Kamis, 16 Agustus 2012

9 Tipe Kecerdasan Manusia

Manusia merupakan makhluk yang paling sempurna. Ia diciptakan oleh Tuhan dengan akal dan pikiran serta hawa nafsu. Bahkan, manusia ternyata juga memiliki 9 kecerdasan utama sesuai dengan pembagian kecerdasan pada otak kita.

Berikut ini informasi mengenai 9 tipe kecerdasan utama yang dimiliki oleh manusia.

1. Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan linguistik merupakan salah satu tipe kecerdasan utama yang dimiliki oleh manusia dalam hal mengolah kata-kata secara efektif, baik bicara maupun menulis. Profesi yang sesuai untuk orang yang memiliki kecerdasan linguistik yang menonjol antara lain jurnalis, penyair, dan pengacara.

2. Kecerdasan Matematis-Logis

Kecerdasan matematis-logis yaitu salah satu kecerdasan utama yang dimiliki oleh manusia dalam hal angka dan logika. Profesi yang cocok untuk Anda yang memiliki kecerdasan matematis-logis menonjol ialah ilmuan, akuntan, dam progammer.

3. Kecerdasan Visual-Spasial

Kecerdasan visual-spasial merupakan salah satu tipe kecerdasan utama yang dimiliki oleh manusia yang mencakup berpikir dalam gambar dan mampu untuk menyerap, mengubah dan menciptakan kembali berbagai macam aspek visual. Profesi yang cenderung memiliki kecerdasan visual-spasial menonjol ialah arsitek, fotografer, designer, pilot, dan insinyur.

4. Kecerdasan Kinestetik-Jasmani

Kecerdasan kinestetik-jasmani ialah salah satu jenis kecerdasan utama yang dimiliki oleh manusia dalam hal penggunaan tubuh atau gerak tubuh untuk mengekspresikan gagasan dan perasaan. Profesi yang tepat untuk Anda yang cenderung memiliki kecerdasan kinestetik-jasmani yang menonjol ialah atlet, pengrajin, montir, penjahit, dan perakit model.

5. Kecerdasan Musikal

Kecerdasan musikal merupakan salah satu kecerdasan utama yang dimiliki manusia untuk mengembangkan, mengekspresikan, dan menikmati bentuk musik dan suara. Profesi yang cenderung didominasi oleh orang yang memiliki kecerdasan musikal ialah konduktor, pencipta lagu, dan penyanyi.

6. Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan interpersonal merupakan salah satu kecerdasan utama yang dimiliki oleh manusia untuk mengerti dan peka terhadap perasaan, intensi, motivasi, watak, dan temperamen orang lain. Profesi yang sesuai untuk orang yang memiliki kecerdasan interpersonal yang menonjol ialah networker, negotiator, dan guru.

7. Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan intrapersonal yaitu salah satu kecerdasan yang dianugerahkan oleh Tuhan untuk manusia berupa pengetahuan akan diri sendiri dan kemampuan bertindak secara adaptif berdasar pengetahuan diri. Profesi yang cenderung membutuhkan kecerdasan intrapersonal ialah konselor dan teolog.

8. Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan naturalis merupakan kecerdasan yang dimiliki oleh manusia dalam hal memahami dan menikmati alam serta menggunakannya secara produktif dan mengembangkan pengetahuan lam. Profesi yang tepat untuk orang yang memiliki kecenderungan terhadap kecerdasan naturalis ialah petani, nelayan, pendaki, dan pemburu.

9. Kecerdasan Eksistensial

Kecerdasan eksistensial merupakan salah satu tipe kecerdasan yang dianugerahkan oleh Tuhan untuk manusia dalam hal menjawab persoalan-persoalan terdalam eksistensi atau keberadaan manusia. Profesi yang sesuai untuk orang yang didominasi oleh kecerdasan eksistensial ialah filsuf dan teolog.

Itulah informasi mengenai 9 tipe kecerdasan utama yang dimiliki oleh manusia. Sungguh Tuhan Maha Kuasa atas segala ciptaannya. Semoga informasi mengenai kecerdasan yang dimiliki oleh manusia ini dapat membuat Anda lebih pandai bersyukur atas nikmat-Nya.

Oleh : Nur Rokhanah


Related Posts :