Jumat, 10 Februari 2012

Kontroversi Adopsi dan Membeli pada Anjing : Part 2

Berikut adalah berbagai macam bentuk tindakan eksploitasi yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab terhadap anjing-anjing malang tersebut:
  • Teacup and Mini-toy Breed. Merupakan salah satu bentuk perusakan terhadap fisik dari seekor anjing yang dilakukan sang breeder demi memenuhi permintaan pasar akan seekor anjing dengan ukuran yang sangat mini bahkan dapat masuk ke dalam kantong baju. Salah satu cara yang dipergunakan oleh para breeder tersebut untuk menghasilkan anjing dengan bentuk fisik seperti ini adalah dengan cara memaksakan kelahiran dari anak anjing tersebut yang masih jauh dari tanggal kelahiran seharusnya sehingga sebenarnya yang terjadi di sini adalah pembentukan struktur tubuh yang belum sempurna menyebabkan ukuran tubuh mereka menjadi kecil, struktur tubuh yang belum terbentuk sempurna bukan hanya terjadi pada struktur tubuh luar namun juga organ dalam tubuh mereka sehingga akan dapat dengan mudah anda temukan anjing-anjing dengan ukuran tubuh seperti ini tidak dapat bertahan hidup dengan lama (hanya sekitar 4-6 tahun, dimana umur anjing seharusnya bisa jauh lebih dari itu) karena gangguan organ dalam seperti gagal jantung dan gangguan pernapasan (respiratory).
  • Mini Breed. Salah satu dari kasus ini menyangkut pada jenis anjing Mini Pomeranian. Kasus ini sudah sering dapat anda dengar bahwa untuk mendapatkan hasil anjing dengan turunan seperti ini, para breeder sebenarnya melakukan pengrusakan melalui asupan gizi para anjing tersebut, salah satunya dengan membatasi makanan yang mereka makan dengan tujuan mengurangi asupan gizi sehingga pertumbuhan tubuh dari anjing tersebut akan terhambat, serta mencampurkan alkohol dalam minuman anjing-anjing tersebut. Tidak jarang dapat anda temui di sekitar anda beberapa orang yang membeli Mini Pomeranian setelah diberikan perawatan yang baik dengan asupan gizi yang baik maka tubuh mereka pun akan membesar, sehingga para pembeli tersebut merasa tertipu setelah sekian lama.


Masih akan ada begitu banyak lagi kasus yang dapat anda temui. Seiring dengan semakin banyaknya tingkat demand anda sebagai seorang doglovers untuk membeli seekor anjing maka akan semakin tinggi pula tingkat penderitaan dari seekor anjing. Dimana akan sangat mudah bagi anda untuk menjual atau membuang anjing anda kapanpun di saat anda sudah bosan dan menginginkan anjing yang lain. Adopsi sebagai salah satu langkah yang paling baik untuk menekan tingkat pembelian terhadap anjing, dengan anda mengambil langkah adopsi maka semakin sedikit kuantitas anjing yang dibeli dan anjing-anjing yang berada di jalanan pun sendiri juga akan berkurang karena anda dapat memberikan perhatian khusus bagi mereka sekaligus rumah.

Anjing memiliki hati seperti manusia. Mereka mengerti apa yang anda rasakan, tidak sedikit anda dapat temui cerita tentang bagaimana seekor anjing berjuang untuk majikannya. Sudah saatnya bagi anda untuk mulai membuka lembaran yang lebih baik lagi dengan anjing anda. Anda merasa tidak mampu mengurus anjing anda? Lebih baik anda hibahkan saja untuk diadopsi oleh doglovers yang lainnya yang lebih memiliki kemampuan untuk membahagiakan anjing anda tersebut, perlakukan mereka selayaknya anda memperlakukan anak anda sendiri. Sebagai seorang doglovers sejati anjing adalah salah satu belahan jiwa anda. Stop Buying Start Adopting.

Oleh : Kevin Wahyono


Related Posts :