Rabu, 08 Februari 2012

Strategi Penetapan Harga : Pendekatan dan Strategi (Part 3)

  • Predatory Pricing. Strategi dimana anda menetapkan harga anda berada jauh dibawah harga pasar serta jauh di bawah cost yang anda hasilkan untuk sebuah produk. Strategi ini bertujuan untuk mematikan gerak dari kompetitor anda dan mengurangi kompetisi pada pasar yang menjadikan harga sebagai faktor utama pertimbangan konsumen dalam tingkat permintaan terhadap suatu produk. Strategi ini dianggap illegal bagi para pebisnis disebabkan karena dengan menggunakan strategi ini maka harga yang anda tetapkan akan sangat merusak pasar dari produk yang anda tawarkan serta tingkat kerugian yang akan diderita baik dari sisi anda maupun kompetitor anda pun akan sangat tinggi. Beberapa pebisnis masih menggunakan strategi ini dengan tujuan untuk ‘membunuh’ kompetitor bisnis mereka. Strategi ini sangat tidak dianjurkan bagi anda untuk dipergunakan.
  • Pshycological Pricing. Sebuah strategi yang menjadikan faktor psikologi dari konsumen sebagai faktor acuan dalam penetapan harga. Pernahkah anda temui dalam sebuah minimarket atau sebuah toko memasang label harga dengan angka yang tidak umum pada produk mereka seperti Rp 10.365,00 ? Sementara anda ketahui bahwa negara kita tidak mengeluarkan pecahan mata uang 65 rupiah, ini adalah salah satu dari Pshycological Pricing Strategy. Strategi ini bertujuan untuk mendobrak persepsi batasan harga yang dimiliki oleh konsumen, dengan menetapkan harga Rp 99,- maka konsumen yang menganggap bahwa Rp 100,- adalah harga yang mahal akan menganggap bahwa harga yang anda tawarkan lebih murah. Bahkan pada beberapa kasus, para pebisnis membulatkan angka tersebut pada akumulasi total perhitungan transaksi. Strategi inilah yang sering menjadi kontroversi diantara konsumen sebagai suatu bentuk kecurangan dari para pebisnis terutama minimarket.


Competitor-Based Pricing. Sebuah strategi yang menggunakan kompetitor anda sebagai acuan strategi penetapan harga. Pada sebuah pasar yang dimana kompetitor anda berjumlah sangat banyak dan masing-masing memiliki kekuatan dan kedudukan di dalam pasar seringkali membuat anda kesulitan untuk bersaing, maka dari itu salah satu strategi yang dapat anda gunakan adalah menetapkan harga yang sama dengan kompetitor anda. Keuntungan dari strategi ini adalah dengan harga anda yang sesuai dengan rata-rata harga pasar maka anda memiliki potensi yang hampir sama dengan kompetitor anda di dalam pasar serta menjaga hubungan anda dengan para kompetitor anda (seringkali para pebisnis yang menggunakan strategi ini membentuk aliansi dengan para kompetitor mereka). Strategi ini akan lebih memacu anda untuk menciptakan daya tarik tersendiri dari bisnis anda sehingga akan tumbuh nilai plus dari produk dan perusahaan anda di mata konsumen.

Mengetahui metode dan strategi dasar dari penetapan harga ini akan sangat penting bagi anda untuk menghadapi beberapa kesulitan di dalam pasar yang mungkin akan anda temui mengingat pesaing dan pelaku pasar juga akan semakin banyak. Jangan pernah berhenti belajar dan teruslah berkembang. Maju terus Entrepreneur Indonesia.

Oleh : Kevin Wahyono


Related Posts :