Selasa, 07 Agustus 2012

Cara Efektif Belajar Efektif

Belajar merupakan ritual wajib yang harus dilakukan oleh setiap pelajar. Selain karena belajar bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan otak kita, seorang pelajar yang rajin belajar juga akan lebih mudah meraih prestasi jika dibandingkan dengan pelajar yang malas atau bahkan tak pernah belajar.

Meski demikian, kegiatan belajar tak serta merta langsung berhasil. Keberhasilan sebuah kegiatan belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah cara belajar. Meskipun seorang pelajar sudah rajin belajar, belum tentu belajarnya itu membuahkan hasil yang memuaskan. Hal ini disebabkan karena cara belajarnya yang tidak efektif.

Cara belajar yang efektif adalah cara belajar yang tepat sehingga bisa membuahkan hasil yang memuaskan. Adapun beberapa cara efektif untuk belajar yang efektif, antara lain :

1. Belajarlah dengan hati senang

Baik disadari maupun tidak, kondisi hati sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses belajar. Belajar akan menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan apabila saat belajar hati kita juga berada pada kondisi senang. Jika hati kita sudah senang maka materi yang kita pelajari lebih mudah terserap oleh otak kita.

Begitu pula sebaliknya. Jika hati kita sedang tidak senang maka otak kita akan mengalami kesulitan dalam mencerna materi yang hendak kita pelajari dan akhirnya kegiatan belajar yang kita lakukan menjadi sia-sia. Oleh karena itu, jika hati anda sedang tidak senang, lebih baik jangan belajar terlebih dahulu. Hilangkan terlebih dahulu pikiran-pikiran negatif , rasa dongkol terhadap orang lain, kekecewaan terhadap orang lain, dan semua hal yang bisa membuat hati anda tidak senang. Pikirkanlah hal-hal yang menyenangkan. Jika anda yakin hati anda sudah senang maka anda bisa mulai belajar.

2. Belajarlah di tempat yang menyenangkan

Tempat juga merupakan faktor yang bisa mempengaruhi keberhasilan proses belajar. Agar kegiatan belajar yang anda lakukan bisa efektif maka pilihlah tempat yang menyenangkan dan membuat anda nyaman ketika belajar.

Jika tempat yang cocok menurut anda adalah kamar, maka bersihkanlah kamar tersebut sebelum anda mulai belajar. Pastikan ruangan kamar tersebut telah rapi. Selain itu, jangan lupa mengatur ventilasi kamar anda agar pertukaran udara di dalam kamar menjadi lancar. Kondisi ruangan yang telah bersih, rapi, dan segar juga akan membuat kegiatan belajar anda menjadi menyenangkan dan tentunya membuahkan hasil yang memuaskan.

3. Pelajarilah semua mata pelajaran

Cara efektif untuk belajar efektif yang selanjutnya adalah dengan mempelajari semua mata pelajaran yang diberikan oleh guru. Pelajarilah semua mata pelajaran tersebut dengan senang hati. Jangan hanya mempelajari pelajaran yang anda sukai saja atau hanya mempelajari pelajaran yang menurut anda sulit saja, sementara pelajaran yang tidak anda sukai dan pelajaran yang menurut anda mudah tak pernah dilirik sama sekali. Jika anda berlaku demikian, berarti anda telah menyepelekan suatu pelajaran dan suatu saat pelajaran yang anda sepelekan tersebut akan menyepelekan anda sendiri. Selain itu, mempelajari semua mata pelajaran juga bermanfaat untuk mencegah datangnya kejenuhan. Jika anda jenuh dengan satu pelajaran, belajarlah mata pelajaran yang lain. Hal ini bisa menjadi metode belajar yang efektif.

4. Belajarlah secara rutin

Cara efektif untuk belajar efektif berikutnya adalah dengan belajar secara rutin. Belajar secara rutin lebih baik dari pada belajar secara insidental. Belajar yang efektif tidak perlu lama-lama, minimal 15 menit untuk satu mata pelajaran setiap harinya. Jika di sekolah anda memiliki 12 mata pelajaran maka anda hanya membutuhkan waktu 3 jam untuk mempelajari semua mata pelajaran tersebut dalam satu hari. Untuk pelajaran yang menurut anda cukup sulit, anda bisa menambahkan waktu mempelajari materi tersebut sesuai kebutuhan anda dengan catatan jangan sampai mengurangi porsi belajar mata pelajaran yang lain.

Belajar secara rutin dengan durasi minimal 15 menit tiap mata pelajaran tersebut lebih efektif dibandingkan belajar hanya jika akan ujian dengan durasi belajar 3 jam nonstop untuk satu mata pelajaran. Selain itu, hindari belajar dengan metode wayangan atau lembur sampai tengah malam. Cara tersebut tidak efektif dan akan berdampak buruk bagi kesehatan anda tentunya. Oleh karena itu, lebih baik belajar secara rutin setiap hari dari pada belajar hanya jika akan ujian.

5. Buatlah mata anda tertarik

Cara efektif untuk belajar efektif yang terakhir adalah dengan memberikan mata anda hal-hal yang menarik perhatian. Contohnya dengan cara menulis materi-materi penting, misalnya rumus-rumus suatu mata pelajaran dengan tinta yang warnanya mencolok. Warna yang mencolok pada buku catatan anda secara otomatis akan menyita perhatian mata anda. Semakin sering anda melihatnya maka semakin sering otak anda menyimpan materi tersebut. Jadi, tanpa anda sadari, ketika anda membutuhkan materi tersebut, otak anda akan mengeluarkan apa yang telah disimpan dengan mudah.

Itulah beberapa cara efektif untuk belajar efektif yang dapat diterapkan oleh para pelajar. Jangan pernah menyepelekan suatu pelajaran karena jika anda menyepelekan suatu pelajaran, suatu saat pelajaran tersebut akan menyepelekan anda.

Oleh : Nur Rokhanah


Related Posts :