Minggu, 12 Agustus 2012

7 Keajaiban Dunia Masa Lampau

Antipater ialah seorang pelancong Yunani kuno dari Sidon. Ia merupakan orang pertama yang mencatat tujuh bangunan paling megah di dunia. Penemuannya itu sangat terkenal dari masa ke masa. Ketujuh penemuannya inilah yang dikenal sebagai “7 Keajaiban Dunia Masa Lampau”. Ketujuh keajaiban dunia masa lampau tersebut sekarang berada di wilayah Yunani, Mesir, Turki, dan Irak. Berikut ini informasi tentang tujuh keajaiban dunia masa lampau.

1. Piramida Giza



Piramida Giza merupakan bangunan yang berfungsi sebagai makam raja-raja Mesir Kuno termasuk untuk makam Firaun, dinasti keempat Mesir, Khufu. Bangunan yang terdiri dari 2.300.000 batu ini memiliki berat sekitar 2,5 ton. Ketinggian Piramida Giza ini mencapai 160 meter. Untuk membangun Piramida Giza, dibutuhkan waktu 20 tahun dengan jumlah pekerja mencapai 100.000 tenaga manusia. Piramida ini juga sering disebut sebagai Piramida Khufu. Selain itu, Piramida Gaza ini merupakan satu-satunya keajaiban dunia masa lampau yang masih bertahan.

2. Taman Gantung dari Babylonia



Taman Gantung dari Babylonia dibangun oleh Raja Nebukadnezar II, cucu Hamurabi, untuk istri kesayangannya pada tahun 600 SM. Taman Gantung ini juga dikenal sebagai Taman Tergantung Semiramis. Bangunan ini terletak di Al-Hilah, 50 kilometer selatan Baghdat, Irak, di sebelah tebing timur Sungai Euphrates. Lotengnya bersusun dengan tinggi mencapai 25 sampai 100 meter.

3. Patung Zeus



Patung Zeus di Olympia didirikan pada abad ke-5 SM oleh skulptor terkenal, Phidias. Patung yang terduduk ini memiliki tinggi sekitar 14 meter. Patung yang terbuat dari emas itu mengisi seluruh kuil Zeus. Hingga kini penyebab kehancuran Patung Zeus di Olympia masih diperdebatkan.

4. Kuil Artemis di Zeus



Kuil Artemis merupakan kuil Yunani yang didirikan untuk Artemis di Efesus di bawah dinasti Archaemenid dari kekaisaran Persia (550 SM). Kuil Artemis juga merupakan satu-satunya kuil terbesar yang pernah dibangun di Yunani. Ukuran kuil ini ialah 70x140 meter. Kuil ini dibangun dalam tempo 120 tahun. Akan tetapi, saat ini kuil Artemis telah hancur.

5. Mausoleum Halicarnassus



Mausoleum Halicarnassus adalah makam yang dibangun oleh Ratu Artemisia untuk mengenang suaminya, Raja Mausolus dari Caria. Makam ini dibangun antara 353 sampai 350 SM di Halicarnassus. Makam yang didesain oleh arsitek Yunani, Satyrus dan Pythius ini memiliki ketinggian yang mencapau 45 meter.

6. Colossus



Colossus dari Rhodes merupakan patung perunggu dari dewa Matahari Helios. Patung ini didirikan pada tahun 280 SM oleh rakyat Rhodes. Patung perunggu yang terletak tepat di jalan masuk pelabuhan ini memiliki ketinggian yang mencapai 30 meter. Bahkan, colossus merupakan patung tertinggi dalam dunia kuna. Sayangnya, colossus juga merupakan keajaiban dunia masa lampau yang berumur paling pendek, yakni 56 tahun. Bangunan ini mengalami kehancuran yang disebabkan oleh adanay gempa bumi.

7. Pharos Alexandria



Pharos Alexandria merupakan sebuah mercusuar yang dibangun pada abad ke-3 SM. Bangunan yang juga disebut sebagai Mercusuar Iskandariah ini terletak di pulau Pharos berdekatan dengan kota Iskandariah kuno, Mesir Kuno. Ketinggian bangunan ini mencapai 130 meter. Mercusuar Iskandariah ini dirancang oleh Sostratus dari Snidus atas petunjuk Satrap Ptolomeus 1, seorang panglima Alexander Agung. Sayangnya, Pharos Alexandria ini telah dihancurkan pada tahun 1326.

Oleh : Nur Rokhanah


Related Posts :