Rabu, 07 November 2012

Mengolah Sayur Menjadi Makanan Unik (1): Vegetable Nugget

Kaum ibu biasanya sering repot dengan anak-anaknya yang enggan atau tidak mau makan sayur. Padahal kita tau, sayur sangat penting bagi kesehatan dan pertumbuhan anak. Sayur dikenal sebagai makanan yang menjadi sumber asupan mineral yang penting bagi tubuh. Seperti vitamin, zat besi, antioksidan, protein nabati dan senyawa-senyawa lain yang tidak terdapat pada nasi dan lauk pauk.

Oleh karena itu, sebagai seorang ibu kita perlu kreatif mengolah makanan. Bagaimana agar anak-anak tetap ceria mengkonsumsi sayur yang awalnya tidak mereka senangi. Anak-anak umumnya tidak menyukai sayur karena rasanya yang pahit, tidak enak di lidah atau memang tidak terbiasa mengkonsumsi sayur dari. Nah, ini lah yang menjadi tantangan terbesar bagi kaum ibu bagaimana mengubah ketidakbiasaan itu menjadi sebuah kebiasaan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh kaum ibu agar anak-anak menyenangi sayur. Salah satu diantaranya adalah dengan membuat olahan makanan unik berbahan dasar sayur. Berikut ada beberapa resep olahan makanan berbahan dasar sayur yang bisa dibuat dengan mudah dan cepat di rumah sendiri:

Vegetable Nugget

Nugget? Wah ini makanan yang sangat disukai oleh anak-anak. Rasanya yang gurih dan empuk membuat siapa pun tidak bosan untuk menikmatinya. Tapi, biasanya di pasaran kita hanya menemukan nugget daging seperti daging sapi atau ayam. Nah, di sini kita mencoba membuat nugget dengan berbahan dasar sayur.

Membuat nugget sayur tidak sulit kok. Bahan-bahannya juga mudah di dapat dan lebih murah dari pada harus membuat nugget daging. Yuk, kita simak bahan dan cara mengolahnya:

Bahan:
Tahu cina besar, cuci bersih dan peras airnya., kemudian hancurkan.
Daging ayam giling
Wortel, diserut.
Brokoli, cincang halus
Tepung roti
Tepung sagu
Telur
Keju, parut halus (jika ada)

Bumbu:
Bawang putih, cincang halus
Bawang merah, iris tipis-tipis
Garam
Lada bubuk
Kaldu ayam

Pelapis:
Putih telur, tepung terigu dan tepung roti kasar

Minyak untuk menumis dan menggoreng

Cara membuat:
  • Siapkan loyang ukuran sedang, alasi dengan plastik yang sudah diolesi dengan margarin.
  • Tumis bawang putih dan bawang merah, sisihkan.
  • Masukkan semua bahan, tumisan bawang merah dan bawang putih, lada dan kaldu ayam dalam wadah kemudian aduk hingga tercampur menjadi satu.
  • Tuangkan semua adonan dalam loyang, ratakan. Kukus dalam dandang yang sudah dipanaskan lebih kurang 30 menit. Sambil mengukus, tutup dandang sekali-kali dibuka agar adonan tidak menggembung.
  • Angkat loyang dari dalam dandang, kemudian diamkan hingga dingin.
  • Potong-potong nugget sesuai selera. Agar menarik minat anak-anak, sebaiknya potong dengan kreasi yang unik dan lucu. Seperti bentuk bintang, bulan sabit, dan lain-lain.
  • Lumuri potongan nugget dengan tepung terigu kemudian celupkan dalan telur, terakhir gulingkan pada tepung roti.
  • Sebelum digoreng simpan terlebih dahulu di dalam lemari pendingin
  • Goreng hingga berwarna kecoklatan.
  • Nugget siap disajikan.


Sumber resep: Majalah Ummi Edisi Spesial April-Juli 2011/1432 H.
Oleh: Neti Suriana


Related Posts :