Kamis, 21 Juni 2012

PERAN BAHASA DALAM PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN Part.1

Bahasa adalah sebuah hasil peradaban dari sosialisasi manusia di dalamnya, yang lantas berperan penting dalam mendorong terbentuknya sebuah kebudayaan. Makalah ini saya buat berdasarkan latar belakang yang tercantum pada bagian pendahuluan, dan bertujuan untuk menghapus penggiringan opini masyarakat yang cenderung meminorkan peran bahasa dalam perkembangan kebudayaan. Bahwa sesungguhnya, sebuah bangsa besar diawali dengan perkembangan bahasa yang baik. Untuk mendukung itu, terdapat beberapa teori yang penulis jabarkan di makalah ini disertai implementasinya dalam contoh nyata.

Kata Kunci: Bahasa; Kebudayaan; Sosialisasi.

Latar Belakang

Pesatnya perkembangan kebudayaan manusia seringkali mengundang spekulasi tentang faktor-faktor pendukungnya. Sejauh ini paradigma masyarakat telah tergeneralisir bahwa faktor pembentuk kebudayaan hanya berasal dari Iptek, religi, atau militer dan cenderung meminnorkan peran bahasa. Pada makalah ini akan saya jabarkan tentang pengaruh bahasa dalam pembentuk kebudayaan. Bahwa bahasa bukanlah sekedar tata gramatikal atau penguasaan terhadap bahasa-bahasa asing, namun lebih dari itu pemilihan kata dan bahasa yang baik dapat berpengaruh luas, dan sangat luas melebihi aspek-aspek lain. Ada pun tujuan karya tulis ini untuk menghadirkan kembali pada pola pikir pembaca tentang peran vital bahasa dalam kebudayaan manusia.

Bahasa sebagai awal dari ilmu pengetahuan

Sosialisasi adalah aspek awal persentuhan manusia dengan manusia lainnya. Di sinilah peran awal bahasa dalam interaksi manusia untuk dapat saling menyampaikan maksud. Baik dalam bentuk lisan, maupun tulisan, karenanya manusia tidak akan bisa lepas dari bahasa. Selain itu bahasa bersifat lebih kompleks, tidak hanya mencakup interaksi antar personal. Di sinilah konsensus diperlukan untuk membentuk sebuah bahasa.

Setelah terbentuk sebuah bahasa di masyarakat, interaksi yang ada kian hari akan terus berkembang ke segala aspek. Di sinilah titik awal perkembangan kebudayaan akibat pengaruh bahasa. Misalnya seorang pemikir atau filusuf tidak akan bisa melangkah jauh jika memilki kendala dalam bahasa, karena pemikiran seseorang akan lebih mudah dimengerti dan diimplementasikan jika sudah dituliskan secara sistematis, dan kemampuan bahasa sangat diperlukan untuk ini. Pengertian seseorang pun dapat terpengaruh lebih jauh ‘hanya’ dari penggunaan kata-kata dan bahasa yang dipakai. Kemudian teori-teori yang telah berkembang inilah yang menjadi dasar setiap orang untuk mengeksploitasinya dan mengimplementasikannya dalam kehidupan.

Bahasa Isyarat

Bagaimana dengan peran bahasa isyarat? Seperti yang kita ketahui ada beberapa orang yang memiliki keterbatasan verbal dan bergantung pada kode-kode khusus untuk menunjang interaksi mereka. Namun bahasa isyarat disini bukan sebatas pada bahasa non-lisan, termasuk juga bahasa lisan yang tidak dapat diartikan secara harfiah. Di sinilah diperlukan sikap kritis dan interpretasi yang baik dalam menerjemahkan bahasa dan sekarang kita bisa melihat bahwa mengerti bahasa bukanlah hal yang mudah.

Bersambung-PERAN BAHASA DALAM PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN Part.2

Oleh : Muhammad Jundi Robbani


Related Posts :