Senin, 10 September 2012

OLDIES vs. MODERNISM

Masih inget ketika dulu ponsel belum begitu trend di masyarakat? Hanya kalangan tertentu aja yang bisa memakai ponsel. Tapi seriringnya perkembangan waktu, tahun 2000an hampir semua kalangan masyarakat punya ponsel. Apalagi sekarang, berbagai kalangan pun bisa menikmati kemudahan alat ini. Tapi kalo kita flashback lagi apa sih yang terjadi seandainya ponsel belom mendarat di tangan kita? Ada dua hal yang menarik banget untuk dibahas, yang pertama ialah greetings dan pedekate-an. Kenapa menarik? Simak aja perbandingannya, dua diantara yang paling menonjol saat ini!

1. Greetings

Ucapan selamat ulang tahun, ucapan selamat hari raya lebaran, hari natal, dan tahun baru sekarang bisa banget diucapin lewat bbm-an dan ponsel. Apalagi di ponsel udah ada fasilitas internet yang murmer langsung bisa menikmati situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Banyak ucapan apapun diucapkan cukup dengan texting aja, uda gitu bisa ke banyak orang lagi. It is really simpler, right?

Oldies : Hmm, masih inget nggak dulu sering tukeran kartu ucapan selamat hari raya lebaran, natal dan tahun baru, terus ada yang ngasih kartu ucapan selamat ulang tahun? Apalagi ada yang ngucapin secara langsung, kalopun ada saudara yang jauh pasti mereka telepon untuk ngucapin apapun occasionnya! Ini dia, ada kenangan tersendiri ketika kita mendapat kartu ataupun ngedenger langsung suara saudara kita. Seperti ada sesuatu yang masih membekas daripada kita texting yang nantinya juga akan kebuang begitu aja.

2. Pedekate

Say hi, nanyain kabar, ataupun sayang-sayangan bisa gampang dilakukan lewat ponsel dan sekaligus internet! Gampang banget, ya? Ditambah lagi emoticon yang mendukung untuk menunjukkan rasa sayang ataupun sesuatu. Bahkan bayangin yaaa, nembak aja ada yang bisa lewat bbm ataupun sms.

Oldies : Dulu papa-mama pedekate bagaimana, ya? Dulu sebelum ada ponsel semuanya dilakukan secara bertatap muka. Hal yang paling sweet tapi kolot adalah kirim-kiriman surat. Mungkin kedengeran jadul banget, tapi kalo dipikir-pikir, pedekate sambil surat-suratan adalah suatu hal yang paling manis. Kenangan masih bisa disimpen. Sekarang ini fasilitas bbm dan sms paling hanya beberapa kata kita kirim, dibandingkan dengan surat yang bisa satu halaman hingga lebih kita bisa menceritakan sesuatu dengan cukup panjang. Ada sensasi tertentu dalam menulis dan juga menerima surat, pasti deg-degan dong kalo nunggu balesannya.

Namun, teknologi yang sekarang ini semakin canggih dibuat dengan tujuan untuk mempermudah segala sesuatu yang ada, terutama komunikasi dalam jarak jauh, semakin membuat kita mendapatkan experience yang sedikit untuk bertatap muka ataupun kesan lain. Apalagi teknologi sekarang malah dengan mudahnya dikuasai anak kecil. Dampak positif dan negatif selalu ada, tergantung bagaimana penempatan diri dan penguasaan diri kita.

Jadi, kira-kira lebih baik kembali ke zaman dulu atau sekarang, ya? Pasti orang-orang pada memilih zaman sekarang, tapi akan lebih baik kita menggunakan teknologi dengan bijak.

Oleh : Maria Amanda Inkiriwang


Related Posts :