Rabu, 06 Juni 2012

Mendapatkan Apapun yang Anda Inginkan dalam Hidup

Pernahkah anda menginginkan sesuatu dan anda merasa sangat sulit untuk mendapatkannya?

Apakah anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang bertepuk sebelah tangan karena menganggap cita-cita, mimpi, dan impian mereka adalah hanya sebuah omong kosong yang tidak mungkin diraih?

Setiap orang di dunia ini pasti mempunyai cita-cita atau tujuan yang ingin diwujudkan. Namun, keinginan tersebut tidak akan pernah menjadi nyata tanpa disertai usaha. Impian bisa menjadi kenyataan hanya jika Anda melakukan tindakan tertentu untuk mencapai impian tersebut. Selain itu, proses yang kita lalui untuk meraihnya juga bisa cukup lama. Anda bisa mendapatkan apapun yang Anda inginkan selama Anda mengetahui cara yang tepat untuk mewujudkannya. Seperti kata sebuah pepatah Cina yaitu “Gantunglah cita-cita mu setinggi langit, sehingga pada saat tidak tercapai pun kamu masih bisa menyentuh puncak gunung”, merupakan sebuah pepatah yang tepat sekali untuk menggambarkan impian anda, namun satu hal yang perlu anda ingat, menggapai sesuatu tanpa mengetahui cara yang harus ditempuh adalah sebuah tindakan yang tidak bijaksana. Berikut adalah sedikit tips yang dapat anda gunakan sebagai landasan pola pikir anda dalam mencapai impian anda:

  • Tujuan yang jelas adalah syarat utama dan pertama untuk mencapai impian Anda. Jika Anda tidak mempunyai tujuan spesifik yang ingin Anda raih dalam hidup ini, Anda tidak akan pernah mendapatkannya. Sebelum Anda mulai bertindak atau melakukan apapun untuk impian Anda, pastikan tujuan yang Anda inginkan itu benar-benar jelas dan spesifik. Contohnya, jika Anda ingin membeli mobil mewah, Anda harus menetapkan jenis mobil apa yang ingin Anda miliki dan kapan Anda bisa memilikinya. Salah satu tujuan yang spesifik adalah: “Saya ingin membeli mobil mewah BMW pada tahun 2017.” Dengan adanya tujuan yang jelas tersebut, Anda bisa lebih mantap melangkah untuk mencapai impian Anda. Tujuan yang tidak spesifik hanya akan membuat pikiran Anda tidak terfokus. Contohnya, Anda berkata pada diri Anda sendiri “Saya ingin bangun pagi.” Apa yang terjadi? Otak Anda tidak akan merespon perintah itu dengan baik karena Anda tidak menyatakan jam berapa Anda ingin bangun. Akibatnya, Anda bisa bangun terlalu pagi atau malah bangun kesiangan.

  • Bayangkan kenikmatan apa saja yang bisa Anda miliki jika Anda mencapai tujuan tertentu dalam hidup ini. Seorang pakar dalam bidang pengembangan diri berpendapat bahwa otak kita memang dirancang secara khusus untuk mengejar kenikmatan tertentu. Jika otak kita diiming-imingi oleh kenikmatan (kenikmatan yang bisa dirasakan dengan panca indera kita), otak kita akan meresponnya dengan mudah. Jika Anda ingin memiliki mobil mewah, bayangkan kenikmatan apa saja yang bisa Anda miliki dari mobil tersebut.

  • Bayangkan kesengsaraan yang Anda harus tanggung jika Anda tidak mencapai tujuan tertentu. Otak kita tidak hanya tertarik kepada kenikmatan. Otak justru lebih merespon kesengsaraan daripada kenikmatan itu sendiri. Otak manusia cenderung menghindari kesengsaraan. Jika kesengsaraan itu benar-benar jelas, otak kita bisa meresponnya lebih baik.


Pola pikir di atas hanya berguna untuk meningkatkan fokus Anda dalam mencapai tujuan. Jika Anda sudah bisa menetapkan tujuan yang spesifik dan mengetahui segala konsekuensi dari tujuan tersebut, Anda bisa mewujudkan tujuan Anda dengan lebih mantap. Tujuan tidak mungkin bisa diwujudkan tanpa tindakan. Tanpa tindakan, ilmu Anda juga tidak akan berarti. Tanpa tindakan, Anda tidak bisa mendapatkan apapun dalam hidup ini. Learn, Think, and Action.

Oleh : Kevin Wahyono


Related Posts :