Kamis, 22 November 2012

Myers Briggs Type Indicator (5)

Tipe 8: ESTP

Julukan untuk seorang ESTP adalah “Sang pelaku” karena mereka hidup hanya untuk hari ini saja. Orang ESTP adalah pribadi-pribadi yang aktif, cerewet dan selalu ingin tahu. Mereka tidak bisa diam dan cenderung bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain. Mereka memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menangkap sikap dan maksud orang lain. Seringkali mereka dapat membaca raut wajah seseorang. Orang ESTP sangat cocok bekerja di bidang yang menuntut mereka untuk terus aktif seperti menjadi salesman.

Orang dengan tipe kepribadian ini mempunyai semangat yang tinggi, ramah, dan menyenangkan. Mereka suka berterus terang sehingga cenderung tidak mempedulikan perasaan orang lain ketika berbicara. Mereka mengambil keputusan berdasarkan fakta dan logika dan menjalani keputusan yang telah diambil.

Tipe 9: INFJ

Orang INFJ adalah pribadi yang penyayang, lembut, dan memiliki intuisi yang tinggi. Mereka sangat sensitif, perhatian dan mempunyai empati yang tinggi pada orang lain. Mereka pandai menyembunyikan perasaannya dan hanya membaginya pada orang yang terdekat dengannya. Orang INFJ adalah pribadi yang misterius, rumit dan sulit dimengerti. Konon, ini adalah tipe kepribadian yang langka dan hanya 1% saja populasi manusia di muka Bumi ini yang memiliki tipe kepribadian ini.

Mereka cocok menjadi guru, psikolog, ahli terapi, pekerja sosial dan juga seniman. Seorang INFJ adalah orang yang idealis, perfeksionis dan memegang teguh pada prinsipnya. Mereka sangat percaya pada intuisinya (yang seringkali tepat) tapi dapat menyebabkannya menjadi orang yang keras kepala. Percuma berdebat dengan orang INFJ karena mereka merasa dirinyalah yang paling benar. Bukan lantaran keegoisan mereka melainkan karena naluri dan perasaan mereka mengatakan demikian. Saran yang mungkin berguna yang dapat diberikan kepada seorang INFJ adalah belajar untuk sabar dan mendengarkan orang lain dahulu sampai mereka selesai berbicara. Dan jangan selalu melihat sisi buruk dari suatu keadaan dan coba lihat apa peluang-peluang yang mungkin bisa didapatkan.

Tipe 10: INFP

Sang Idealis. Itulah julukan untuk tipe kepribadian yang satu ini. Seorang INFP mempunyai ambisi untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Mereka selalu mempertanyakan makna dan tujuan hidup mereka. Mereka adalah pemimpi. Kemungkinan, intuisi mereka adalah kedua yang paling tepat setelah INFJ. Mereka dapat mendeteksi orang yang tidak tulus dan bermaksud licik.

Seorang INFP sangat perhatian dan peka pada perasaan orang lain. Mereka tidak menyukai perselisihan dan pertentangan. Mereka para pecinta damai yang berusaha menghindari perselisihan sejauh mungkin. Tapi bukan berarti mereka pengecut. Jika cara-cara damai tidak berhasil juga, maka mereka siap berperang untuk meraih kedamaian yang mereka idam-idamkan.

Orang INFP memiliki standar yang tinggi dalam segala hal. Karena itu, mereka cenderung keras dan kurang menghargai dirinya sendiri. Mereka juga lebih terampil bekerja sendiri dibandingkan bersama kelompok. Mereka paling tidak tahan dikritik dan harus belajar menghadapinya. Jika kritik itu bermanfaat, maka akan membangun kepribadian mereka. Jika melenceng, mereka tidak usah mempedulikannya.

Oleh : Ryusai
Referensi :
1. Koswara, E. 1991. Teori-teori kepribadian. Bandung: PT Eresco Bandung
2. Schultz, D. 1991. Psikologi Pertumbuhan: Model-model kepribadian Sehat. Penerbit Kanisius
3. Bruno, F.J. 1989. Kamus:Istilah Kunci Psikologi. Penerbit Kanisius
4. Sumadisuryabrata, 2001. Psikologi Kepribadian. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada
5. Hall C. S. & Lindzey G. 1978. Theories of Personality. John Wiley & Sons, Inc


Related Posts :