Selasa, 31 Juli 2012

Kaka Kembali Ke Italia

Nasib Ricardo Kaka (Real Madrid) tak lebih baik dari rekannya Robin Van Persie (Arsenal). Sebagai mantan Pemain Terbaik Dunia 2007 tak menjamin status dirinya bakal mendapat tempat di starting XI di Real. Pemain asal Brasil itu dinilai kalah bersaing untuk mengisi lini tengah tim besutan Jose Mourinho. Bahkan Kaka kini masuk dalam daftar yang bakal di lego bersama sejumlah pemain lainnya seperti Fernando Gago, Altintop. Kaka, memang sempat ditawar mantan klubnya AC Milan, tapi belakangan berembus rumor Kaka akan dibarter dengan Dauglas Maicon, bek sayap Inter Milan asal Brasil.

Apapun yang terjadi pada Kaka, sebaiknya pemain berusia 30 ini pergi dari Real Madrid bila kariernya mau panjang. Entah kembali ke AC Milan atau ke Inter Milan. Di mana pun Kaka merumput tidak menjadi soal, mengingat Kaka cukup lama berkiprah di Serie A bersama Merah Hitam. Apalagi Wakil Presiden AC Milan Adriano Galliani telah membuka pintu lebar-lebar terhadap Kaka. Untuk keseriusannya Adriano telah bertemu dengan agen Kaka. Tapi, belakangan pihak Real Madrid menahan Kaka. Kubu Madrid mau menawarkan pada Inter menukar Kaka dengan Maicon. Sejak membesut Real Madrid, Jose Mourinho sangat kesemsem dengan penampilan bek sayap asal Brasil itu. Dan, pelatih berkebangsaan Portugal itu juga pernah bekerjasama dengan Maicon saat membesut Inter sekaligus membawa Nerazurri julukan Inter menggondol trofi Liga Champions.

Sejak bergabung dengan Real Madrid 2009, penampilan Kaka kurang bersinar. Bahkan ia sering dibekap cedera dan banyak duduk di bangku cadangan. Posisinya sebagai gelandang serang lebih banyak ditempati Mesut Oezil dan Sami Khedira. Memang, persaingan di lini tengah Real begitu keras. Mourinho lebih senang pemain yang bekerja keras ketimbang pemain salon seperti Kaka. Tapi kualitas Kaka masih bisa dipertanggungjawabkan. Penampilannya masih bisa disejajarkan dengan playmaker lainnya, seperti David Silva (Manchester City), Mesut Oezil (Real Madrid), Andrea Pirlo (Juventus).

Memang, beberapa pekan silam Mourinho pernah berbicara empat mata dengan Kaka. Dalam pembicaraan itu, mantan pelatih Chelsea ini meminta Kaka untuk berbesar hati dan memberi keleluasaan padanya untuk memilih. Tetap di Real Madrid atau mencari klub lain. Mourinho akan memprioritaskan pada Oezil menempati posisi gelandang serang. Belum pikiran Kaka terbuka, datang tawaran dari AC Milan yang siap menampung mantan pemainnya itu. Bahkan AC Milan juga akan membeli Ricardo Carvalho dan Diarra. Pembelian Kaka, untuk menggantikan Zlatan Ibramovic yang hengkang ke PSG (Perancis). Para pendukung Rosenerri menuntut pada management Milan harus mendapatkan pemain sekelas Ibra. Tapi, apabila Kaka jadi bertukar dengan Maicon, dipastikan Management Milan makin tertekan. Sebagai tim se-kota, persaingan Milan dan Inter sangat kental.

Oleh: Sampurno Hernugroho


Related Posts :