Senin, 13 Agustus 2012

Beberapa Hal yang Harus Anda Lakukan Untuk Menjadi Mahasiswa Baru

Buat para mahasiswa baru ataupun siswa SMA yang akan segera lulus, ada beberapa hal penting yang harus anda ketahui ketika akan masuk universitas negeri ataupun swasta yang menjadi impian anda. Jadi, saya akan membagi sedikit pendapat dan pengalaman saya sebagai mahasiswa semester 4 di salah satu universitas negeri. Langsung saja,

1. Tetapkan terlebih dahulu universitas dan jurusan yang kamu inginkan

Ini hal pertama yang harus anda fikirkan dengan matang terlebih dahulu. Sebaiknya anda melakukan sedikit penyelidikan beberapa universitas yang menarik perhatian anda dan memiliki jurusan yang menjadi minat dan bakat yang anda miliki. Lebih baik lagi kalau anda mencari jurusan yang sesuai minat dan bakat anda di salah satu universitas top di indonesia. Contohnya saja UI, ITB, UGM, IPB, dll. Tetapi buat yang kuliah di luar negeri akan lebih bagus lagi. Karena kualitasnya jelas lebih tinggi dibandingkan dalam negeri.

Jangan juga sembarangan pilih jurusan. Karena apabila anda salah pilih jurusan, akan sangat sulit untuk pindah ke jurusan lain. Karena harus mengikuti prosedur yang panjang dan melelahkan.Bahkan kalau keluar dari universitas tersebut dan ingin mendaftar di universitas lain masih tetap harus menunggu masa penerimaan mahasiswa baru.

2. Persiapkan prasyarat agar diterima di universitas tersebut

Buat yang ingin masuk melalui jalur PMDK dan SNMPTN undangan. Yang harus anda persiapkan adalah berkas-berkas yang menjadi prasyarat dan nilai raport yang bagus. Sebaiknya memiliki nilai rata-rata 8 atau lebih, atau bisa lebih rendah sedikit tetapi tiap semesternya terus meningkat. Bukannya stagnan di tempat yang sama. Dari universitas tersendiri lebih mengutamakan siswa yang nilai rapornya mengalami peningkatan tiap semesternya daripada siswa yang nilainya terus naik-turun. Buat yang ingin melalui jalur SNMPTN atau jalur mandiri lainnya. Biasanya yang diujikan adalah ilmu pengetahuan yang anda pelajari selama SMA, jadi belajarlah dengan tekun agar keinginan anda tercapai. Untuk universitas swasta jelas proses masuknya lebih mudah dibandingkan negeri, tetapi mereka tetap meminta anda untuk menyiapkan berkas-berkas yang mereka butuhkan agar anda diterima di universitas tersebut.

3. Tinjaulah lokasi untuk anda tinggal

Kalau universitas yang anda tuju dekat dengan rumah tinggal, anda memiliki beberapa keuntungan. Anda tidak akan pusing mengelola uang untuk makan sehari-hari, akses umumnya lebih terjamin karena tersedia di rumah. Untuk yang harus ngekost anda harus tinjau lokasinya terlebih dahulu. Dekat atau jauh dari kampus, akses kendaraan umum bagaimana, warung atau warteg di sekitar kosan, dan warnet. Karena terkadang sebagai mahasiswa harus mengirimkan tugas melalui e-mail tengah malam. Memiliki modem menjadi opsi untuk hal ini. Dan hal lainnya menjadi patokan pening, apakah di sekitar kosan tersebut nyaman atau tidaknya untuk anda tinggal nanti.

4. Kenalan dengan mahasiswa baru lainnya

Bagi saya ketika registrasi ulang merupakan hal yang paling seru. Karena kita bisa mengenal banyak orang dari berbagai daerah. Biarpun nantinya kita lupa nama orang tersebut, setidaknya kita telah berani membuka diri untuk berkenalan dengan orang lain. Bisa saja di antara orang itu ada yang menjadi sahabat baik atau bahkan pasangan hidup anda nantinya.

5. Carilah teman untuk belajar kelompok

Apabila anda telah diterima dan siap untuk mengikuti perkuliahan di kampus. Anda mulailah mencari teman yang bisa diajak sebagai teman belajar kelompok yng solid. Karena ada beberapa teman yang maunya hanya bersenang-senang dan mencari jalan pintas untuk memperoleh nilai yang bagus dengan mencontek. Sudah mahasiswa harus jujur dong, kan sudah dewasa.

Terus ingat selalu orang tua. Kita sudah dibiayai mahal-mahal oleh orangtua kita dari kampung halaman atau dari rumah dan dipercaya untuk belajar dengan giat. Jadi kita jangan sampai mengecawakan mereka. Kalau seandainya nanti kena DO yang malu tentu kita sendiri dan terlebih adalah orangtua. Buktikan kepada orangtua masing-masing bahwa kita sebagai mahasiswa yang sesungguhnya mahasiswa. Bukannya anak kecil yang menyandang gelar mahasiswa.

Nah, ini beberapa hal yang dapat saya share kepada rekan-rekan sekalian. Kalau ada yang ingin ditambahkan atau dikritik saya merasa sangat senang karena anda sekalian telah bersedia membaca tulisan ini. Karena tidak ada yang sempurna kecuali Sang pencipta alam semesta. Semoga bermanfaat.

Oleh : Ahmad Azhari Pohan


Related Posts :