Rabu, 08 Februari 2012

7 PERSIAPAN WAWANCARA KERJA



Wawancara kerja merupakan bagian kritis dari proses anda diterima di sebuah perusahaan. Jadi persiapkan lah diri anda untuk menghadapi wawancara dengan sebaik-baiknya. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum memasuki ruang wawancara.

1. Cari Tahu Mengenai Perusahaan

Jangan buta mengenai perusahaan yang akan anda lamar. Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya mengenai perusahaan tersebut. Di bidang apa ia bergerak, apa produk yang dihasilkan, siapa pangsa pasarnya, seperti apa posisinya di antara perusahaan lain, dan sebagainya. Selain sebagai bekal anda untuk menghadapi wawancara, informasi tersebut juga penting bagi anda sendiri untuk mengetahui apakah anda akan cocok bekerja di sana atau tidak. Karena sebagaimana orang, setiap perusahaan juga tidak pernah sama.

2. Cari Tahu Mengenai Posisi

Selain mencari tahu mengenai perusahaan, anda juga perlu tahu mengenai posisi yang anda lamar. Apakah di bagian produksi, distribusi, manajemen atau pemasaran. Pastikan anda cukup paham deskripsi pekerjaan dan tugas-tugas apa saja yang akan anda hadapi di posisi yang akan anda lamar. Sesuaikan dengan keahlian yang anda miliki dan siapkan sebagai senjata anda ketika wawancara kerja nanti.

3. Buat CV Secara Spesifik

CV merupakan presentasi awal mengenai diri anda yang akan dibaca oleh pewawancara sebelum berhadapan langsung dengan anda. Jadi siapkan CV anda sebaik mungkin sesuai dengan tuntutan perusahaan. Uraikan semua kelebihan serta kemampuan yang anda miliki dalam pekerjaan yang akan anda jalani. Tak perlu membuat tampilan CV secara berlebihan, cukup ketik secara rapi dan nyaman dibaca.

4. Berlatih Menjawab Pertanyaan

Anda akan kebingungan jika menghadapi pertanyaan bertubi-tubi tanpa persiapan sama sekali. Jadi sebelum memasuki ruang wawancara, berlatih lah terlebih dahulu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang biasanya diajukan. Dengan persiapan yang matang dan jawaban yang telah terstruktur, anda akan lebih percaya diri ketika menjawab pertanyaan dari pewawancara.

5. Perhatikan Penampilan

Penampilan adalah elemen yang penting dalam wawancara, karena ia memberi kesan pertama pada pewawancara mengenai diri anda. Gunakan pakaian yang rapi sesuai kebiasaan di perusahaan. Tak perlu memakai make up atau parfum berlebihan, yang terpenting adalah kebersihan dan kerapian pakaian anda. Perhatikan pula kebersihan diri anda seperti mulut, rambut, kuku dan sebagainya. Meski merupakan hal kecil, pewawancara dapat menilai berbeda jika melihat rambut anda kusut atau kuku anda kotor.

6. Datang Tepat Waktu

Jangan pernah terlambat, karena perusahaan sibuk dan bukan cuma anda yang akan diwawancara. Datang tepat waktu menunjukkan komitmen awal yang baik serta kedisiplinan anda. Lebih baik datang setengah jam lebih awal daripada terlambat lima menit, karena beberapa perusahaan sangat ketat soal waktu. Datang lebih awal juga membuat anda dapat mempersiapkan lebih banyak hal, termasuk beberapa hal tak terduga yang mungkin baru anda ketahui ketika sampai di kantor.

7. Tetap Tenang

Persiapan terakhir adalah dengan membuat diri anda setenang dan serileks mungkin. Tak perlu panik, hadapi lah wawancara sebagai sebuah proses wajar anda ketika memasuki sebuah perusahaan. Jika ini wawancara pertama anda, mungkin anda dapat mengobrol dengan beberapa rekan yang sudah berpengalaman mengenai seperti apa situasi di ruang wawancara. Yang jelas, tidak akan ada monster atau hantu yang akan menakut-nakuti anda di dalam ruangan. Jadi buat lah diri anda santai, dan pasang lah selalu senyum di wajah anda.

Selamat mengikuti wawancara dan semoga sukses!

Oleh : Lari Pagi


Related Posts :