Jumat, 21 September 2012

Nepenthes, Tanaman Unik dari Rimba (2)

Nepenthes, di Indonesia dikenal dengan nama Kantong Semar. Di beberapa daerah di Sumatera di kenal juga dengan sebutan periuk beruk. Habitat asli tanaman ini adalah hutan hujan tropis. Karena itu, tanaman ini banyak ditemukan di hutan-hutan Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Namun demikian, tanaman ini juga bisa tumbuh dengan baik di berbagai hutan dataran rendah.

Klasifikasi

Dalam sistem tata nama ilmiah, Nepenthes termasuk dalam kelas Choripetaleae dengan klasifikasi lengkap sebagai berikut:
Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Subdivisi : Magnoliophyta
Kelas : Choripetaleae
Ordo : Nepenthales
Familia : Nepenthaceae
Genus : Nepenthes
Spesies : Nepenthes Sp.

Kaya Manfaat

Nepenthes juga dipercaya memiliki banyak manfaat. Batangnya yang panjang menjalar dan lentur banyak dimanfaatkan sebagai tali pengikat. Selain itu, batang Nepenthes juga dibuat kerajinan anyaman oleh masyarakat suku pedalaman.



Dari batang kita beralih ke kantong tanaman Nepenthes. Di sumatra, kantong Nephentes dimanfaatkan oleh kaum wanita sebagai cetakan kue. Tentu saja kantong tersebut harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Sementara itu, air yang terdapat dalam kantong Nepenthes dipercaya berkhasiat sebagai obat. Masyarakat tradisional maluku meyakini bahwa dengan ramuan tertentu, air kantong Nepenthes berkhasiat mengobati berbagai penyakit. Seperti sakit mata, batuk dan maag. Selain itu, air dari kantong Nepenthes juga dipercaya dapat dipakai sebagai pencegah ngompol pada balita. Adapun caranya yaitu, dengan memandikan air tersebut ke kepala balita kemudian sisanya diminum.

Dalam dunia ilmu pengetahuan dan penelitian lingkungan, Nepenthes dimanfaatkan sebagai indikator lahan kritis. Diyakini, manfaat Nepenthes masih lebih banyak lagi, hanya saja belum seluruhnya berhasil digali dengan baik. Yang jelas, manfaat finansial dari keunikan kantong Nepenthes telah banyak dirasakan oleh para pengusaha tanaman hias dan penggiat nursery.

Tidak Sulit Dipelihara

Nepenthes termasuk jenis tanaman yang tidak begitu rewel dan tidak membutuhkan perawatan yang sulit. Ia tidak hanya bisa tumbuh ditempat yang lembab dan ternaungi. Akan tetapi tanaman ini juga bisa tumbuh dengan baik di lingkungan yang miskin hara sekalipun seperti daerah rawa dan pesisir pantai. Karenanya jangan heran jika Anda menemukan tanaman ini tumbuh baik di tanah gambut, tanah pasir, gunung dan pohon-pohon besar.

Tanaman ini juga tidak terlalu sulit ditanam dan dipelihara secara sengaja. Namun, agar ia bisa tumbuh dengan baik seperti di habitat asli, Anda perlu mengenal spesies ini lebih lanjut untuk penyesuaian syarat tumbuhnya. Untuk bisa tumbuh dengan sempurna, Nepenthes membutuhkan lokasi pemeliharaan, pencahayaan, kelembaban dan kondisi agroklimat yang disesuaikan dengan habitat aslinya.

Tanaman ini tidak membutuhkan tempat penanaman yang luas. Bahkan tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai pengisi taman vertikal di pekarangan sempit Anda. Selain itu, Anda tidak perlu repot-repot memikirkan pemberian pupuk secara teratur pada tanaman ini. Karena, kantong pada tanaman ini secara alami berfungsi sebagai sarana pemberi cadangan hara bagi tanaman.

Oleh: Neti Suriana


Related Posts :