Jumat, 15 Juni 2012

Abramovich Kontrak Di Matteo

Gagal mendatangkan Pep Guardiola ke Stamford Bridge, Roman Abramovich akhirnya mengontrak Roberto Di Matteo, sebagai pelatih tetap Chelsea dengan durasi kontrak dua tahun. Sukses memboyong trofi Liga Champions dan Piala FA menjadi alas an utama Taipan Rusia itu meningkatkan status pria berkebangsaan Italia. Dengan ditetapkannya Di Matteo sebagai pelatih Chelsea, teka-teki, sudah terjawab. Pasalnya, selama perjuangan The Blues, julukan Chelsea menatap prestasi, beredar rumor, Abramovich akan mendatangkan Didier Dechamps ke Stamford Bridge. Tapi, setelah Pep, menyatakan mundur sebagai pelatih Barcelona, Abramovich langsung merapat dan langsung menyodorkan angka. Bahkan terakhir nama Fabio Capello yang akan menukangi Chelsea.

Munculnya rumor itu tak membuat Di Matteo goyah. Ia tetap tekun dan serius menangani Frank Lampard dkk. Perjalanan Chelsea pun di Liga Domestik dan Liga Champions menunjukkan grafik peningkatan. Di tangan Di Matteo The Blues sukses menerobos partai puncak Piala FA dan Liga Champions. Bahkan sampai trofi Liga Champions diboyong ke Stamford Bridge masih belum ada tanda-tanda Di Matteo bakal naik pangkat. Abramovich dan para pembantu masih terus berburu Pep Guardiola. Bahkan banyak sumber dekat di sekitar Abramovich dan Pep menyatakan mantan pelatih Barcelona itu bakal merapat ke Chelsea. Tapi, faktanya Pep memang tak lagi menangani klub manapun. Ia ingin berisitrahat selama satu tahun.

Ditetapkannya Di Matteo sebagai pelatih tetap Chelsea tidaklah mengejutkan . Di Matteo bukan juga orang baru di Chelsea. Sebelum ditunjuk sebagai asisten pelatih Chelsea di era Adree Villa-Boas, ia juga pernah bergabung dengan tim asal London sebagai pemain. Bahkan pada 2004, saat Abramovich mengambil alih Chelsea, ia masih dalam skuad. Setelah pegusaha asal Rusia ini menunjuk Jose Mourinho yang sukses membesut FC Porto dan membawanya menjadi juara Champions 2003/2004, Di Matteo hengkang. Pemilihan pelatih berkebangsaan Portugal itu sangat tepat. Di tangan The Special One ini prestasi Chelsea cukup mengkilap, meski belum pernah menjuarai Liga Champions. Sedangkan karier Di Matteo sebagai pelatih cukup sukses. Pelatih berusia 43 tahun ini sukses mengangkat Chelsea dari keterpurukan di Premier League (Liga Inggris).

Abramovich, merupakan orang yang penuh ambisi. Ia ingin menjadikan Chelsea sebagai tim yang bias disejajarkan seterunya Machester United, Barcelona, dan Real Madrid. Ia juga tak segan-segan merogoh koceknya untuk membeli pemain berkelas. Apalagi sebagian punggawa The Blues telah memasuki usia senja yang prestasinya sudah sulit untuk ditingkatkan. Ia juga berjanji akan mendukung penuh Di Matteo mendatangkan pemain yang diinginkan. Di lain pihak Di Matteo akan segera membangun Chelsea menjadi kekutan baru di dunia. Tapi, dia tak ingin asal membeli pemain. Di Metteo hanya ingin pemain yang sesuai dengan kebutuhan. Saat ini baru dua pemain yang telah bergabung dengan The Blues Eden Hazard dan Marko Marin.

Selain memboyong dua gelar—Piala FA dan Liga Champion-- di musim kompetisi 2011-2012, Chelsea hanya menduduki peringkat 6 di Liga Inggris. Untuk tahun ini , tugas Chelsea menambah satu tugas lagi, selain tampil di kompetisi regular dan Liga Champions, Lampard dkk juga harus tampil di Kejuaraan Dunia Antarklub. Abramovich sangat berkeinginan Di Matteo melengkapi gelar Chelsea selain menjadi juara Liga Inggris, mempertahankan Liga Champions, Piala Dunia Antarklub juga harus bias diboyong ke Stamford Brigde.

Oleh : Sampurno hernugroho


Related Posts :