Jumat, 08 Juni 2012

Cara Mudah untuk Berbicara Di Depan Umum. Part 2.

  • Ucapan. Perhatikan ucapan Anda sendiri. Pilihan kata dan intonasi yang tepat akan membuat Anda tampil penuh pecaya diri. Perkataan apapun yang Anda ucapkan dapat mempengaruhi perasaan dan tingkat animo audience. Jika Anda mengatakan sebuah perkataan (pertanyaan maupun pernyataan) dengan intonasi yang terlalu tinggi atau menggunakan pilihan bahasa yang bersifat menyudutkan pihak tertentu, Anda dapat melukai pihak tertentu tanpa sadar. Risikonya tentu lebih besar karena Anda sedang berbicara di depan umum. Namun, 1 hal yang perlu anda ingat bahwa pemilihan kata serta intonasi tertentu memang dapat anda gunakan di saat tertentu dengan efek yang berbeda. Sebagai contoh:

    Apabila anda menggunakan nada atau intonasi yang selalu tinggi, maka audience anda akan merasa malas untuk mendengarkan atau memberikan perhatian terhadap setiap perkataan anda disebabkan karena efek yang diberikan monotone, namun dengan menggabungkan intonasi antara tinggi dan rendah di momen-momen tertentu akan memberikan efek peningkatan terhadap animo dan atensi dari audience.
    • TIPS : Anda dapat sebelumnya melakukan praktik berbicara di depan cermin untuk melihat penampilan Anda sendiri saat menyampaikan topik tertentu. Anda juga menentukan bahasa tubuh yang tepat untuk menekankan informasi atau pesan yang ingin Anda sampaikan. Anda juga dapat meminta salah satu anggota keluarga anda untuk menjadi audience anda selama berlatih untuk mendapatkan feedback mengenai penampilan anda. Pembicara yang baik harus bisa menyesuaikan gesture sehingga pendengar tidak mudah berasa bosan.

  • Penampilan. DON’T JUDGE BOOK BY IT’S COVER! Anda pasti pernah mendengar kata-kata ini, apakah anda merasa bahwa perkataan ini benar? Ternyata tidak seluruhnya. Penampilan sangat mempengaruhi kepercayaan diri. Orang yang berpenampilan baik dapat tampil dengan penuh percaya diri. Bayangkan saja apabila penampilan Anda acak-acakan dan tidak tertata, tentu Anda akan merasa tidak nyaman dengan diri Anda sendiri. Ketidak-nyamanan itulah yang nantinya akan berakibat bagi Anda tidak bisa berbicara dengan penuh percaya diri di hadapan orang banyak. Well, mungkin saja anda sering melihat di luar begitu banyak pembicara-pembicara terkenal yang berpenampilan ekstrim bahkan di luar nalar dalam setiap penyampaian materinya, namun tetap saja bahwa penampilan yang baik selalu mempunya nilai plus dalam penyampaian ide maupun pikiran anda agar lebih dapat diterima oleh masyarakat luas.
  • TIPS : Ada banyak cara untuk menjaga penampilan Anda supaya tetap menarik. Anda tidak perlu menghabiskan uang banyak untuk perawatan diri dan membeli baju mahal. Cukup dengan penampilan sederhana dan rapi baju berkerah, celana panjang, dan sepatu adalah pilihan terbaik bagi seorang pembicara. Perhatikan juga selain tata cara berbusana juga penampilan fisik anda. Penampilan tidak perlu terlalu memukau karena apa yang ingin Anda sampaikan jauh lebih penting daripada penampilan Anda.


Tentu saja artikel ini hanya memberikan gambaran umum permasalahan dan tips yang dapat anda gunakan. Selalu ingat persiapan yang matang adalah modal awal menuju langkah sukses. Plan, Action, and Success.

Oleh : Kevin Wahyono


Related Posts :