Minggu, 08 Juli 2012

Tito Vilanova Paham Betul Soal Barca

Setelah Real Madird menancapkan kukunya di pimpinan klasemen La Liga, peralihan tongkat estafet di kubu Barcelona pun berjalan. Mulai musim Kompetisi 2012/2013 tim Cantalan akan dibesut Tito Vilanova, yang tak lain dan tak bukan mantan asistennya. Nama Tito, memang, belum dikenl banyak orang. Tapi, pelatih kelahiran 1 September 1969 ini bukan orang baru di Barca. Dan, ia selalu bersama Pep Guardiola sejak menangani Barcelona B dan dilanjutkan di Barcelona. Publik Barcelona tentu berharap Tito bisa mengikuti jejak seniornya itu membawa Barcelona berprestasi. Penunjukan Tito memang mengejutkan. Tapi, manajemen Barca tak sembarangan menunjuk Tito yang selama lima tahun menjadi asisten Pep. Semua pemain Barca sudah mengenal dekat kepribadian Tito yang sempat menjalani operasi tumor pada kelenjar parotinya. Ia pun sempat beristirahat sepanjang November 2011.

Pemilihan Tito tak terlepas dari referensi Pep Guardiola. Pep menilai, Tito pelatih yang paling pantas menangani Barca, meski banyak pelatih top yang mengincar kursi panas pelatih tim Cantalan, seperti Andre Villas-Boas, Joachim Loew, Marcelo Bielsa, Luis Enrique ataupun Jose Mourinho. Pep mengatakan dirinya hanya memberi saran pada manajemen Barca agar mau memberi kesempatan pada Tito. Pep mengaku sangat mengenal karakter Tito karena sudah menjalin kerjasama sejak bergabung di Akademi Blaugrana pada 1984. Tapi, sebagai pemain karirnya tak sehebat Pep. Tito lebih banyak duduk sebagai cadangan.

Perjalanan Tito di Nou Camp terbilang berbau keberuntungan. Sejak Pep diminta Presiden Barca Joan Laporta pada 2007, dalam benaknya terbayang wajah Tito Vilanova yang saat itu sebagai Direktur Teknis Terrassa FC. Jadilah kedua oang itu bekerjasama menggarap Barcelona B yang saat itu prestasinya sedang terpuruk. Di bawah tangan dingin Pep, Barca pun promosi ke Divisi IV (Tercera Division). Tito pun terus mendampingi Pep ke jenjang yang lebih tinggi, menangani Lionel Messi dkk pada 2009. Saat itu pun Barca mampu menggondol 6 trofi sekaligus. Pep mengaku suksesnya buah hasil kerjasamanya dengan Tito. Tito orang yang sangat penting bagi dirinya dan ia mampu menerjemahkan keinginannya. Pep optimis Tito mampu membawa Barca jauh lebih berprestasi dari dirinya.

Kebehasilan bersama Pep Guardiola bukan garansi bagi Tito Vilanova membawa Barca meraih sukses. Banyak faktor yang ikut menentukan sebuah tim meraih kesuksesan. Selain tekanan dari luar, tekanan dari dalam pun ikut berperan besar. Tapi, salah seroang pemain senior Carles Puyol mengaku tak menyangsikan sedikit pun reputasi dari Tito. Sebagai pelatih dia tahu banyak tentang sepakbola dan dia sudah cukup lama mendampingi Pep Guardiola. Dengan pemahaman mendalam terhadap filosofi klub ditambah pengalaman belajar, bekerja serta berkembang bersama Pep tak ada orang yang paling tepat menggantikan Pep Guardiola menjadi arsitek Barcelona, selain Tito Vilanova. Kinerja Vilanova selaku entrenador utama dan kemampuannya untuk mengungguli Real Madrid-nya Mourinho, yang rasanya sulit terbendung menjadi juara La Liga 2012/2013, masih harus dinanti musim depan.

Oleh:Sampurno Hernugroho


Related Posts :