Kamis, 26 Januari 2012

Tips dan Ide Meningkatkan Marketing Anda: Part 2

  • Kombinasi / Bundling. Dengan mengkombinasikan produk-produk anda, seperti produk dan jasa, maka diharapkan akan dapat meningkatkan kepuasan konsumen terhadap anda.
    Sebagai contoh: anda menjual karpet , maka tawarkan pula paket penjualan karpet serta jasa pencucian karpet dan konsultasi dalam satu paket pembelian.
  • Manfaatkan momen. Manfaatkan momen-momen liburan dengan mengeluarkan program-program yang dapat meningkatkan penjualan anda, bahkan hal-hal terkecil sekalipun dapat meningkatkan poin recognition dan respect terhadap bisnis anda.
    Sebagai contoh: adanya beberapa perusahaan yang sering kali mengirimkan bingkisan/parcel pada momen-momen liburan seperti lebaran dan natal.
  • Kegiatan Amal. Tips ini seringkali menjadi pro dan kontra diantara masyarakat, namun memang seperti ini lah adanya bahwa penyertaan kegiatan amal dalam bisnis anda yang memang memiliki daya tarik tersendiri pada diri konsumen anda untuk meningkatkan daya beli mereka kepada produk anda. Bentuk suatu kegiatan amal yang memiliki kemungkinan tinggi bagi konsumen anda untuk ikut serta menjadi sponsor dari acara tersebut.
    Sebagai contoh: dengan setiap pembelian produk anda maka 5% dari keuntungan akan disumbangkan ke yayasan panti asuhan, dsb
  • Kerjasama dengan usaha yang memiliki target market yang sama. Dengan memiliki target market yang sama dan produk yang berbeda maka akan sangat menguntungkan bagi anda untuk menjalin kerjasama untuk meningkatkan penjualan dari masing-masing bisnis/usaha.
  • Usahakan bisnis anda masuk ke dalam berita. Berita sebagai salah satu media penyampaian media massa yang paling efektif bisa menjadi sarana iklan yang paling menguntungkan, bisa dengan cara memberikan sponsor terhadap suatu acara sehingga nama dari bisnis/usaha anda dapat masuk ke dalam berita.
  • Biarkan agar konsumen anda memilih setting harga. Setting harga disini adalah wholesale price dan retail price, dimana anda memberikan pilihan bagi konsumen untuk memilih harga dari produk yang ingin mereka beli, dengan terapkan sistem charge fee bagi mereka yang ingin membeli produk anda dengan harga wholesale yang rata-rata lebih murah daripada retail price.
  • Kalahkah competitor anda dengan memberikan free . Perhatikan dan analisis untuk segala macam layanan (service) dan produk yang diberikan oleh competitor anda kepada konsumen dengan imbalan charge fee, lalu berikan produk dan layanan yang sama kepada konsumen di tempat anda dengan free.
  • Bentuklah tim dengan competitor anda yang lemah. Dengan mempersatukan kekuatan dengan kompetitor-kompetitor lemah di pasar (market) anda maka akan memberikan dampak yang sangat besar terhadap kompetitor pasar anda yang terkuat, seperti yang telah anda ketahui “1000 semut dapat merubuhkan seekor gajah”.
  • Simpan segala ide marketing yang telah anda jalankan. Dengan menyimpan record dari setiap langkah-langkah ide marketing yang anda telah lakukan sebelumnya baik itu yang gagal maupun yang berhasil diharapkan dapat memberikan ide baru dengan mengkombinasi dari setiap ide dan program yang telah anda jalankan tersebut setelah anda mengetahui setiap titik kelemahan dan kelebihan dari ide-ide tersebut.


Masih ada begitu banyak lagi inovasi-inovasi dan ide-ide unik lainnya dalam dunia marketing yang mungkin dapat anda ketahui, pada inti nya adalah kenalilah terlebih dahulu kelebihan dan kelemahan dari produk dan bidang usaha anda dan kompetitor anda, dan begitu pula dengan celah-celah pasar serta karakteristiknya, dengan begitu akan lebih mudah bagi anda untuk menentukan langkah anda. Semangat para entrepreneur Indonesia.

Oleh : Kevin Wahyono


Related Posts :