Selasa, 04 September 2012

Manfaat Minum Teh bagi Kesehatan

Minum teh sudah menjadi tradisi di keseharian masyarakat Indonesia khususnya dan masyarakat Asia umumnya. Hampir setiap rumah menyimpan teh sebagai salah satu minuman favoritnya. Bahkan sekarang, minuman teh sudah dikemas dan dijual dalam kemasan khusus. Sehingga, ketika ingin menikmatinya konsumen tidak perlu repot-repot menyeduh teh kering dengan air hangat. Cukup membeli minuman teh yang sudah dikemas dalam botol atau kemasan lainnya.

Nah, apakah Anda termasuk salah satu pecinta minuman teh? Atau bahkan sudah sampai ke level pecandu teh? Tidak perlu khawatir, karena kebiasaan minum teh setiap hari sangat dianjurkan bagi kesehatan. Beberapa temuan-temuan dan penelitian ilmiah banyak membuktikan hal tersebut.

Dewasa ini, semakin banyak temuan-temuan ilmiah yang mengungkapkan manfaat teh bagi kesehatan. Berikut adalah manfaat teh bagi kesehatan menurut beberapa temuan ilmiah yang saya (penulis) kutip dari tabloid Sinar Tani edisi 17 – 23 Maret 2010 No. 3346 tahun XL:

Pertama, minum teh secara rutin setiap hari dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Hal ini diungkapkan oleh para ilmuan dalam Simposium Ilmiah Teh Ketiga di Kota Bangkok pada tahun 2010 yang lalu. Simposium yang disponsori oleh Lipton Institute of Tea ini berjudul: “Focused Mind and Healthy Body – News Studies on Theanine and Tea Flavonoid.”

Kedua, minum the secara rutin juga bermanfaat positif terhadap meningkatnya kreativitas dan sistem kekebalan tubuh pada manusia. Manfaat the untuk meningkatkan kreativitas dan kekebalan tubuh ini disimpulkan oleh Dr. Georgie Russel berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Litbang Unilever dan Lipton Institute of Tea. Kesimpulan ini didukung oleh Dr. Eveline De-Bruin, melalui riset yang sama. Menurut De-Bruin, mekanisme yang terjadi dari efek minum teh tersebut adalah sebagai berikut: ketika seseorang mengkonsumsi teh, kandungan theanine dan kafein yaitu dua bahan aktif alami yang terkandung dalam teh, pada dosis tinggi dapat mengaktifkan jejaring perhatian (focus) pada otak secara efisien.

Ketiga, minum secangkir teh setiap hari berkhasiat memperbaiki fungsi pembuluh darah menjadi lebih baik. Manfaat ini diungkapkan oleh sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di Universitas L’Aquilla, Italia.

Temuan-temuan ilmiah ini memberikan informasi penting bagi kita. Ternyata, manfaat teh tidak hanya sebatas sebagai pelangsing seperti yang populer di kalangan kaum wanita selama ini. Akan tetapi manfaat the ternyata sangat banyak. Bahkan tidak sebatas berkhasiat bagi kesehatan fisik, akan tetapi juga bagi kesehatan psikis (jiwa).

Selain itu, minuman teh khususnya teh hijau juga dikenal kaya akan antioksidan yang penting untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Sehingga, beberapa produsen kosmetik juga memproduksi teh hijau yang mereka klaim berkhasiat menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

Nah, Anda ingin sehat, cantik dan bahagia? Bersahabatlah dengan minuman tradisional yang satu ini.

Oleh : Neti Suriana


Related Posts :