Selasa, 09 Oktober 2012

Kenali Diri Anda Lebih Baik

Manusia hakikatnya diciptakan berbeda-beda oleh Yang maha Kuasa. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang saling melengkapi di dalam dirinya. Karena kelebihan dan kekurangan itulah manusia diharuskan bersosialisasi dengan orang lain. Ketika bersosialisasi, kita dapat mengenal orang lain. Bagaimana karakternya, sifatnya, kebiasannya, kesukaan dan hal yang tidak ia sukai, dll. Setelah mengetahui hal-hal tersebut, kita harus mengetahui beberapa tipe manusia agar kita dapat menjalin hubungan yang lebih baik dan saling menghargai. Adapun beberapa tipe tersebut beserta ciri-ciri, kelebihan, dan kekurangannya adalah sebagai berikut:

1. Sanguinis (Yang Populer)

Ciri: Orang sanguinis merupakan orang yang ramai, banyak bicara, pandai bergaul, dan memiliki selera humor yang tinggi. Emosi yang gampang berubah-ubah, sehingga terlihat ia tidak memiliki masalah dan menikmati hidupnya yang menyenangkan.

Kelebihan: Para sanguinis sangat cocok sebagai pembawa acara, karena kepiawaian mereka dalam menghidupkan suatu acara. Mereka bisa membuat orang lain terkagum-kagum akan cerita yang mereka sampaikan.

Kekurangan: Mereka terkadang sedikit melebih-lebihkan cerita dari kenyataan, hanya agar pendengarnya merasa tertarik akan ceritanya. Tentu tidak setiap orang menanggapi hal tersebut dengan baik bukan. Beberapa orang mungkin tidak suka akan emosinya yang berfluktuatif dan akan mungkin akan berkata “kenapa dia tidak bisa tenang bentar aja sih?”

2. Melankolis (Yang Sempurna)

Ciri: Orang melankolis umumnya bersifat low profil alias tidak mau menunjukkan dirinya di depan umum. Mereka merupakan orang yang memiliki cita rasa seni yang tinggi, perfeksionis, analitis, introvert, namun ketika dipuncak sukacitanya ia akan menjadi ekstrovert, romantis juga dan suka mengorbankan dirinya untuk orang lain.

Kelebihan: Dengan sifat perfeksionisnya, ia akan melakukan suatu pekerjaan apapun sebaik mungkin. Mungkin dipelajaran ia akan berusaha keras untuk memperoleh nilai 100. Apalagi ditambah dengan sikap analitisnya. Berteman sangat hati-hati, dan sangat memperhatikan orang lain. Mungkin ini dampak dari sifat sensitifnya.

Kekurangan: Karena perfeksionisnya juga apabila ia mengalami suatu benturan ia akan murung, dan menyalahkan dirinya sendiri. Sifat sensitifnya yang tinggi dapat menyebabkan ia mudah marah dan pendendam. :Seram:

3. Koleris (Yang Kuat)

Ciri: Seseorang yang memiliki peribadi yang kuat, cerdas, tegas, dan selalu ingin memimpin. Orang yang memiliki ciri koleris sangat cocok menjadi pemimpin karena sifatnya yang selalu ingin di depan dan beranggapan kalau tidak ada dia maka suatu pekerjaan itu tidak akan beres.

Kelebihan: Seorang pemimpin, berkemauan keras, selalu berusaha untuk mencapai tujuan yang diinginkan, cerdas, kritis, unggul dalam keadaan genting.

Kelemahan: Karena sikapnya yang seperti bos, maka ia akan menyuruh-nyuruh orang lain untuk mengerjakan sesuatu yang ia inginkan, memiliki banyak tuntutan, keras, pemarah. Hal inilah yang menyebabkan orang-orang di dekatnya akan menjauhi dirinya nanti.

4. Pleghmatis (Cinta Damai)

Ciri: Para pecinta damai yang tidak suka akan pertengkaran dan pertikaian. Baginya kedamaian itu merupakan sesuatu yang begitu indah. Para pleghmatis umumnya pendiam, introvert, tenang, mau melakukan apa yang diperintahkan walau ia sendiri tidak menyukainya, dan suka menunda-nunda suatu pekerjaan.

Kelebihan: Karena pribadinya yang kalem, ia biasanya bisa menjadi teman curhat yang terpercaya. Ia bersedia mendengarkan cerita siapapun, walau ia terkadang merasa muak akan cerita yang diceritakan berulang-ulang kepadanya. Penengah masalah yang baik, dan cocok di bidang administrasi.

Kelemahan: Suka menunda-nunda pekerjaan. Jarang melakukan pembaharuan, oleh karena itu seorang pleghmatis sangat membutuhkan motivasi untuk meningkatkan gairahnya dalam melakukan suatu hal yang baru dengan lebih semangat. Terkadang bisa sangat keras kepala akan suatu hal yang ia tidak sukai, walaupun ujung-ujungnya ia akan mengalah karena hal tersebut.

Dari ke empat tipe di atas kita dapat menyimpulkan sendiri bagaimana diri kita dan orang lain di sekitar kita. Dari perbedaan yang ada antar beberapa tipe ada juga orang yang memiliki kombinasi dari tipe tersebut. Bisa ia seorang pleghmatis-melankolis, korelis-sanguinis, dll. Dari perbedaan tadi kita dapat memaklumi dan bisa menjalin hubungan yang lebih baik dengan orang lain yang berbeda maupun dengan orang yang memiliki tipe yang sama dengan kita. Semoga bermanfaat untuk rekan-rekan sekalian.

Personality Plus
Florence Littauer

Oleh : Ahmad Azhari pohan


Related Posts :