Kamis, 14 Juni 2012

Bisnis Tanpa Modal, Mungkinkah? Part. 2

Lalu, apakah anda masih berpikir bahwa memulai bisnis tanpa “MODAL” itu memang dapat dilakukan? Apabila yang anda maksud adalah “Modal” dalam artian ekonomis pada umumnya yang mengacu kepada uang (Money-oriented), hal tersebut memang masih mungkin untuk dilakukan, namun apabila anda melihat istilah “Modal” dalam artian atau makna yang lain maka hal tersebut sangat tidak mungkin bagi anda untuk dapat mewujudkannya. Berbisnis tanpa menggunakan “Modal” sama sekali adalah langkah yang salah dalam memulai suatu bisnis. Penasaran bukan?

Mari kita kupas satu persatu aspek-aspek yang membuat pola pikir Membangun Bisnis Tanpa “Modal” ini menjadi tidak relevan atau tidak mungkin untuk dilakukan:

Attitude dan Pola Pikir (Mindset) sebagai salah satu modal meraih kesuksesan. Apakah yang terlintas di pikiran anda setelah membaca kalimat tebal (Baca: Bold) ini? Iya, Attitude atau sikap atau tingkah laku dan pola pikir atau mindset memang sangat mempengaruhi kesuksesan anda di dalam memulai suatu bisnis. Mengapa? Dapat anda ketahui seorang yang sukses memiliki tingkah laku dan pola pikir selayaknya orang sukses. Tidak mungkin kan anda menjadi seorang nelayan dengan pola pikir dan sikap atau attitude seperti seorang petani, anda menggunakan kail, pancing, dan umpan untuk mencari nafkah sebagai seorang nelayan bukan menggunakan cangkul kan pastinya.

Apakah yang membedakan pola pikir antara orang yang layak sukses dan orang yang “belum” layak sukses? Orang yang memiliki pola pikir dan attitude layak sukses adalah orang yang tidak hanya melihat seluruh struktur segi bisnis melalui kacamata UANG. Bisnis dibentuk dari sekian banyak aspek dan segi yang kompleks, uang hanyalah salah satu media pencapaian bukan keseluruhan dari media pencapaian kesuksesan tersebut. Pergeseran pola pikir dari “Money-oriented Mind” yang konvensional yaitu tentang bagaimana mendapatkan uang itulah merupakan kunci dari orang sukses dalam bisnis. Sebagai contoh, seseorang yang sudah mendapatkan teknik menghasilkan uang tanpa menggunakan uang, namun dia memiliki pola pikir untuk mendapatkan uang dengan cara yang mudah bahkan hanya sambil duduk, well, it’s not enough and it won’t work at all. Setting awal dari sebuah bisnis adalah kunci dari pencapaian passive income yang bersifat massive, setting awal yang kuat dibangun dengan “Modal” yang kuat , bukan hanya dengan uang. Namun dengan berbagai macam aspek bisnis lainnya, termasuk di dalamnya adalah pola pikir dan attitude. Seorang pebisnis dapat dinyatakan bekerja secara maksimal dilihat dari effort yang diberikan olehnya, mengingat bahwa sebuah target maksimal hanya dapat dicapai apabila effort yang diberikan oleh seseorang berada pada titik maksimal. So, masihkah anda berpikir dari aspek attitude dan mindset yang perlu dibangun dalam membangun sebuah bisnis berarti anda mampu memulai bisnis tanpa “Modal”?

Oleh :Kevin Wahyono


Related Posts :