Senin, 19 November 2012

Myers Briggs Type Indicator (4)

Tipe 5: ESFJ

Tipe kepribadian yang satu ini bisa dibilang “sepupunya” ENFJ sehingga sifat-sifat mereka cenderung mirip, yakni: ramah, bersahabat, mudah bergaul dan penuh kasih sayang. Orang dengan tipe kepribadian ESFJ sangat tertarik untuk memahami orang lain. Mereka mengumpulkan informasi tentang orang lain dan tidak akan melupakan hari ulang tahun anda.

Orang-orang cenderung tertarik berada di sekitar mereka karena seorang ESFJ dapat membuat orang lain merasa nyaman dengan dirinya sendiri. Pribadi-pribadi ESFJ adalah pribadi yang harmonis, santai, easy going, populer dan dapat diajak bekerja sama.

Para ESFJ memiliki keinginan yang besar untuk dapat disukai oleh orang lain. Oleh sebab itu, mereka mudah tersinggung apabila diabaikan dan tidak dapat menerima perlakuan yang kurang baik. Mereka memerlukan persetujuan orang lain untuk merasa senang atas dirinya sendiri.

Sama dengan seperti sepupunya ENFJ, mereka memiliki kelemahan mengorbankan diri (berperilaku sesuai dengan yang orang lain inginkan) hanya untuk menyenangkan orang lain dan mengukur harga diri mereka atas pujian dan penghargaan dari orang lain. Pribadi-pribadi ESFJ juga sebaiknya jangan terlarut dalam sikap mengasihani diri sendiri.

Tipe 6: ESFP

Bagi seorang ESFP, dunia ini bagaikan sebuah panggung. Mereka senang menjadi pusat perhavtian dan memberikan pertunjukkan untuk menghibur orang lain. Mereka memiliki semangat hidup yang tinggi. Pribadi-pribadi ESFP sangat menyukai orang lain. Mereka hidup dalam momen saat ini dan senang bergerak mengikuti arus.

Orang ESFP adalah pribadi-pribadi yang spontan, ramah, hangat, periang, impulsif, dan ingin tahu. Mereka menikmati “drama kehidupan sehari-hari”. Mereka sangat menyadari keadaan dunia fisik dan mempunyai kecenderungan untuk menjadi materialistis.

Mereka sangat mencintai kehidupan dan tahu bagaimana caranya untuk bersenang-senang. Mereka juga sangat suka mengajak orang lain untuk bersenang-senang. Segala sesuatu yang berbau keindahan sangat dihargai oleh orang ESFP. Tentunya, mereka juga sangat menghargai alam, bintang ataupun tangisan bayi. Hidup mereka seolah tanpa beban karena mereka berada “di sini dan sekarang”. Mereka harus berhati-hati agar tidak terjebak dalam momen saat ini saja. Ditambah, mereka perlu menyadari bahwa mereka tidak dapat menyenangkan semua orang di dunia ini dan sebaliknya, tidak semua orang dapat membuat mereka senang.

Tipe 7: ESTJ

Pribadi ESTJ adalah orang yang sangat disiplin, konservatif, dan cenderung kaku. Mereka sangat menghormati peraturan dan tradisi dan memiliki seperangkat keyakinan, dan standar yang jelas. Mereka hidup di dunia yang penuh fakta dan kebutuhan-kebutuhan yang nyata.

Para ESTJ adalah orang yang sangat percaya diri dan agresif. Mereka sangat berbakat dalam menjalankan sebuah system dan merencanakan tindakan. Kekurangan terbesar mereka adalah mereka kurang dapat memahami perasaan orang lain dan seringkali menyakiti orang lain baik disengaja maupun tidak. Mereka juga suka mengatur dan memaksa orang lain. Tapi meskipun demikian, mereka memiliki sifat terus terang dan jujur.

Mereka perlu meluangkan waktu sejenak untuk introspeksi diri dan sabar dalam menghadapi orang lain.

Oleh : Ryusai
Referensi :
  1. Koswara, E. 1991. Teori-teori kepribadian. Bandung: PT Eresco Bandung
  2. Schultz, D. 1991. Psikologi Pertumbuhan: Model-model kepribadian Sehat. Penerbit Kanisius
  3. Bruno, F.J. 1989. Kamus:Istilah Kunci Psikologi. Penerbit Kanisius
  4. Sumadisuryabrata, 2001. Psikologi Kepribadian. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada
  5. Hall C. S. & Lindzey G. 1978. Theories of Personality. John Wiley & Sons, Inc


Related Posts :