Kamis, 30 Agustus 2012

MUDIK Yuuuuk !!!



Pernahkah kamu mendengar kata “mudik” ? tentunya kata ini sudah lazim didengar dikalangan masyarakat kita terutama setelah bulan suci Ramadhan bergulir menuju Hari Raya Idul Fitri seperti saat ini. Tidaklah sedikit masyarakat kita yang melakukan tradisi tahunan ini. Yah, inilah ciri khas masyarakat kita yang melakukan aktivitas mudik setiap tahunnya.

Sebelumnya, yuuuk kita mengenal pengertian dari mudik terlebih dahulu... Kata “mudik” berasal dari kata dasar ‘udik’ yang berarti kembali ke kampung halaman. Kampung halaman adalah tempat asal muasal seseorang itu dilahirkan. Yang mana seseorang itu pergi merantau ke daerah lain atau bahkan luar negeri baik itu untuk belajar, bekerja ataupun lain sebagainya sehingga mereka meninggalkan kampung halaman mereka untuk melakukan aktivitas-aktivitas mereka di tempat yang mereka tuju itu. Sehingga setiap tahunnya menjelang Hari Raya Idul Fitri biasanya para perantau itu mempersiapkan diri untuk kembali ke tempat asal mereka.

Melepas kerinduan yang telah lama tertahan bersama keluarga-keluarga besar adalah hal yang tentunya paling diidam-idamkan dan dinantikan oleh banyak kalangan perantau. Mereka yang biasa tiap harinya berkutat dengan aktivitas-aktivitas harian mereka di tanah rantauan, sehingga memaksa mereka untuk hidup jauh dari keluarga besar mereka, memaksa mereka untuk meninggalkan kampung halaman mereka tentunya tidak akan meninggalkan atau bahkan melupakan moment spesial seperti ini. Moment dimana mereka dapat berkumpul, saling berbagi kasih, bergurau, canda tawa dan sebagainya dengan orang-orang terkasih yang tentunya sudah sangatlah lama dirindukan. Disamping itu juga dapat melihat kembali serta mengenang keadaan kampung halaman mereka di masa yang sekarang dengan masa yang lalu, masa dimana mereka masih kecil atau sebelum mereka meninggalkan kampung halaman mereka yang tentunya memiliki perbedaan yang cukup stagnan jika diperbandingkan.

Berbagai macam jenis alat transportasi pun mewarnai moment special ini, mulai dari alat transportasi darat, laut dan bahkan udara tentunya banyak sekali dimanfaatkan untuk mereka yang akan kembali ke kampung halaman mereka masing-masing. Sampai-sampai tidak jarang kita temui berbagai macam tiket kereta api ataupun pesawat terbang seminggu sebelum Hari Raya Idul Fitri telah habis ludes terjual. Terminal, stasiun dan bandara pun seakan-akan mendadak menjadi tenar karena menjadi serbuan mereka para pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman mereka bertemu dengan sanak saudara yang telah lama sekali tidak mereka temui.

Kebiasaan mudik ini memang sudah sangatlah lama sekali menjadi kebiasaan bangsa kita, hal ini menunjukkan bahwasannya bangsa kita masih menjunjung tinggi kebiasaan turun-temurun bangsa yang akhirnya menjadi budaya tahunan dan sekaligus menjadi ciri khas bangsa kita.

Untuk itu, bagi anda yang sedang mudik ataupun telah usai menjalani mudik, tetaplah bersemangat dalam beraktivitas dan janganlah pernah lupa untuk selalu waspada sebab tidak menutup kemungkinan akan terjadinya hal-hal yang sungguh tidak diinginkan nantinya. Disamping itu, jangan pernah kita melupakan kampung dimana tempat asal kita dilahirkan manfaatkanlah moment tahunan yang sangat jarang kita temui ini dengan berkunjung dan saling berbagi kasih dengan orang-orang dan keluarga yang telah lama tidak kita temui.

Tak lupa penulis mengucapkan,
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1433 Hijriyah MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Oleh : Sa’adatul Lailiya


Related Posts :