marketing Anda: Part 2

Oleh : Kevin Wahyono


Related Posts :