Selasa, 19 Juni 2012

Dampak Teknologi terhadap Manusia Part.1

Teknologi sudah menjadi kebutuhan setiap orang di dunia ini. Mereka membutuhkan teknologi untuk mempermudah hidupnya dan memperlancar semua kepentingan. Teknologi diciptakan karena manusia membutuhkan solusi atas permasalah yang mereka hadapi. Manusia adalah makhluk yang terus berkembang karena mereka memiliki hasrat, nafsu, dan kebutuhan yang begitu kompleks. Semua teknologi diciptakan untuk kepentingan manusia. Seiring dengan berkembangnya teknologi, kehidupan manusia juga menjadi semakin kompleks. Kebutuhan mereka juga terus berkembang, dan mereka tidak segan-segan menuntut sesuatu yang lebih dalam kehidupan ini. Teknologi tidak mungkin berkembang pesat tanpa adanya kebutuhan manusia yang begitu besar. Kita sekarang hidup di era modern dimana teknologi berkembang begitu pesat dan kehidupan manusia menjadi sangat kompleks. Namun, teknologi tidak selalu digunakan dengan baik. Teknologi yang mempermudah kehidupan manusia berubah menjadi malapetaka yang membunuh jutaan nyawa dan merusak lingkungan hidup. Teknologi tidak selalu “berwajah manis” karena teknologi bisa membawa bencana terbesar dalam kehidupan umat manusia.

Teknologi tidak selalu berdampak positif terhadap kehidupan manusia. Baik buruknya teknologi ditentukan oleh manusia yang menggunakan teknologi tersebut. Teknologi bisa mendatangkan kerugian dan bencana jika tidak dikelola dengan baik. Teknologi apapun harus digunakan secara bijak demi kepentingan umat manusia. Kehadiran penemuan baru selalu membawa perubahan dalam kehidupan manusia. Namun, perubahan tersebut menjadi tidak berarti jika manusia tidak bisa menikmati kehidupan yang lebih baik. Nilai teknologi ditentukan oleh seberapa besar manfaat teknologi tersebut dalam memenuhi kebutuhan manusia.

Teknologi Sebagai Pembunuh Massal Manusia

Teknologi pada awalnya diciptakan untuk menjadi “budak manusia” karena teknologi ada untuk melayani semua kebutuhan manusia. Namun, teknologi berubah menjadi pembunuh yang tidak segan-segan menghabisi jutaan nyawa. Teknologi mempunyai dua sisi berbeda. Masing-masing sisi membawa manfaat dan bencana. Bom atom adalah salah satu teknologi paling mengerikan yang diciptakan manusia. Teknologi ini mampu menjadi senjata pemusnah massal yang membunuh jutaan nyawa dalam sekejap. Perang Dunia II adalah salah satu peristiwa paling terburuk dalam sejarah umat manusia. Perang ini membunuh jutaan nyawa tanpa tujuan yang jelas. Selain itu, kota Hiroshima dan Nagasaki harus menjadi tumbal demi ambisi manusia serakah yang tidak ingin menguasai dunia dengan senjata nuklir. Bom atom adalah salah satu penyalahgunaan teknologi yang paling fatal karena bom ini mampu membunuh jutaan manusia dalam waktu singkat. Bom atom dihasilkan oleh energi nuklir yang mampu memberikan energi yang berpotensi luar biasa. Selain itu, perang juga memicu perkembangan teknologi. Sejak manusia mulai mengenal perang, teknologi dikembangakan untuk mempermudah tentara menaklukkan lawannya di medan perang. Teknologi akan menjadi bencana besar jika digunakan untuk kepentingan perang. Tidak menutup kemungkinan dunia ini akan berakhir dengan ledakan bom nuklir.

Energi nuklir seharusnya digunakan untuk mencukupi kebutuhan manusia yang begitu kompleks, bukannya menghabisi nyawa jutaan orang. Kebutuhan manusia terhadap energi memang sanagt besar. Pabrik-pabrik besar di seluruh penjuru dunia membutuhkan pasokan energi yang besar untuk mendukung proses produksinya. Perumahan biasa juga membutuhkan energi untuk aktivitas sehari-hari. Energi dari bahan bakar fosil tidak seefektif energi nuklir. Bahan bakar fosil tidak bisa diperbaharui, dan energi ini semakin lama semakin mahal. Harga minyak terus melambung, dan kebutuhan manusia terhadap energi semakin besar. Energi nuklir adalah salah satu alternatif paling menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan ini. Oleh karena itu, banyak negara mulai mengembangkan reaktor nuklir untuk memberikan sumber energi baru yang menghidupi miliaran manusia di bumi ini.

Oleh : Kevin Wahyono


Related Posts :