Kamis, 12 Juli 2012

Persie ke City?

Sukses sebagai top skorer Premier League nama Robin van Persie melejit. Apalagi setelah ia menolak teken perpanjangan kontrak dengan klubnya , klub-klub besar mulai melirik striker Arsenal tersebut. Wajar bila Persie menjadi salah satu pemain yang diperebutkan. meski gagal membawa negaranya Belanda di Piala Eropa 2012 berprestasi, Sukses menjadi top skorer di Liga Inggris dengan mencetak 30 gol menjadi garansi Persie sebagai bintang masa depan. Sukses itu terbilang sangat luar biasa bila mengingat persaingan Liga Inggris yang sangat ketat. Bayangkan untuk menetapkan juaranya saja membutuhkan 93 menit. Belum lagi memperebutkan peringkat 3, tiga tim memiliki peluang yang sama pada detik-detik terakhir. Di sinilah kedigdayaannya Van Persie dalam urusan mencetak gol diperlihatkan. Dengan gol-golnya itu, pemain kelahiran Rotterdam 6 Agustus 1983 membawa klubnya Arsenal ke peringkat 3 sekaligus meraih satu tiket langsung ke Liga Champions.

Robin van Persie, bukanlah striker sementereng Andy Carroll atau Fernando Torres yang dibeli mahal klubnya. Liverpool mendatangkan Carroll dengan merogok kocek 35 juta pounds. Sedangkan Chelsea membeli Torres dengan harga 50 juta pounds. Sedangkan Arsenal mendatangkan Persie hanya merogoh kocek 2.750 juta pounds dari Feyenoord pada 2004. Polesan Arsene Wenger yang mengubah posisinya dari pemain sayap kiri ke striker, menjadikan permainannya lebih impresif. Persie pun menjelma menjadi striker yang berbahaya. Di awal kariernya Persie telah menyumbangkan 20 gol dari 44 laganya diberbagai kompetisi. Timnas Belanda kepicut dengan penampilannya dan .2005 Persie masuk timnas. Debut pertamanya melawan Rumania untuk kualifikasi Piala Dunia. Tapi ia baru bias mencetak gol pada penampilan keduanya melawan Filandia. Sejak itu namanya selalu lengket dengan timnas Belanda selain di klubnya Arsenal. Di tahun pertama bersama The Gunnar, Persie dkk telah memboyong Piala FA.

Setahun bersama Arsenal, penampilan Persie semakin matang. Tak pelak Wenger pun mempercayai dia sebagai kapten. Persie pula yang menyulap prestasi Arsenal menduduki peringkat 3, meski pada musim ini Arsenal tanpa gelar. Tapi, posisi itu cukup prestise mengingat tampil langsung di Liga Champions menjadi wakil Inggris bersama dua Manchester, City dan United. Memang, 10 tahun terakhir Arsenal selalu tampil di event yang paling bergengsi. Entah apa yang ada di benak Van Persie? Pastinya sekarang harga dia sejajar dengan Torres dan Andy Carrol. Semula Juventus telah menyiapkan dana 70 juta pounds untuk mendatangkan Robin van Persie ke Turin. Si Nyonya Tua konon kabarnya akan membayar Arsenal 30 pounds sebagai biaya transfer dan memberikan gaji Persie 180 ribu pounds per pekan dengan durasi kontrak 4 tahun. Van Persie sendiri telah bertemu Direktur Umum Juventus Giuseppe Marotta untuk membicarakan kepindahannya. Untuk mempertajam lini depan, Juve memang membutuhkan pemain sekelas Van Persie. Tapi, setelah Persie menolak teken perpanjangan kontrak, Juve pun urung meminangnya. Uve ingin menunggu Persie selesai kontrak dengan Arsenal sehingga bias mendatangkan Persie tanpa uang transfers, karena sudah bebas dari ikatan kontrak dengan Arsenal.

Bagai berbalas pantun, sambutan Van Persie terhadap tawaran Bianconeri dingin Pemain yang kuat dengan kaki kidalnya belum memberi tanggapan. Ia masih ingin menikmati prestasinya sebagai pencetak gol terbanyak dan merenungi kegagalannya di Piala Eropa. Yang pasti jauh hari sebelum Juve mengajukan tawaran, Persie telah mengutarakan niatnya tetap bersama Arsenal. Kalaupun pindah, dirinya hanya ingin bergabung dengan Barcelona atau Real Madrid atau masih dsi Premier League.Manchester United, Manchester City dan Chelsea sedang melakukan pendekatan. Juga Barcelona, kini sedang melakukan pembicaraan dengan agen Persie. Nah, ke mana Persie kan berlabuh, kita tunggu saja hasil. Toh pintu bursa pemain musim panas masih dibuka hingga September mendatang.

Oleh: Sampurno Hernugroho


Related Posts :