Rabu, 25 Juli 2012

Persie Oh Persie….. Nasibmu

Menolak perpanjangan kontrak dengan Arsenal membawa konsekuensi bagi Robin Van Persie. Meski sebagai top skorer Premier League tak menjamin dirinya bisa mendapat cepat klub baru. Van Persie di Premier League membukukan 30 gol. Memang, ada beberapa klub elit yang telah mengajukan proposal penawaran, tapi belum ada pembicaraan serius. Untuk menunggu kepastian, striker timnas Belanda itupun tak berangkat bersama klubnya Arsenal berujicoba keliling Asia.Berbeda dengan AC Milan dan Barcelona yang menyatakan berminat meminang Persie. Manchester United, Manchester City, dan Juventus bahkan telah mengajukan tawaran. Ketiga klub itu, mengajukan tawaran 15 juta Pound. Tawaran sebesar itu, untuk sementara ditampik kubu Arsenal. Rumor yang berada Arsenal memasang label harga pada Persie 30 juta Pound. Tentu penawaran yang diajukan ketiga tim itu masih jauh dari harga dasar.

Semula Juventus dan Manchester City sangat ngotot untuk mendatangkan Robin Van Persie. Persie menolak tawaran dari juara Italia. Ia lebih memilih Manchester City. Setelah Persie menolak perpanjangan kontrak dari Arsenal, bersama itu pula, mundur kedua klub itu memberi tawaran. Kubu Juventus, khususnya lebih baik menunggu Persie selesai kontraknya di Arsenal. Sedangkan dengan City tidak ada kelanjutan pembicaraannya. Persie sempat melakukan pembicaraan serius dengan Juventus, tapi juara Italia itu, tetap bertahan pada harga yang ditawarkan.

Nasib Persie, sepertinya tak sebagus rekan-rekan seprofesinya. Terkesan ia begitu sulit mendapat klub. Beda dengan penyerang AC Milan asal Swedia Zlatan Ibrahimovich yang pindah ke PSG. Top skorer Serie A itu bahkan kini menjadi pemain yang bergaji termahal. Di PSG, Ibra mendapat kontrak 15 juta Pound pertahun selama empat tahun. Edin Dzeko yang hijrah ke Chelsea, serta Jordi Alba yang melompat ke Barcelona dari Valencia. Persie sendiri didatangkan Arsene Wenger ke Arsenal pada 2004. Striker haus gol ini ditransfer dari Feyernoord dengan harga 2,7 juta Pound. Lima tahun bersama Arsenal, kini harganya melambung menjadi 30 juta Pound. Harga yang cukup pantas untuk seorang Robin Van Persie. Tapi, kenapa belum ada klub mau merekrutnya? Dibutuhkan kesabaran bagi Persie, mengingat juga bursa transfer baru akan ditutup September mendatang.

Sebagai ‘gol getter’, Persie wajar ingin bergabung dengan klub yang memiliki prospek sebagai juara kompetisi dan Liga Champions. Dua hal itu, ia tidak dapatkan di Arsenal. Setiap tahun, tim Kota London ini ditinggal pemain bintangnya, meski terbilang penampilannya stabil. Selain Barcelona dan Real Madrid yang menjadi incarannya, Manchestar City juga menjadi sasarannya. Tapi, klub-klub yang menjadi incarannya itu telah memiliki striker kelas wahid, seperti David Villa, Nelson Sanchez di Barcelona, Karim Benzama, Higuan dan Di Maria di Madrid, serta Balotelli , Kun Aguera di City. Manchester United yang juga sangat menginginkan Persie juga telah memiliki striker Ronney Wooney, Berbatov, Welbeck dan Chicarito. Tapi konsep yang bakal dikembangkan Sir Alex Ferguson akan menduetkan Rooney dengan Van Persie. Bila ini terjadi, maka lini depan MU bakal lebih tajam.

Keseriusan untuk mendatangkan Van Persie adalah AC Milan. Milan selain memiliki banyak uang hasil penjualan pemainnya, mereka juga butuh pemain berkualitas. Rumor yang beredar, Milan akan mendatangkan kembali Ricardo Kaka (Real Madrid). Bila Kaka kembali ke Milan dan Van Persie bergabung, maka Van Persie bakal menjadi striker yang sangat berbahaya mengingat, ia akan dimanjakan dengan umpan-umpan Kaka yang sangat akurat dan terukur. Tapi kabar terakhir yang beredar, Milan justru fokus pada pemain muda lokal. Lalu, kemana Van Persie akan berlabuh?

Oleh: Sampurno Hernugroho


Related Posts :