Jumat, 05 Oktober 2012

Prinsip Dasar Perawatan Kulit Wajah

Wajah adalah bagian tubuh yang selalu menjadi perhatian banyak orang. Tidak hanya oleh diri kita akan tetapi juga oleh orang lain. Oleh karena itu, wajar jika akhirnya para wanita rela menghabiskan sebagian pendapatannya untuk perawatan wajah.

Saya juga bukan tipe orang yang pintar merawat wajah. Tulisan ini disusun berdasarkan penjelasan dr. Dewi Inong Irana, SPKK pengasuh rubrik ‘Konsultasi Kecantikan’ Majalah Ummi pada Ummi edisi Mei 2011. Menurut dr. Dewi Inong prinsip dasar dalam perawatan kulit wanita terletak pada seberapa konsistenan kita dalam melakukan beberapa tindakan perawatan, diantaranya yaitu:

Rutin membersihkan wajah dengan benar

Menjaga kebersihan kulit adalah tindakan penting yang wajib dilakukan pada upaya perawatan rambut. Dianjurkan mencuci wajah dengan air bersih dan sabun pada saat mandi. Gunakan sabun yang khusus untuk muka. Dan hindari tindakan mencuci muka dengan sabun mandi, karena hal ini sangat berpotensi merusak kulit.

Melindungi kulit dari radiasi ultra violet

Kulit juga perlindungan, terutama dari radiasi sinar ultra violet. Tindakan perlindungan ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu cara mekanis dan kimiawi. Melindungi kulit secara mekanis artinya menggunakan peralatan yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari langsung. Misalnya dengan menggunakan peralatan yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari langsung saat berada di luar rumah atau lingkungan terbuka. Seperti menggunakan payung dan topi yang lebar. Sementara perlindungan kimiawi dapat dilakukan dengan cara mengoleskan krim tabir surya pada kulit wajah atau kulit lain yang tidak terlindungi. Sebaiknya pilih produk krim tabir surya yang aman dan sesuai dengan jenis kulit kita.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Jangan salah, merawat kulit tidak hanya dari luar. Akan tetapi perawatan kulit juga perlu ditunjang dari dalam tubuh, diantaranya yaitu dengan rutin mengkonsumsi makanan sehat. Sangat dianjurkan memperbanyak makan buah dan sayur yang kaya akan vitamin. Karena sayur dan buah sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Konsep kecantikan terbaru mengatakan bahwa untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat, selain perawatan luar, kulit juga perlu asupan gizi yang seimbang serta hindari makanan yang mengandung pengawet.

Jaga kelembaban kulit

Kulit kering cenderung tidak sehat dan bersisik. Oleh karena itu, kulit perlu dijaga kelembabannya. Caranya yaitu dengan mengoleskan krim pelembab sesuai dengan jenis kulit. Selain itu, bisa juga dengan menggunakan masker buah-buahan secara rutin.

Merawat rambut

Mengapa rambut? Karena rambut kepala khususnya berada pada area yang berdekatan dengan kulit wajah. Kulit kepala yang tidak sehat dan berminyak, juga ikut mempengaruhi kondisi kulit wajah. Oleh karena itu, selain menjaga kebersihan dan kesehatan kulit kita juga wajib merawat kebersihan dan kesehatan rambut beserta kulit kepala.

Caranya yaitu dengan rutin membersihkan rambut minimal dua hari sekali. Hindari tindakan-tindakan yang dapat membuat rambut stress, seperti pelurusan,pengeritingan dan pewarnaan. Tindakan ini sangatberbahaya tidak hanya bagi rambut, akan tetapi juga bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Menurut dr Inong dalam penjelasannya penelitian di Inggris tahun 2008 melaporkan bahwa kebiasaan rutin mewarnai rambut dengan pewarna kimia sejak usia remaja berpotensi menimbulkan kanker kandung kemih pada usia dewasa.

Obati segera jika ada gangguan penyakit kulit

Jika kulit ditemukan mengalami gangguan penyakit kulit seperti jerawat, belang-belang dan penyakit kulit lain sebaiknya segera diobtati. Untuk pengobatan yang tepat, sebaiknya berkonsultasi langsung dengan ahlinya.

Demikian beberapa prinsip dasar dalam merawat kulit wajah menurut dr. Dewi Inong. Semoga bisa menjadi panduan bagi Anda yang ingin tampil cantik dengan kulit wajah yang sehat terawat. Tentu saja tetap dengan menampilkan wajah senyum yang menyenangkan setiap orang.

Referensi:
Rubrik Konsultasi Kecantikan Majalah Ummi Edisi Mei 2011

Oleh: Neti Suriana


Related Posts :