Rabu, 13 Juni 2012

Bisnis Tanpa Modal, Mungkinkah? Part. 1

“Mulailah bisnis tanpa modal!”, “Bisnis tanpa modal 100000% gratis.tis.tis!”, “Mau usaha nggak punya modal? Disini Gratis!”, “Ngapain susah? Sekarang zamannya bisnis tanpa modal. Click Disini!”, “Modal pas-pas an tapi pengen punya usaha, buruan clik di mari”, “Dijual e-book Sakti Tips Membuat Bisnis Tanpa Modal”.. dan sebagainya. Bahkan ada yang ekstrim seperti “Sukses Tanpa Modal”.

Anda pasti pernah mendengar header-header iklan tersebut, bukan?

Bahkan setiap anda memasuki situs-situs jejaring sosial, situs-situs berbasis komunitas, situs-situs Jual-Beli, dan situs-situs lainnya, hampir di setiap situs baik yang telah memiliki rating tinggi maupun yang masih be-rating rendah, pasti anda dapat menemui header-header iklan dan tawaran-tawaran produk yang menawarkan bisnis online “Tanpa Modal” ini. Berbagai macam E-book bisnis dan bahkan buku-buku real / fisik bertemakan memulai bisnis tanpa modal pun banyak sekali beredar di pasar, dan tidak sedikit pula orang-orang yang tertarik untuk membeli produk-produk buku atau E-book ini. Pertanyaan penting-nya di sini adalah, “Is That True?”. Apakah mungkin ada cara-cara khusus untuk memulai suatu bisnis tanpa “Modal”? Apakah bisa seorang pebisnis menjadi sukses tanpa menggunakan sedikitpun “modal”?

Modal, definisi / arti yang selama ini mungkin anda sering pelajari adalah sebuah instrument dapat berupa uang ataupun barang yang berfungsi sebagai media penghasil barang baru / produk baru / produk jadi yang dapat memberikan penghasilan financial (Baca: Definisi dalam konsep ekonomi). Dan masih akan anda temukan berbagai macam bentuk definisi Modal dalam konsep ekonomi investasi, dan konsep ekonomi lainnya, dan juga konsep selain ekonomi lainnya. Pertanyaannya adalah, apakah hal ini sudah benar?

Jawabannya adalah Belum seluruhnya benar.

Modal dalam artian umum yang memiliki cakupan lebih luas sebenarnya adalah segala sesuatu yang anda miliki yang berfungsi sebagai penunjang kemampuan financial, sebagai penunjang pencapaian dalam meraih penghasilan baik financial maupun di luar struktur financial. So, Modal bukan hanya berbicara tentang uang maupun barang, namun juga akhlak, pikiran,dan masih banyak yang lainnya bahkan tubuh sekalipun juga merupakan modal/capital/assets yang sebagian dapat dinilai dengan uang dan sebagian tidak dapat.

Kesalahan Persepsi, pola pikir, dan mindset. Seringkali orang atau publik masyarakat luas salah menafsirkan prinsip “Tanpa Modal” yang sebenarnya. Kebanyakan dari berbagai lapisan masyarakat berpikir bahwa memulai bisnis “Tanpa Modal” hanya terbatas pada persepsi ekonomis yaitu memulai bisnis tanpa menggunakan UANG. Hal inilah yang menyebabkan begitu banyak sekali e-book yang diluncurkan dan berbagai macam bentuk seminar dan media penyampaian lainnya mengenai memulai bisnis “tanpa modal” ini tidak dapat di-implementasikan secara maksimal oleh masyarakat luas atau publik, dan berakhir di “tempat sampah”.

Oleh : Kevin Wahyono


Related Posts :