Senin, 19 November 2012

Myers Briggs Type Indicator (3)

Tipe 1: ENFJ

Orang-orang yang bertipe ENFJ sangat peduli dan perhatian kepada orang lain. Mereka sangat pandai berkomunikasi dengan orang lain dibandingkan tipe ekstrovert lainnya. Minat utama seorang ENFJ dalam hidupnya adalah untuk memberikan cinta, dukungan, dan saat-saat indah bagi orang lain. Mereka sangat pengertian, murah hati, dan sayang terhadap orang-orang terdekatnya.

Seorang ENFJ sangat berbakat dalam memancing potensi-potensi terbaik dari seseorang. Mereka cenderung mengarahkan tujuan hidupnya sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan orang lain, dan tidak memperhatikan kebutuhan mereka sendiri.

Seorang ENFJ sering merasa kesepian bahkan ketika mereka sedang berada di kerumunan orang banyak. Mereka lebih berhati-hati dan kurang dapat membuka dirinya di hadapan orang lain dibandingkan tipe esktrovert lainnya.

Mereka perlu belajar agar tidak mengorbankan diri hanya untuk menyenangkan orang lain maupun mengukur harga dirinya dari perlakuan orang lain.

Tipe 2: ENFP

Orang yang memiliki kepribadian ENFP adalah sumber inspirasi bagi orang lain di sekitarnya. Mereka pada umumnya hangat, antusias, memiliki energi yang besar dan menyenangkan. Mereka memiliki jangkauan keahlian dan bakat yang luas. Mereka memiliki banyak minat dan cakap dalam menjalankannya. Segala yang mereka lakukan haruslah sejalan dengan sistem nilai yang mereka pegang teguh selama hidupnya.

Seorang ENFP perlu belajar untuk memfokuskan diri pada tugas yang mereka laksanakan. Mereka yang dapat fokus dan terpusat, akan berhasil dalam setiap usahanya sementara mereka yang meninggalkan tugas demi mengejar peluang yang baru, cenderung akan gagal.

Berbeda dengan tipe ekstrovert lainnya, seorang ENFP perlu menyisihkan waktunya beberapa jam dalam sehari untuk menyendiri agar dapat fokus dan hidup selaras sesuai dengan nilai-nilai yang mereka pegang.

Tipe 3: ENTJ

Seorang ENTJ tampaknya dilahirkan untuk menjadi pemimpin. Mereka hidup sebagai tantangan yang harus ditaklukan. Pribadi-pribadi ENTJ umumnya berhasil dalam dunia bisnis karena mereka berjiwa pemimpin. Mereka adalah orang yang pemaksa, tegas, dapat membuat keputusan dengan cepat dan mengutarakan pendapatnya.

Mereka kurang peduli dengan perasaan orang lain dan tidak percaya untuk mengambil penilaian atas dasar pertimbangan perasaan. Baginya, perasaan hanyalah kelemahan. Dan karena itu, mereka sangat sulit melihat permasalahan dari sudut pandang orang lain.

Mereka perlu belajar untuk mengutarakan perasaannya, jangan meremehkan orang lain, dan jangan mudah cepat marah.

Tipe 4: ENTP

Cerdas, kreatif dan inovatif adalah ciri-ciri dari seorang ENTP. Mereka adalah orang-orang yang selalu ingin tahu dan tidak dapat diprediksi. Seorang ENTP sangat menyukai tantangan-tantangan baru. Hal yang terpenting dalam hidup mereka adalah untuk menjadi kreatif.

Para ENTP umumnya sangat pandai bicara dan suka berdebat demi kesenangan mereka. Mereka mempunyai seribu satu cara untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Seorang ENTP perlu belajar disiplin dan konsisten dalam proyek yang sedang mereka kerjakan dan tidak melompat-lompat ke hal yang menarik hati lainnya.

Mereka juga perlu memperhatikan perasaan orang lain dan jangan bersikap ingin menang sendiri.

Oleh : Ryusai
Referensi :
  1. Koswara, E. 1991. Teori-teori kepribadian. Bandung: PT Eresco Bandung
  2. Schultz, D. 1991. Psikologi Pertumbuhan: Model-model kepribadian Sehat. Penerbit Kanisius
  3. Bruno, F.J. 1989. Kamus:Istilah Kunci Psikologi. Penerbit Kanisius
  4. Sumadisuryabrata, 2001. Psikologi Kepribadian. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada
  5. Hall C. S. & Lindzey G. 1978. Theories of Personality. John Wiley & Sons, Inc


Related Posts :