Senin, 17 September 2012

Tiga Kelebihan Les Pada Pagi Hari

Ujian Nasional (UN) merupakan agenda tahunan yang harus ditempuh oleh semua siswa yang telah menginjak kelas terakhir pada setiap tingkatan sekolah, baik SD, SMP, maupun SMA. Namun sayangnya, meski rutin diadakan tiap tahun, Ujian Nasional masih menjadi momok yang menakutkan, bukan hanya bagi pelajar, namun juga bagi guru dan wali murid.

Dengan adanya sistem dan peraturan Ujian Nasional yang berlaku saat ini, ketakutan para pelajar, guru, dan wali murid pada Ujian Nasional memang sedikit berkurang. Pasalnya, penentu kelulusan kini bukan mutlak dari nilai Ujian Nasional, melainkan juga ditambah dengan nilai raport. Meski demikian, tetap saja para pelajar di Indonesia tetap bersemangat mempersiapkan diri demi mendapatkan hasil yang maksimal, bukan hanya sekedar lulus melainkan lulus dengan nilai yang memuaskan.

Salah satu cara yang ditempuh oleh para pelajar di seluruh wilayah Indonesia untuk menghadapi Ujian Nasional ialah dengan mengikuti les. Baik les di sekolah yang sifatnya wajib, maupun mengikuti les di luar sekolah atas inisiatif sendiri.

Waktu yang digunakan untuk les di sekolah biasanya adalah setelah kegiatan belajar mengajar (KBM) berakhir hingga sore hari. Namun ada pula beberapa sekolah yang menerapkan sistem les pada pagi hari. Sekilas memang aneh dan mungkin yang terbayang dalam pikiran Anda adalah kerepotan yang sangat karena harus bangun lebih awal dan sebagainya. Namun jangan berfikir negatif dulu, les pada pagi hari ternyata banyak mafaatnya. Berikut ini adalah informasi mengenai kelebihan atau manfaat les pada pagi hari jika dibandingkan dengan les pada sore hari.

1. Hemat Waktu

Les pada pagi hari dapat menghemat waktu. Mengapa demikian? Karena les yang dilakukan di pagi hari hanya memanfaatkan sedikit waktu luang di pagi hari sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung. Waktu sore harinya bisa digunakan untuk istirahat atau melakukan aktivitas yang lain.

2. Efektif

Les di sekolah yang dilakukan pada pagi hari sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung memang lebih efektif jika dibandingkan les pada sore hari. Hal ini karena materi atau pelajaran yang disampaikan oleh guru lebih mudah diterima oleh para siswa. Seperti kita tahu bahwa kondisi fisik kita di pagi hari tentu masih sangat fresh dan masih sangat bersemangat. Kondisi fresh dan semangat inilah yang membuat materi lebih mudah diserap oleh otak kita.

Lalu apakah ketika les pada sore hari otak kita tidak bisa menyerap materi? Bukan tidak bisa, hanya saja daya serapnya tidak maksimal. Seperti kita tahu bahwa kondisi tubuh kita pada sore hari tentu sudah lelah. Mata kita juga sudah mengantuk. Hal ini membuat otak kurang maksimal dalam menyerap materi yang diberikan oleh guru.

3. Melatih Kedisiplinan

Les pada pagi hari tentu akan melatih kedisiplinan Anda. Melatih kedisiplinan tentu tidak harus dengan mengikuti pramuka atau semacamnya. Les pada pagi hari juga menuntut Anda untuk membiasakan gaya hidup yang disiplin. Hal ini tentu saja karena Anda akan dituntut untuk bangun lebih awal agar bisa mengikuti les.

Oleh : Nur Rokhanah


Related Posts :