Selasa, 24 Juli 2012

Tips Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap

Pernah merasa terganggu dengan bau badan? Ya, problem kesehatan satu ini sangat mengganggu kenyamanan dalam bersosialisasi. Pada sebagian orang bahkan problem ini bisa menjatuhkan rasa percaya diri.

Setiap manusia secara alami memang memiliki bau badan yang khas. Pada batas yang wajar, sebenarnya bau badan ini tidak begitu menjadi problem yang berarti. Bahkan, keberadaan bau badan tersebut menjadi ciri khas individu tersebut.

Namun, pada kasus tertentu terkadang badan seringkali mengeluarkan bau yang tidak sedap pada batas yang tidak lagi wajar. Hal ini tentu saja dapat mengganggu kenyamanan dalam bersosialisasi. Dan, uniknya bau badan tidak sedap ini lebih dirasakan oleh orang yang berinteraksi dengan Anda dari pada diri Anda sendiri. Sehingga seringkali seseorang yang memiliki bau badan tidak sedap tidak menyadari bahwa dirinya memiliki bau badan tidak sedap. Oleh karena itu, jangan segan-segan untuk bertanya pada teman-teman Anda apakah Anda memiliki bau badan yang tidak sedap?

Penyebab Bau Badan Tidak Sedap

Bau tidak sedap pada badan muncul karena adanya aktivitas bakteri di permukaan kulit. Bakteri ini mengurai keringat yang keluar dari gelenjar apokrin menjadi asam yang mengeluarkan bau tidak sedap. Semakin tinggi produksi asam maka bau badan tidak sedap akan semakin kuat

Adapun hal-hal berikut dapat memicu peningkatan produksi asam yang dapat meningkatkan bau badan yaitu:
  • Konsumsi jenis makanan tertentu
    Beberapa jenis makanan tertentu dapat merangsang kerja gelenjar keringat lebih tinggi sehingga produksi asam yang dapat menimbulkan bau badan juga meningkat. Diantaranya yaitu: makanan pedas dan makanan berminyak. Selain itu daging merah, bawang putih dan rempah-rempah juga dapat mempertajam bau badan.
  • Stres
    Kondisi stres dapat memicu gelenjar apokrin bekerja lebih giat dan mengeluarkan lebih banyak keringat. Hal ini dapat memicu meningkatnya produksi asam dan meningkatkan bau badan.
  • Peningkatan hormon androgen.
    Hormon androgen umumnya meningkat pada usia remaja akan memicu kerja gelenjar apokrin untuk mengeluarkan keringat lebih banyak.
  • Tubuh yang tidak bersih
    Tubuh yang tidak bersih merupakan penyebab eksternal utama bau badan. Tubuh yang berkeringat, dan kotor membuat bakteri pengurai keringat nyaman memproduksi asam yang menyebabkan bau badan.
  • Penyakit tertentu
    Beberapa jenis penyakit tertentu dapat menyebabkan bau badan yang tidak sedap. Diantaranya yaitu penyakit diabetes, ginjal dan liver.

Tips Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap

Nah, agar Anda tetap percaya diri dan terhindar dari problem bau badan, beberapa tips berikut mungkin bisa diterapkan.

Pertama: Jaga selalu kebersihan tubuh
Pastikan badan Anda selalu dalam kondisi bersih. Biasakan mandi dua kali sehari, rutin membersihkan/mencabut bulu ketiak, dan jangan lupa membersih bagian-bagian lipatan tubuh, selangkangan dengan baik. Disarankan juga untuk menggunakan deodorant untuk mengurangi berkembangnya bakteri penyebab bau badan.

Kedua: kurangi konsumsi daging dan makanan lain yang dapat memicu bau badan tidak sedap
Kurangi konsumsi daging, rempah-rempah dan makanan yang dapat memicu aktifnya gelenjar apokrin seperti kopi, teh, makanan pedas dan lain-lain. Perbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan dan rutin minum air putih.

Ketiga: hindari stres
Jauhi stres dengan senantiasa berpikiran positif dan mengikuti berbagai kegiatan positif.

Keempat: cegah bau badan dengan resep tradisional
Beberapa resep tradisional yang banyak berkembang di masyarakat untuk mengurangi bau badan tidak sedap diantaranya yaitu:
  • Menggunakan daun jambu biji sebagai scrub saat mandi atau membersihkan tubuh.
    Caranya: ambil beberapa helai daun jambu biji yang masih muda, kemudian remas-remas. Gosokkan remasan daun jambu biji tersebut pada tangan, kaki dan seluruh anggota tubuh saat mandi. Kemudian bilas dengan air mengaalir hingga bersih.
  • Mengkonsumsi lalapan daun kemangi juga dipercaya dapat mencegah timbulnya bau badan tidak sedap.

Oleh: Neti Suriana


Related Posts :