Rabu, 27 Juni 2012

Keuntungan dan Kerugian Globalisasi bagi Bangsa Indonesia Part. 3

(Lanjutan dari Keuntungan Globalisasi Bagi Indonesia)

Era globalisasi menawarkan peluang tak terbatas bagi Indonesia untuk mengelola potensi luar bisa tersebut. Potensi tersebut bisa memajukan kebudayaan, perekonomian, dan kemakmuran seluruh rakyat. Tidak bisa dipungkiri, era globalisasi bisa membawa pengaruh besar bagi Indonesia, terutama dalam bidang ekonomi.

Dengan adanya globalisasi ekonomi, Indonesia bisa lebih leluasa menawarkan potensi yang mereka miliki. Peluang pasar terbuka lebar untuk semua negara di dunia. Hanya negara yang memanfaatkan peluang tersebut yang bisa memenangkan persaingan pasar ini. Peluang ini bisa menjadi stimulus khusus bagi berkembangnya produksi dalam negeri. Para pemilik UKM bisa mengenalkan produk unik yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia kepada negara lain di seluruh penjuru dunia. Peluang luar biasa ini bisa menjadi kekuatan besar bagi pengusaha swasta untuk memajukan usahanya sampai ke luar negeri. Kita sudah sering menyimak banyak berita yang mengabarkan kesuksesan pengusaha Indonesia dalam memasarkan produknya sampai ke berbagai negara. Indonesia juga bisa menjual potensi alamnya kepada negara lain yang membutuhkan. Potensi alam yang luar biasa ini belum tentu dimiliki oleh negara lain. Indonesia mempunyai tanah yang sangat luas untuk bercocok tanam dan lautan yang sangat luas untuk menangkap ikan. Potensi tersebut bisa memakmurkan rakyat dan mempercepat pertumbuhan ekonomi jika dikelola dengan baik. Setelah memasuki persaingan pasar yang cukup kompetitif, Indonesia bisa meningkatkan kemakmuran rakyatnya. Sebagai salah satu produsen raksasa yang memanfaatkan potensi alam melimpah, Indonesia mempunyai peluang besar untuk memenangkan persaingan global.

Globalisasi tidak hanya dimanfaatkan oleh produsen atau pengusaha. Konsumen juga diuntungkan dari persaingan global ini. Mereka bisa mendapatkan berbagai produk atau jasa dari seluruh penjuru dunia dengan berbagai pilihan yang menarik dan harga yang cukup kompetitif. Sebagai bangsa yang besar dengan rakyar berjumlah ratusan juga, Indonesia juga memiliki kebutuhan dalam skala besar. Setiap orang mempunyai kebutuhan tersendiri untuk mempertahankan hidupnya atau mencapai sesuatu yang diinginkannya. Konsumen bisa mendapatkan berbagai pilhan produk yang ada di pasar karena setiap negara bisa menawarkan produk unggulan mereka ke berbagai pasar di seluruh penjuru dunia. Kita bisa mengakses situs terkenal seperti Ebay atau Amazon dan menemukan berbagai produk menarik yang diproduksi berbagai negara. Produk-produk tersebut dijual dengan kualias dan harga yang cukup kompetitif. Persaingan global menuntut setiap produsen untuk menciptakan produk dengan kualitas terbaik dan harga kompetitif untuk menarik hati konsumen dan memenangkan bisnis. Indonesia bisa mengimpor barang apapun yang dibutuhkan dengan mudah.

Mobilitas investasi juga dipicu oleh globalisasi. Investor asing bisa turut menamkan modalnya di Indonesia karena mereka melihat begitu besarnya potensi yang dimiliki negara ini. Mereka bisa menginvestasikan modal dan pertumbuhan ekonomi negara ini bisa dipicu secara cepat. Dengan adanya globalisa yang menuntut integrasi perekonomian seluruh negara di dunia ini, setiap negara bisa bekerja sama dengan prinsip saling menguntungkan. Indonesia sudah pasti bisa menarik investor asing dengan mudah karena kita mempunyai potensi tak terbatas.

Globalisasi bisa menjadi kesempatan emas bagi Indonesia untuk mengenalkan potensi budayanya. Tidak seperti negara lain, Indonesia memilik beragam kebudayaan yang meliputi pakaian adat, lagu tradisional, rumah adat, dan bahasa. Setiap budaya yang tumbuh di Indonesia menjadi satu kesatuan yang membuat bangsa ini utuh. Budaya Indonesia bisa menarik minat wisatawan asing untuk berkunjung. Kehadiran turis asing bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Oleh : Kevin Wahyono


Related Posts :