Jumat, 21 September 2012

Tips Menghadapi Guru Galak

Apa yang terbersit dalam benak Anda ketika mendengar kata “guru galak”? Tentu saja raut muka yang kaku dan peraturan yang super ketat, bukan?

Entah mengapa di seluruh sekolah selalu ada saja sosok guru yang mendapat predikat tersebut. Sebenarnya sosok guru galak terbagi menjadi tiga kategori.

Kategori pertama guru yang mendapatkan gelar guru galak ialah sosok guru yang selalu mewajibkan siswanya untuk duduk diam saat pelajaran. Ia akan naik darah bila melihat salah seorang siswanya asyik berbicara sendiri ketika ia sedang mengajar.

Sedangkan kategori guru galak yang kedua sering disandang oleh guru yang mengampu mata pelajaran matematika, fisika, kimia, dan bahasa Inggris. Mengapa demikian? Tentu saja karena kebiasaan guru mata pelajaran tersebut paling sering menunjuk siswa-siswinya maju untuk mengerjakan soal. Sementara mata pelajaran yang mereka ampu tentu merupakan mata pelajaran yang paling sering membuat pusing kepala para pelajar.

Kategori guru galak yang terakhir inilah yang paling membuat pusing siswa-siswinya. Sosok ini tak pernah marah bila siswa-siswinya asyik mengobrol sendiri saat kegiatan belajar mengajar tengah berlangsung. Ia juga tak pernah marah bila ada siswa-siswinya yang tidak mengerjakan tugas. Namun apa yang terjadi? Nilai yang tertera di raport dijamin tidak akan melampaui batas KKM. Pusing bukan?

Lalu bagaimana cara menghadapi guru galak tersebut? Berikut tips-tips untuk menghadapi guru galak di sekolah Anda.

1. Bersikaplah Santai

Bersikaplah santai setiap pelajaran beliau tengah berlangsung. Terkadang sebenarnya pikiran-pikiran negatif yang timbul di kepala Anda akan membuat diri Anda menjadi tidak tenang selama mengikuti pelajaran. Dan akibat yang fatal ialah materi yang beliau sampaikan tidak ada yang menyangkut sama sekali di kepala Anda. Kalau sudah begini kondisinya, siapa yang rugi? Anda sendiri, bukan? Untuk itu, bersikaplah santai dan wajar. Percayalah bahwa dia tidak akan memakanmu.

2. Patuhilah semua perintahnya

Agar anda tidak terkena semburan kemarahannya maka patuhilah semua perintahnya. Selalu kerjakan PR atau tugas yang ia berikan meski Anda sendiri juga sibuk dengan urusan lain yang mungkin lebih penting. Yang pasti, jangan pernah meremehkan dia apalagi meremehkan pelajarannya.

3. Bersikaplah Jujur

Jika Anda tidak ingin menjadi sasaran kemarahannya maka kerjakanlah semua tugas yang ia berikan. Lalu bagaimana jika Anda benar-benar sibuk? Jika Anda benar-benar sibuk dan tidak dapat mengerjakan tugas maka katakanlah pada guru anda tersebut dengan sejujur-jujurnya dan tanpa dibuat-buat. Niscaya guru tersebut akan memaklumi. Karena sejatinya guru galak biasanya lebih menghargai pada kejujuran Anda.

4. Bersikaplah Terbuka

Jika Anda masih kurang faham dengan pelajaran yang ia berikan, cobalah untuk bertanya. Jangan menutup diri Anda dengan ketakutan yang tidak beralasan. Karena jika Anda tetap menyimpan ketidaktahuan tersebut maka Anda sendiri yang akan rugi. Untuk itu, berusahalah untuk terbuka pada guru Anda. Selain Anda mendapatkan manfaat kepahaman pada materi yang sebelumnya kurang Anda pahami, guru tersebut juga menjadi mengenali Anda.

Oleh : Nur Rokhanah


Related Posts :